Mengapa Bisnis Perlu Portal Konten? Ini 5 Alasannya

Business, Marketing / 0 | | 0

Salah satu usaha marketing yang juga menjadi andalan di dalam strategi inbound ialah portal konten yang biasa pula dikenal dengan nama blogging. Tidak hanya sekedar pengelolaan dan menerbitkan beragam konten, tetapi portal itu memang sengaja dibuat untuk memberikan bantuan agar mencapai tujuan marketing dalam dunia digital marketing atau disebut pula business blogging.

Konsep business blogging yakni dengan berbagi segala konten bermanfaat kepada audiens. Baik itu untuk tujuan inspirasi, edukasi atau sekadar bertujuan menghibur supaya semakin banyak orang mengunjungi. Lalu membaca selanjutnya menyebarkan konten dalam blog yang sedang kita kelola.

Lalu portal ini juga bisa mendorong beragam usaha inbound marketing lain, seperti membangun interaksi bersama audiens dengan lebih baik, retargeting, hingga membantu mereka agar memahami mengapa jasa atau produk yang ditawarkan dapat menjadi solusi persoalan yang dihadapi mereka sehari-hari.

 

Apa Itu Portal Konten (Business Blogging) ?

 

Business blogging merupakan salah salah satu strategi marketing yang mengoptimalkan blog untuk membuat bisnis, produk, atau layanan Anda memiliki visit yang optimal di dunia maya.

Kenapapenting sekali visibilitas didalam website anda?  Jawabannya, agar bisnis, produk, atau layanan yang Anda tawarkan ke pasar yang disasar lebih mudah ditemukan, entah itu melalui search engine, ataupun media sosial. Sehingga anda dapat melihat traffic pengunjung website anda setiap harinya.

Kegiatan business blogging bisa membantu hal itu, karena konsep blogging adalah berbagi konten yang bermanfaat untuk audiens yang disasar—baik yang tujuannya untuk edukasi, menyebar inspirasi, atau sekadar menghibur—agar mereka tertarik mengunjungi, membaca, dan menyebarkan konten yang disajikan di blog atau portal konten yang dikelola.

Lalu, dari portal ini pula kita bisa mendorong berbagai upaya inbound marketing lainnya, seperti capturing audience data, membangun interaksi dan mengenal target yang disasar lebih baik lagi, hingga tentunya membantu mereka lebih memahami alasan produk atau layanan yang kita tawarkan bisa menjadi solusi atas persoalan yang mereka hadapi sehari-hari.

Baca Juga : 10 Cara Menyusun Konten Website Berkualitas

Kenapa Bisnis Seharusnya Mempunyai Portal Konten Atau Blog?

 

Sebagai orang yang kerap memerlukan strategi marketing, Anda juga perlu mengetahui apa saja alasan mengapa bisnis harus memiliki blog ataupun portal konten. Ini alasan kenapa perusahaan seharusnya perlu mempunyai portal konten, yang menjadi bagian dari inbound marketing :

 

  1. Menjaring traffic menuju situs bisnis atau perusahaan

    Sudah pasti banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang menginginkan situsnya dikunjungi oleh banyak orang, menelusuri layanan/jasa atau pun produk yang cocok dengan kebutuhan mereka, hingga akhirnya melakukan pembelian. Tetapi kemungkinan cuma sekelompok orang yang akan berkunjung, dan sebagian lainnya mungkin sekadar melakukan perbandingan harga maupun kualitas.
     
    Lalu bagaimanakah dengan kelompok orang yang belum merasa tertarik? Atau justru belum mengetahui tentang layanan/jasa atau pun produk yang Anda tawarkan? Disinilah fungsi dari portal konten yang dapat menjadi solusi. Melalui kegiatan ini, Anda bisa menata berbagai komposisi konten, tidak hanya untuk orang yang merasa tertarik saja, tetapi juga untuk orang-orang yang belum tahu mengenai manfaat atau keberadaa layanan atau produk yang ditawarkan.
     
    Setiap artikel dapat didesain guna mendorong situs Anda menjadi lebih mudah dicari dan ditemukan di internet. Akhirnya mampu menjaring arus para pengunjung menuju laman situs bisnis Anda maupun perusahaan. Selain itu, artikel dapat pula menjadi amunisi konten di sosial media, sekaligus jadi alasan para audiens yang menjadi target untuk mengikuti media sosial, dan akhirnya dapat membuka peluang yang lebih besar guna menarik konsumen lebih banyak lagi.

