Mengatasi Warning: Cannot Modify Header Information Pada WordPress

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Apakah Anda pernah merasa terhambat dan melihat suatu peringatan yang tiba- tiba muncul dan berbunyi “Cannot modify header information – headers already sent…”?. Masalah atau error ini biasa muncul pada platform situs web yang menggunakan platform WordPress. Masalah semacam ini tentu membingungkan karena selain web Anda tidak dapat diakses, Anda juga harus mencari tahu akar masalahnya.

Dengan membekunya situs web Anda dan tidak dapat diakses dalam waktu tertentu ini tentu akan mempengaruhi traffic kunjung Anda. Terlebih lagi jika Anda mempunyai website penjualan online, ini tentu akan mengurangi kemungkinan adanya pembelian dan transaksi. Ini juga berefek pada pengunjung Anda yang menemukan website langganan mereka tidak berfungsi.

Error ini bisa terjadi kapan saja tanpa adanya pemberitahuan. Tidak hanya sulit mengatasi jenis error seperti ini, tetapi juga akan merepotkan untuk melakukan debug. Tapi setiap error yang terjadi pada website dunia maya pasti mempunyai penyebab dan alasan, jadi mari ikuti cara mengatasi “Warning: Cannot Modify Header Information pada WordPress dibawah ini.

 

Mengenal Web Page Header

Mengatasi Warning: Cannot Modify Header Information Pada WordPress
 

Seperti yang kita ketahui, halaman web terdiri dari dua bagian yakni header halaman dan badan. Ketika seorang pengembang web salah membuat atau memodifikasi header halaman, ia mungkin melihat salah satu kesalahan umum PHP. Kesalahan tersebut menyatakan “Cannot modify header information – headers already sent…”? dengan rincian file dan baris kode dengan kesalahan.

Jika pengembang tidak mengetahui penyebab kesalahan ini, maka ia mungkin akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan masalah. Memahami mengapa kesalahan terjadi akan membantu Anda menemukan solusinya. Maka dari itu untuk menghemat waktu, sebaiknya Anda merinci kemungkinan error yang ada.

Ketika Anda bekerja pada PHP untuk membuat situs web, PHP akan menangani pekerjaan tersebut untuk menghasilkan halaman web untuk Anda. Header berisi informasi halaman dan umumnya dihasilkan secara otomatis tanpa memerlukan intervensi pengembang. Informasi header (tajuk) ini sebagian besar tidak akan terlihat oleh pengguna.

Pengembang mungkin ingin memodifikasi bagian-bagian dari header information. Konfigurasi yang salah dapat menyebabkan kesalahan “Headers already sent”. Kesalahan ini mungkin atau bukan sebuah pesan kesalahan pertama pada halaman. Jika itu bukan kesalahan pertama, maka itu mungkin disebabkan karena kesalahan sebelumnya.

Perbaiki kesalahan sebelum ini dan pesan kesalahan ini kemungkinan besar akan diselesaikan. Jika kesalahan adalah kesalahan pertama pada halaman, maka kemungkinan penyebabnya adalah karena beberapa kesalahan yang dibuat oleh pengembang di dalam kode PHP mereka.

Baca Juga :   Tutorial Cara Install WordPress di Localhost / XAMPP

 

Mencari dan Menemukan Penyebab Kesalahan

Mengatasi Warning: Cannot Modify Header Information Pada WordPress
 

Error yang muncul akan berbunyi Warning: Cannot modify header information – Header already sent by (Output started at /blog/wp-config.php:34, maka seharusnya Ana dapat memecahkan masalah ini dengan melihat file yang ditunjuk pesan kesalahan. Jadi pesan kesalahan ini menunjuk kepada wp-config.php.

Kesalahan ini biasanya terjadi di wp-config.php atau functions.php, karena kedua file paling sering diedit oleh pengguna. Jika Anda mengedit file tema selain dari function.php, maka sangat mungkin kesalahan tersebut berasal dari file yang baru saja Anda edit. Oleh karena itu, selalu merupakan praktik yang baik untuk menyimpan daftar file yang telah Anda kerjakan. Dalam pemrograman, file ini biasa disebut dengan changelog.

 

Mengatasi Error atau Kesalahan dengan Troubleshooting

Untuk menggunakan cara ini, Anda harus menggunakan program FTP Anda untuk mengedit file di server Anda.

  1. Gunakan program FTP Anda untuk masuk ke server web Anda.
  2. Arahkan ke file Anda, dalam contoh, ini adalah wp-config.php.
  3. Buka file wp-config.php.
  4. Cari <? Php di awal file. Hapus semua ruang kosong sebelum <? Php
  5. <? Php yang merupakan tag pembuka PHP harus berada di baris paling pertama dari file di dalam wp-config.php Cari tanda?> Di akhir file, jika ada, Anda harus menghapus ruang kosong setelahnya.
  6. Jika Anda tidak dapat menemukan tanda>> di akhir file, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Hanya untuk bermain aman, Anda dapat menghapus garis kosong.
  7. Jika kesalahan Anda menunjuk ke functions.php, Anda dapat melakukan prosedur yang sama.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Instalasi Plugin AMP di WordPress

 

Mengatasi Kesalahan yang Disebabkan Oleh Plugin

Jika Anda tidak dapat menemukan kesalahan tetapi tidak dapat memperbaikinya, ada kemungkinan besar bahwa kendalan ini berasal dari sebuah plugin. Anda dapat menonaktifkan semua plugin untuk melihat apakah cara ini memperbaiki masalah Anda. Jika memang itu disebabkan oleh plugin, Anda dapat mulai menemukannya dengan mengaktifkan satu plugin sekaligus, dan memuat ulang situs web Anda. Setelah Anda menemukan plugin yang menyebabkan masalah ini, Anda harus menonaktifkannya dan melaporkan masalah ini ke pengembang plugin.

