Mengenal Apa Itu Big Data : Sejarah, Cara Kerja dan Peluang Bisnis

Mengenal Apa Itu Big Data : Sejarah, Cara Kerja dan Peluang Bisnis

Diberikan istilah big data, mungkin banyak orang yang tidak memahami lebih detail kaitannya hal tersebut. Padahal peran big data sangat besar dalam kehidupan sehari-hari namun demikian banyak orang yang tidak memahaminya. Oleh sebab itu, Anda yang hidup di era digital ini harus tahu lebih mendalam mengenai big data itu sendiri.

Secara umum, tanpa mengabaikan peran big data, disebutkan bahwa big data merupakan sebuah kumpulan data yang sangat banyak dengan volume sangat besar sekaligus didukung dengan kecepatan yang begitu cepat. Dengan adanya keunggulan tersebut, tidak mengherankan jika kemudian big data ini memiliki peran yang besar.

Sehingga peranan big data tersebut, maka muncullah istilah hukum 3V yang sangat populer. Untuk 3V itu sendiri pada dasarnya terdiri dari :  variety atau yang lebih dikenal dengan variasi, velocity atau kecepatan dan juga velomes atau jumlah. Sayangnya, dengan berbagai unsure tersebut banyak orang yang tidak terlalu memahaminya.

 

Mengenal Apa Itu Big Data?

 

Tanpa mengabaikan peran big data yang sesungguhnya, perlu diketahui bahwa big data sendiri pada hakikatnya merupakan sebuah kumpulan data yang begitu sangat kompleks dan juga besar. dengan jumlah yang sangat banyak menjadikan software data pemrosesan yang sifatnya tradisional tidak bisa memprosesnya dengan baik. Hal ini menyababkan adanya permasalahan baru dalam bisnis yang Anda jalankan.

Istilah lain mengenai pengertian big data itu sendiri merupakan tindakan memanfaatkan berbagai informasi dari berbagai sumber yang nantinya digunakan untuk menemukan suatu keputusan yang sangat baik sesuai harapan. Dengan kata lain, tanpa mengabaikan peran big data, dikatakan bahwa big data merupakan suatu konsep untuk menganalisa, mengumpulkan sekaligus juga memahami sejumlah data yang begitu besar.

Selanjutnya, mengenai hukum 3V yang memiliki kaitan erat dengan peran big data tersebut. Lebih lanjut mengenai 3V ini sendiri terdiri dari beberapa aspek yang terdiri dari beberapa hal berikut ini :

 

1. Volume

Tanpa mengabaikan peran big data yang sesungguhnya, volume merujuk pada suatu ukuran data yang begitu penting. Seperti namanya, Anda diwajibkan untuk melakukan pemrosesan data tersebut karena ukurannya yang sangat besar untuk sebuah big data.

 

2. Velocity

Sedangkan untuk velocity sendiri merujuk pada kecepatan yang begitu cepat atas data yang diterima dan nantinya akan digunakan. Tetap merujuk pada peran big data, dengan kecepatan yang sangat tinggi, nantinya aliran data tersebut akan mengalir pada memori jauh lebih cepat dibandingkan atas yang ditulis pada disk.

Dikatakan bahwa beberapa perangkat smart devices yang dioperasikan menggunakan internet pada waktu real time dan nantinya akan membutuhkan suatu evaluasi.

 

3. Variety

Merujuk pada peran big data yang sesungguhnya, bahwa variety ini merupakan bermacam-macam data yang tersedia. Pada umumnya, jenis data tradisional akan jauh lebih terstruktur. Namun demikian, seiring dengan perkembangan big data beberapa data ditemukan tidak terstruktur.

Beberapa data yang belum sepenuhnya terstruktur dan semi terstruktur seperti audio, text dan juga video membutuhkan waktu untuk kemudian diproses lebih lanjut.

Selain beberapa V tersebut, ada juga V lain yang dalam hal ini adalah value atau yang lebih dikenal dengan nilai dan juga veracity atau kejujuran. Kaitannya dengan peran big data bahwa setiap data memiliki value. Sayangnya, value tersebut tidak akan berguna ketika belum ditemukan.

Baca Juga : Jenis Layanan Data Center Indonesia

 

Cara Kerja Big Data

 

Jika anda adalah seorang entrepreneur, anda bisa memanfaatkan big data untuk menjalankan perusahaanmmu. Big Data ini dapat membuat anda bisa mendapatkan banyak ide untuk melakukan perencanaan perusahaan. Nah untuk itulah kamu juga harus paham bagaimana cara memperlakukan big data ini :

 

  1. Integrasi Data

    Dibandingkan dengan data-data yang masih tradisional yang bisa ditangani dengan cara “ETL” alias extract transform and load, cara pengolahan big data jauh lebih rumit dari itu. Alasannya karena big data terdiri dari sekumpulan input yang berbeda-beda dan harus diproses sebelum benar-benar bisa diolah. Misalnya kamu bisa mengumpulkan data berupa komentar konsumen di ruang publik, data foto-foto konsumen dengan produkmu di media sosial, atau bahkan traffic di laman website dan media sosialmu. Setelah memproses dan membuat format yang seragam itulah baru kamu bisa menyodorkan data tersebut kepada analis bisnismu.

  2. Manage

    Untuk bisa me-manage data dengan benar, faktor terpenting yang tidak bisa kamu lupakan adalah caramu menyimpan data tersebut. Pilihannya memang sangat banyak, tapi bagi kamu yang memiliki dana terbatas tentu cloud storage merupakan salah satu solusinya.