  2. Membantu konversi pengunjung jadi leads

    Selanjutnya, para pengunjung yang sekedar mampir di portal konten dapat kita konversi jadi prospek atau pun leads. Terkait dengan hal ini, perlu untuk merancang strategi muatan konten yang dapat dikembangkan seiring waktu, mulai dari muatan konten yang dirasa potensial dalam menjaring pengunjung. Selain itu, untuk mempertahankan mereka sampai menggiring mereka secara sukarela jadi anggota komunitas pembaca, caranya memberikan nomor telepon maupun email.
     
    Aksi yang bisa dilakukan berbagai macam, semua tergantung kebutuhan serta resource yang Anda miliki. Bentuknya bisa seperti suatu ajakan berlangganan newsletter, kesempatan mengikuti event yang akan digelar, maupun ebook gratis. Bagian terpentingnya ialah bisa membangun konten menarik yang bisa memberikan dorongan cukup kuat kepada pengunjung sampai mereka bersedia memberikan informasi kontak pribadi hingga menjadi leads agar bisa di follow-up.

  3. Membantu tingkatkan reputasi brand

    Ini sebetulnya terkait topik yang sedang diangkat di portal konten. Tentu sangat direkomendasikan merencanakan strategi berbagai konten dengan topik relevan terkait layanan atau produk yang ditawarkan. Konten dengan topik yang cocok dengan kategori usaha yang dijalankan, akan menjadikan brand Anda lebih mudah mencapai kepercayaan audiens hingga reputasi brand kian kuat.
     
    Jika dikelola berkala dan konsisten, konten-konten dalam blog akan semakin mudah untuk ditemukan di mesin pencari dan media sosial. Sajikan konten bermanfaat dan dapat jadi bahan perbincangan klien yang potensial, otomatis kita untuk mengukuhkan keahlian, keberadaan, dan pemahaman di bidang yang terkait.

  4. Mendapat hasil untuk jangka panjang

    Manfaat portal konten salah satunya ialah kemungkinan memberi keuntungan untuk jangka panjang karena setiap konten di blog memiliki manfaat yang tak hanya dalam jangka waktu pendek, tetapi dapat memberi dampak beberapa tahun ke depan. Bayangkan Anda menerbitkan artikel dan berhasil mencapai 1000 views dalam satu pecan dan 50 diantaranya menjadi leads, maka sangat mungkin artikel tersebut akan menarik views lebih banyak di bulan mendatang hingga beberapa tahun yang akan datang dengan leads yang juga jauh lebih banyak.
     
    Keuntungan untuk jangka panjang lain ialah kemungkinan mendapatkan income portal konten, terlebih bila portal konten dikelola terpisah dari website utama, ibaratnya portal konten merupakan independent media. Sebagai saluran yang independent, portal konten mempunyai celah menarik revenue dari sponsorship content.

  5. Biaya lebih efisien

    Portal konten relatif efisien dari hal biaya dan tidak semahal promosi melalui iklan maupun menggelar kegiatan marketing lainnya. Selain itu, hasil pengelolaan suatu portal dapat disambungkan agar mendukung kegiatan marketing lain, seperti pemasaran melalui media sosial, SEO termasuk untuk penyelenggaraan acara-acara tertentu secara periodik.

Itulah beberapa alasan mengapa sebuah bisnis memerlukan portal konten. 5 alasan tersebut tentu sudah Anda ketahui lebih lengkap.
Baca Juga : Ketahui Manfaat Konten Digital Marketing untuk Anda

Kesimpulan dan Penutup

Business blogging merupakan satu dari sekian banyak strategi pemasaran. Hal ini akan mengoptimalkan blog agar produk, jasa atau bisnis lainnya dapat eksis di dunia maya. Mengapa eksistensi jadi begitu penting? Tentunya agar jasa maupun produk yang ditawarkan ke pasaran yang disasar menjadi lebih mudah dikenal dan ditemukan melalui media sosial dan mesin pencari.

Selain itu anda dapat memanfaatkan business blogging ini untuk menambah traffic pengunjung ke dalam website anda, dengan bertambahnya traffic website anda maka akan membuat produk anda semakin banyak terjual.

Hal ini karena business blog ini dapat membuat brand awerness dalam website anda sehingga membuat pengunjung banyak tertarik dengan produk anda. Bagaimana? apakah anda tertarik memanfaatkan portal konten ini? Semoga bermanfaat.

Related Post :

popup image