Mengapa Memilih Data Center Lokal (Indonesia) untuk Perusahaan / Bisnis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Berbicara soal perusahaan maupun bisnis pasti memiliki banyak aspek yang harus menjadi prioritas, salah satunya dari segi data center yang digunakan. Beberapa bisnis yang berjalan di Indonesia umumnya menggunakan data center lokal, sedang beberapa lainnya memilih untuk menggunakan data center dari luar negeri dengan alasannya sendiri. Sebenarnya seberapa pentingkah penggunaan data center bagi perusahaan?

Penggunaan data center sangat penting untuk jalannya sebuah perusahaan atau bisnis, ada banyak manfaat yang didapat oleh perusahaan yang menggunakan data center. Menggunakan data center dari luar negeri maupun menggunakan data center lokal pasti memiliki alasan di baliknya, sama halnya dengan alasan penggunaan data center luar. Ada banyak alasan mengapa harus memilih menggunakan data center lokal, salah satunya karena jika terjadi gangguan yang cukup fatal sehingga mengganggu operasional dari data center maka hal itu bisa menimbulkan penurunan performa dari bisnis dan perusahaan itu sendiri.

Sehingga Anda harus mempertimbangkan kembali data center yang Anda pilih untuk kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda, kesalahan dalam pemilihan tentu akan berakibat fatal dalam kinerja perusahaan kedepannya. Sebelum masuk ke pembahasan terkait alasan menggunakan data center lokal, ada baiknya Anda memahami dasar dari data center itu sendiri.

 

Pengertian Data Center Lokal

Data center merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan kumpulan server, sistem penyimpanan data, maupun sistem komputer yang dpaat dikondisikan dengan aturan data, catu daya, bahaya kebakaran, serta umumnya juga dilengkapi dengan sistem pengamanan fisik. Data center juga dapat diartikan sebagai pusat fasilitas sistem komputasi, database, dan juga jaringan yang dipusatkan dengan jaminan keamanan.

Dalam hal ini, data center dapat menyimpan, memproses, mengumpulkan, serta mendistribusikan data dalam jumlah yang cukup besar. Tentu saja, semua hal tersebut juga akan sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan maupun bisnis dan untuk dapat menggunakan seluruh fasilitas tersebut Anda bisa mengaksesnya lewat jaringan internet. Maka dari itu pula keberadaan data center sendiri memerlukan perangkat jaringan komputer yang juga terhubung langsung dengan jaringan internet.

Nantinya, terdapat pula alat-alat pengolahan data yang membantu Anda melakukan pemrosesan dan pengolahan data dengan lebih efektif. Data center lokal sendiri dapat dikatakan sebagai pusat pengolahan serta pemrosesan data yang sering huga lebih sering disebut sebagai sebuah otak maupun inti dari setiap pemrosesan dan penyimpanan data. Untuk cakupan data center juga sangat luas, yakni mulai dari level nasional sampai internasional.

 

Fungsi dari Data Center

Mengapa Memilih Data Center Lokal (Indonesia) untuk Perusahaan / Bisnis
 

Data center difungsikan sebagai komponen utama dari berbagai perangkat IT yang ada, seperti pada subsistem penyimpanan, firewall, router, networking switches, physical racks, server hingga pemasangan kabel yang dipakai untuk menghubungkan peralatan IT. Ada beberapa spesifikasi data center yang harus terpenuhi, seperti:

 

  • Tingkat Kepadatan Daya Tinggi

    Kebutuhan penyimpanan data yang semakin bertambah berpengaruh besar pada penggunaan daya listrik yang digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan data center lokal atau Indonesia, hal ini disebabkan kepadatan listrik tinggi atau high power density yang dimilikinya.

  • Scalability

    Bagian dari spesifikasi data center yang juga harus dipertimbangkan sebab bisa digunakan untuk menyesuaikan semua infrastruktur dari data center berdasarkan dari kondisi dan perkembangan datanya, umumnya scalable dilengkapi dengan fasilitas arsitektur distribusi yang memiliki daya tampung terhadap datanya besar dan bagus.

  • Replikasi dan Backup

    Data yang muncul secara tak terduga biasanya mudah diatasi dengan menggunakan fasilitas replikasi data, sehingga penyimpanan dalam data center tidak hanya berfungsi dalam mengelola tetapi juga melakukan replikasi ke lokasi lainnya. Sedangkan pada backup data tujuan dari penggunaannya hampir sama, sehingga jika terjadi kerusakan pada hardware maupun software data sudah disalin dan resiko hilang bisa diminimalisir.

  • Biaya

    Spesifikasi terakhir ini berhubungan erat dengan kebutuhan dari data center yang sudah ada scalable, sehingga fasilitas yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan dari klien. Karena hal itulah Anda bisa mempertimbangkan untuk menyediakan dana khusus yang nantinya digunakan pada penyediaan fasilitas data center.

 

Baca Juga   :   Server Private Cloud untuk Kebutuhan Server UMKM yang Lebih Aman & Stabil

 

5 Alasan Menggunakan Data Center Lokal

Mengapa Memilih Data Center Lokal (Indonesia) untuk Perusahaan / Bisnis
 

Saat ini data center lokal di Indonesia terus berkembang dengan signifikan yang mana akan sangat disayangkan apabila Anda tidak memanfaatkannya. Terutama bagi Anda yang memiliki bisnis maupun perusahaan demi menunjang kebutuhan perusahaan yang diperlukan di Indonesia, khususnya dalam hal penyimpanan server. Lantas mengapa harus menggunakan data center lokal tersebut? Terdapat beberapa alasan menggunakan data center lokal untuk perusahaan maupun bisnis Anda. Berikut ulasannya.