 

Penyebab dan Perbaikan untuk Kesalahan dalam Header Webpage

Mengatasi Warning: Cannot Modify Header Information Pada WordPress
 

Untuk mengatasi kesalahan dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba dan terapkan seperti berikut ini.

Konten isi halaman dikirim sebelum Header

Header harus dan wajib, sebagai suatu peraturan, dikirim terlebih dahulu sebagai respons dari server web. Caranya dengan membagi dari body oleh satu baris kosong. Jika beberapa bagian body halaman web sudah dikirim sebelum permintaan ke header, maka kesalahan ini dapat terjadi. Perhatikan bahwa fungsi yang membuat atau memodifikasi header harus dipanggil sebelum output lain ditampilkan. Beberapa fungsi yang digunakan untuk memodifikasi header HTTP adalah :

  1. header
  2. header_remove
  3. session_start
  4. session_regenerate_id
  5. setcookie
  6. setrawcookie

Sebagai langkah pertama, temukan pernyataan header yang menyebabkan kesalahan. Kesalahan aktual harus pada baris ini atau sebelum baris ini. Selanjutnya, cobalah mencari pernyataan yang dapat mengirim output sebelum pernyataan header. Jika ini ada, Anda perlu mengubah kode dan memindahkan pernyataan header sebelum pernyataan tersebut.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Penggunaan .htaccess Pemula

 

HTML yang belum diurai sebelum Header

Jika ada bagian HTML yang tidak diuraikan dalam file PHP maka ini dianggap sebagai output langsung ke browser. Skrip yang memicu panggilan tajuk () harus dipanggil sebelum blokmentah apa pun. Anda juga tidak dapat memiliki tag HTML yang ada sebelum fungsi header.

Contoh penggunaan yang salah :

  • !DOCTYPE html >
    <?php
  • <?php <html> header (‘Location: https://www.idcloudhost.com’) ; ?>

Untuk memperbaiki kesalahan ini, Anda harus memisahkan kode pemrosesan dari kode generasi keluaran. Tempatkan kode pemrosesan formulir tepat di awal skrip PHP.

 

Tag spasi ekstra atau sebelum tag <? php or after a closing?>

Kesalahan ini juga terjadi karena spasi putih di awal atau di akhir file PHP. Ruang kosong ekstra dapat ditambahkan oleh program unpacking yang buruk atau editor yang tidak patuh seperti Notepad, WordPad atau TextEdit. Cara mengatasinya adalah menghapus spasi putih itu dari file. Ini dimulai dari perintah “output srtarted at …” diikuti oleh nama file dan nomor baris. Ini adalah file (dan baris) yang perlu Anda edit. Abaikan nama file kedua karena file itu hanya file yang menyertakan file yang memiliki spasi putih. File pertama adalah yang harus Anda edit, bukan yang kedua.

Baca Juga :   Tutorial Cara Install WordPress dengan LEMP di Ubuntu 18.04

 

Format Pengkodean PHP salah

Dalam kasus terakhir ini, Anda harus mempertimbangkan skenario ketika kode Anda benar tanpa spasi, tag HTML, dan juga panggilan fungsi yang salah. Namun, kode PHP masih memberikan kesalahan yang sama. Situasi ini lebih mungkin disebabkan oleh bagaimana file PHP disimpan.

Dengan editor teks seperti Notepad, Anda dapat menyimpan file PHP dalam berbagai pengkodean seperti ANSI, Unicode, Unicode big endian, atau pengkodean UTF-8. Jika Anda memilih format penyandian yang salah maka skrip PHP dapat memicu kesalahan ini. Format penyandian terbaik untuk menyimpan file PHP adalah penyandian ANSI.

Pengkodean ini tidak akan menambahkan spasi putih atau karakter tersembunyi ke file. Salah satu pengkodean lainnya benar-benar dapat menambahkan karakter tambahan ke file PHP. Ini dapat menyebabkan kesalahan “headers already sent”.

 

Kesimpulan dan penutup

Kesalahan dan error cannot modify header information bisa terjadi terjadi karena banyak sebab. Akan ada pengaruh signifikan di situs web Anda jika error semacam ini muncul. Website Anda akan berhenti beroperasi, traffic tidak mengalir dan juga SEO Anda akan menerima imbas yang besar oleh karenanya.

Oleh karena itu, dalam membangun website sebaiknya setiap pemilik situs web memperhatikan langkah apa saja yang sudah mereka ambil. Ini akan membantu Anda mengingat kembali apa saja yang kira- kira mengakibatkan munculnya error seperti ini. Cara ini juga membuat Anda lebih waspada untuk tidak menggunakan plugin sembarangan atau melakukan hal- hal yang berpotensi merusak website Anda di masa depan.

Related Post :