Alasan Menggunakan Data Center Lokal (Indonesia) untuk Bisnis / Perusahaan

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Apabila berbicara tentang perusahaan atau bisnis, maka salah satu hal yang sangat penting untuk diprioritaskan adalah data center. Mengapa demikian? Ada banyak alasan menggunakan data center lokal, salah satunya setiap adanya gangguan pada operasi data center akan menurunkan performa bisnis dan perusahaan itu sendiri.

Selain daripada itu, data center lokal juga memiliki fungsi yang cukup besar untuk menunjuang kebutuhan perusahaan dan bisnis. Terlebih seiring dengan bertumbuhnya pengguna internet yang tentu akan memerlukan perangkat penyimpanan data yang lebih besar pula. Hal ini demi tak lain guna meningkatan performa bisnis yang dijalankan terutama jika bisnis tersebut lebih banyak dijalankan secara online maupun cakupannya yang internasional.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai alasan menggunakan data center local Indonesia untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan, maka Anda bisa menyimaknya di bawah ini. Namun sebelum itu mengenai alasan menggunakan data center lokal di atas lebih lanjut, agar Anda lebih memahami lebih dalam maka ketahui dulu pengertian data center local di bawah ini.

 

Pengertian Data Center Lokal

Alasan Menggunakan Data Center Lokal (Indonesia) untuk Bisnis / Perusahaan
 

Data center merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan kumpulan server, sistem penyimpanan data, maupun sistem komputer yang dpaat dikondisikan dengan aturan data, catu daya, bahaya kebakaran, serta umumnya juga dilengkapi dengan sistem pengamanan fisik. Data center juga dapat diartikan sebagai pusat fasilitas sitem komputasi, database, dan juga jaringan yang dipusatkan dengan jaminan keamanan.

Dalam hal ini, data center dapat menyimpan, memproses, mengumpulkan, serta mendistribusikan data dalam jumlah yang cukup besar. Tentu saja, semua hal tersebut juga akan sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan maupun bisnis dan untuk dapat  menggunakan seluruh fasilitas tersebut Anda bisa mengaksesnya lewat jaringan internet. Maka dari itu pula keberadaan data center sendiri memerlukan perangkat jaringan komputer yang juga terhubung langsung dengan jaringan internet.

Nantinya, terdapat pula alat-alat pengolahan data yang membantu Anda melakukan pemrosesan dan pengolahan data dengan lebih efektif. Data center lokal sendiri dapat dikatakan sebagai pusat pengolahan serta pemrosesan data yang sering huga lebih sering disebut sebagai sebuah otak maupun inti dari setiap pemrosesan dan penyimpanan data. Untuk cakupan data center juga sangat luas, yakni mulai dari level nasional sampai internasional.

Lantas, mengapa harus memilih data center lokal untuk mendukung jalannya perusahaan maupun bisnis? Terlebih lagi kenapa Anda juga harus mempertimbangkan memakai data center lokal dari Indonesia? Simak 5 alasan menggunakan data center lokal Indonesia untuk keperluan bisnis maupun perusahaan di bawah ini.

 

Baca Juga :     Manfaat dan Keunggulan Server Private Cloud di Indonesia

 

5 Alasan Menggunakan Data Center Lokal

Alasan Menggunakan Data Center Lokal (Indonesia) untuk Bisnis / Perusahaan
 

Saat ini data center lokal di Indonesia terus berkembang dengan signifikan ayang mana akan sangat disayangkan apabila Anda tidak memanfaatkannya. Terutama bagi Anda yang memiliki bisnis maupun perusahaan demi menunjang kebutuhan perusahaan yang diperlukan di Indonesia, khususnya dalam hal penyimpanan server.