 

  1. Keamanan Akan Lebih Terjamin

    Seiring berkembangnya dunia internet, membuat banyak orang melakukan aktivitasnya serba online. Salah satunya mereka yang hobi berbelanja tak heran apabila jumlah konsumen online pun terus mengalami kenaikan dan di Indonesia sendiri juga memiliki perkembangan yang cukup signifikan dalam hal ini. Oleh karena itu, keamanan data harus menjadi prioritas yang tidak boleh dikesampingkan dalam bisnis maupun perusahaan. Anda sebagai pemiliknya perlu memilih sebuah sistem yang dapat dipantau secara berkala, realtime, dan dan cepat. Untuk itu, inilah alasan menggunakan data center lokal, pasalnya, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan data center lokal Indonesia agar keamanan lebih terjamin.

  2. Akses Data dalam Waktu yang Lebih Efektif

    Berjalannya dan berkembangnya sebuah bisnis dan perusahaan umumnya sangat tergantung pada layanan, aplikasi, serta data yang ada pada data center. Alasan menggunakan data center lokal itulah yang menjadi fokus serta aset penting dalam kebutuhan pembangunan perusahaan dan bisnis. Data center sendiri dapat membantu Anda dengan lebih efektif, termasuk dalam memudahkan akses data kapan saja. yang bahkan dalam waktu yang mendesak pun Anda masih tetap bisa mengaksesnya dengan waktu yang lebih efektif.

  3. Biaya Perawatan dan Maintenance Lebih Efisien

    Tak bisa dipungkiri bahwa pusat data yang digunakan pebisnis dan perusahaan juga bisa saja mengalami kerusakan ataupun gangguan dalam waktu yang tidak bisa ditebak. Untuk itu, Anda perlu melakukan maintenance pusat data dengan berkala. Umumnya, perusahaan akan merekrut karyawan IT untuk siap siaga merawat dan maintenance pusat data tersebut dan untuk merekrut karyawan IT sendiri tentu akan mengeluarkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.
    Namun, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda memanfaatkan data center lokal dengan layanannya colocation data center. Lantas, apa alasan menggunakan data center lokal? Dengan menggunakan data center lokal, maka Anda dapat menghemat waktu dan biaya dengan lebih efisien.

  4. Tersedianya Kapasitas Penyimpanan Besar

    Selain beberapa poin di atas, alasan menggunakan data center local juga dapat membantu Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. Saat Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka Anda bisa mengandalkan data center lokal. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi saat ingin menyimpan file penting dengan jumlah yang banyak dan ukuran yang besar dan data center lokal akan menjamin semua penyimpanan Anda dapat terpenuhi dengan baik. Informasi maupun data penting Anda pun tidak akan mengalami kerusakan.

  5. Akses 24 Jam Penuh

    Saat ini, tak sedikit pemilik perusahaan maupun bisnis yang memindahkan data mereka diluar situs yang mana hal ini karena kekhawatiran akan tidak memilikinya akses ke server secara terus-menerus, baik itu data yang tidak masuk, terkunci, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan layanan data center lokal, maka hal tersebut akan lebih mudah untuk diminimalisir. Anda akan mendapatkan akses 24 jam dalam sepekan sehingga akses perangkat keras dan data bisa Anda buka setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga  :    Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Startup

 

Resiko Menggunakan Data Center Luar Negeri

Ada beberapa resiko yang bisa ditemui bila menggunakan data center dari luar negeri, berikut ulasan resiko tersebut.

 

  • Kesulitan Akses

    Penegak hukum memiliki hak akses atas data center jika terjadi masalah kapanpun itu, kesulitan yang akan mereka dapatkan ketika data center yang digunakan tidak dari dalam negeri. Sehingga perizinan negara yang harus diurus terlebih dahulu memakan waktu lama, selain itu jarak data center yang jauh bisa berpengaruh pada kecepatan jaringan dan tentu menjadi hambatan yang diterima oleh pemilik bisnis.

  • Keamanan Data Pribadi

    Menggunakan layanan data center tentu Anda sebagai pemilik perusahaan mempercayakan data Anda dipegang oleh si pemilik layanan, sehingga jika menggunakan layanan data center dari luar negeri tentu akan berpengaruh pada keimanan data pribadi yang akan memiliki resiko yang lebih tinggi. Seperti resiko adanya pencurian data, penyalahgunaan, dan sebagainya, sulit untuk dilakukan perbaikan dan jaminan data yang aman.

  • Biaya

    Lokasi data center yang jauh tentu harus mengeluarkan biaya yang relatif lebih besar, biaya-biaya ini umumnya meliputi maintenance, pajak, dan keperluan penting lainnya.

 

Baca Juga   :    Alasan Menggunakan Data Center Lokal (Indonesia) untuk Bisnis / Perusahaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Sudah jelas dipaparkan alasan mengapa Anda harus beralih ke data center lokal, hal ini tentu berdampak pada perusahaan atau bisnis Anda kedepannya. Jika menginginkan bisnis yang mulus dan lancar, ada baiknya mengikuti berbagai aturan dan contoh yang baik sehingga memudahkan perusahaan bergerak kedepannya.

Ada beberapa resiko yang bisa didapatkan saat Anda menggunakan data center dari luar, hal ini akan menyulitkan pergerakan bisnis jika terjadi masalah. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa membaca dan memahami untuk mempertimbangkan mengapa harus beralih ke data center lokal, sebab ada kelebihan yang bisa Anda dapatkan untuk kemajuan bisnis.

Related Post :