  3. Analisis Data

    Investasimu yang besar untuk mengumpulkan dan me-manage data baru bisa terbayarkan apabila kamu bisa melakukan analisis big data. Sayangnya seperti yang telah kami jelaskan di awal, software-software olah data tradisional tidak akan mampu mengolah big data yang begitu besar dan kompleks. Kamu harus bisa membuat pemodelan data menggunakan machine learning dan artificial intelligence sehingga bisa dianalisis dengan baik. Bila data sudah dianalisis, percayalah kamu akan menemukan banyak input, insight, dan penemuan baru yang bisa kamu manfaatkan untuk kemajuan perusahaanmu. Peran big data di era modern yang sangat signifikan

 

Masih berkaitan dengan peran big data tersebut, dikatakan bahwa big data merupakan suatu modal yang penting dan banyak perusahaan menggunakannya. Sebuah perusahaan yang modern nantinya akan melakukan analisa pada big data untuk menentukan nilai yang ada. Dari sinilah kemudian perusahaan tersebut akan berusaha meningkatkan pelayanan demi mengembangkan produk dan fitur terbaru.

Menariknya lagi, dengan merujuk pada peran big data Anda sendiri juga bisa membuat sebuah keputusan bisnis yang jauh lebih akurat sekaligus tepat. Untuk memutuskan hal tersebut, nantinya membutuhkan suatu analisa yang menyeluruh, berwawasan dan berpola demi menemukan keputusan yang tepat.

 

Sejarah Big Data

Mengenai peran big data ini berawal dari sejarah munculnya big data yang dimulai dari kesadaran atas jumlah data yang sangat banyak dari beberapa sumber seperti YouTube, Facebook dan beberapa layanan online lainnya. Pada tahun yang sama yaitu 2005 tersebut beberapa open-source seperti Hadoop dan NoSQL juga mulai mengembangkan analisa data.

Adanya perkembangan ini ternyata memberikan pengaruh yang begitu besar atas perkembangan big data tersebut. Hal ini disebabkan oleh perananya dalam membuat sebuah data yang sangat besar, murah dan juga mudah untuk disimpan. Hingga pada saat itu, tanpa mengabaikan peran big data, volume big data mengalami suatu peningkatan yang signifikan.

Seiring dengan perkembangan zaman, masih berkaitan dengan peran big data, muncullah Internet of Things (IoT) yang terhubung pada internet. Atas adanya hal itu, banyak produsen yang melakukan tindakan pengumpulan data dengan memanfaatkan peranan konsumen demi menemukan kinerja produk tersebut di lapangan.

 

Dimana Big Data Sering Ditemukan?

Secara umum, peran big data ini memiliki kaitannya dengan penggunaan internet di era modern yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan internet menjadi tempat penyimpanan data yang efektif tanpa mempertimbangkan jumlah dengan tetap melakukan management data yang baik. berikut beberapa hal yang kerap kali dianggap sebagai big data.

 

  1. Penggunaan internet

    Disebutkan bahwa big data kerap kali ditemukan pada penggunaan internet di setiap harinya. Hal ini dikarenakan peran big data dalam mengakses berbagai mesin pencarian guna menemukan informasi yang dibutuhkan setiap harinya. Semua data yang dicari tersebut nantinya akan disimpan dalam mesin pencarian dalam bentuk big data.

  2. Pemanfaatan smartphone

    Selain pada mesin pencarian, peran big data juga kerap ditemukan pada smartphone dimana perangkat ini sering digunakan untuk menyimpan berbagai data. Beragam aplikasi yang diinstal juga menjadi penyumbang terbesar atas data yang ada pada ponsel tersebut. Bahkan aplikasi GPS juga turut andil di dalamnya.

  3. Penggunaan social media

    Sama halnya dengan sosial media, bahwa peran big data ini juga bisa dilihat dengan banyaknya data yang tersimpan setiap harinya. Ribuan foto, video, tweets dan lain sebagainya dianggap sebagai big data yang begitu mencengangkan dari segi jumlah. Bahkan sosial media juga menyimpan jutaan kontak.

  4. Digitalisasi suatu media

    Jika sebelumnya DVD hingga kaset menjadi media penyimpanan musik yang sangat terbatas, kini dengan peran big data semua musik bisa didengarkan tanpa batas melalui Netflix hingga Spotify. Tentunya, dua media tersebut akan mencatat apapun yang didengarkan. Hal ini terjadi pada smart device.

Baca Juga : Pentingnya Mengelola Data dan Informasi Bisnis Kamu

 

Kesimpulan dan Penutup 

Saat ini peran big data juga memiliki peran sangat besar dalam dunia bisnis. Dalam aktivitasnya, big data ini memiliki pengaruh pada customer experience hingga analytics. Dengan kata lain, untuk CRM (Customer Relationship Management), big data akan membantu dalam meningkatkan engagement dengan konsumen.

Selain itu, peran big data juga membantu dalam menjaga efisiensi dari operasional bisnis. Sebagai contoh pada layanan call center yang akan membantu dalam memberikan penawaran terbaik kepada konsumen. Bahkan dalam dunia kedokteran, hal ini membantu dalam meningkatkan hasil analisis yang jauh lebih akurat dengan berbagai pertimbangan.

Hingga pada akhirnya peran big data juga meningkatkan adanya experience mobile dari pengguna. Melalui penggunaan smartphone, nantinya akan mengubah cara bisnis menjadi lebih efektif dan efisien hingga mampu meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, berawal dari berbagai perkembangan akan tercipta sebuah management data yang baik. sekalipun demikian, yang demikian ini perlu dipertimbangkan dari berbagai hal karena tidaklah mudah melakukan management data secara sempurna.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
perfect solution for your business
Subscribe here to get update
popup image