Lantas mengapa harus menggunakan data center lokal tersebut? Terdapat beberapa alasan menggunakan data center lokal untuk perusahaan maupun bisnis Anda. Di bawah ini beberapa alasan menggunakan data center lokal yang bisa Anda ketahui lebih jauh :

 

  • Keamanan akan lebih terjamin

    Seiring berkembangnya dunia internet, membuat banyak orang melakukan aktivitasnya serba online. Salah satunya mereka yang hobi berbelanja tak heran apabila jumlah konsumen online pun terus mengalami kenaikan dan di Indonesia sendiri juga memiliki perkembangan yang cukup signifikan dalam hal ini.  Oleh karena itu, keamanan data harus menjadi prioritaas yang tidak boleh dikesampingkan dalam bisnis maupun perusahaan. Anda sebagai pemiliknya perlu memilih sebuah sistem yang dapat dipantau secara berkala, realtime, dan dan cepat. Untuk itu, inilah alasan menggunakan data center lokal, pasalnya, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan data center lokal Indonesia agar keamanan lebih terjamin.

  • Akses data dalam waktu yang lebih efektif

    Berjalannya dan berkembangnya sebuah bisnis dan perusahaan umumnya sangat tergantung pada layanan, aplikasi, serta data yang ada pada data center. Alasan menggunakan data center lokal itulah yang menjadi fokus serta aset penting dalam kebutuhan pembangunan perusahaan dan bisnis. Data center sendiri dapat membantu Anda dengan lebih efektif, termasuk dalam memudahkan akses data kapan saja. yang bahka dalam waktu yang mendesak pun Anda masih tetap bisa mengaksesnya dengan waktu yang lebih efektif.
     

    Baca Juga :    Server Private Cloud untuk Kebutuhan Server Perusahaan yang Lebih Aman & Stabil

  • Biaya perawatan dan maintance lebih efisien

    Tak bisa dipungkiri bahwa pusat data yang digunakan pebisnis dan perusahaan juga bisa saja mengalami kerusakan ataupun gangguan dalam waktu yang tidak bisa ditebak. Untuk itu, Anda perlu melakukan maintenance pusat data dengan berkala. Umumnya, perusahaan akan merekrut karyawan IT untuk siap siaga merawat dan maintenance pusat data tersebut dan untuk merekrut karyawan IT sendiri tentu akan mengeluarkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.
     

    Namun, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda memanfaatkan data center lokal dengan layanannya collocation data center. Lantas, apa alasan menggunakan data center lokal? Dengan menggunakan data center lokal, maka Anda dapat menghemat waktu dan biaya dengan lebih efisien.

  • Tersedianya kapasitas penyimpanan besar

    Selain beberapa poin di atas, alasan menggunakan data center local juga dapat membantu Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. Saat Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka Anda bisa mengandalkan data center lokal. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi saat ingin menyimpan file penting dengan jumlah yang banyak dan ukuran yang besar dan data center lokal akan menjamin semua penyimpanan Anda dapat terpenuhi dengan baik. Informasi maupun data penting Anda pun tidak akan mengalami kerusakan.

  • Akses 24 jam penuh

    Saat ini, tak sedikit pemilik perusahaan maupun bisnis yang memindahkan data mereka diluar situs yang mana hal ini karena kekhawatiran akan tidak memilikinya akses ke server secara terus-menerus, baik itu data yang tdak masuk, terkunci, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan layanan data center lokal, maka hal tersebut akan lebih mudah untuk diminimalisir. Anda akan mendapatkan akses 24 jam dalam sepekan sehingga akses perangkat keras dan data bisa Anda buka setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga :    Server Private Cloud untuk Kebutuhan Server UMKM yang Lebih Aman & Stabil

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan berbagai alasan menggunakan data center lokal di atas, tentu Anda tidak akan mengalami kekhawatiran lagi saat ingin menjalankan bisnis dengan performa yang lebih efektif dan juga maksimal. Terlebih, keberadaan data center sendiri tentu akan terus dibutuhkan seiring berkembangnya teknologi di dunia. Hal tersebut dikarenakan data center yang menjadi pusat penyimpanan serta pengolahan data yang cukup efisien.

Dari alasan menggunakan data center lokal tersebut bertujuan agar perusahaan dan bisnis Anda berjalan lebih maksimal dan optimal. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk menggunakan data center lokal. Beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi alasan menggunakan data center lokal yang cukup jelas tetapi ada baiknya Anda juga tetap memperhatikan beberapa hal saat ingin memilih data center lokal di atas. Seperti data center yang sudah memiliki sertifikasi, data center dengan letak yang aman dan mudah diakses, serta sistem pengaman yang lengkap.

Related Post :

popup image