Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Jika kita ingin membeli sebuah produk secara online, biasanya ada beberapa pilihan yang ditawarkan misalnya saja anda bisa memesan produk tersebut langsung pada websitenya, maupun anda dapat memesan produk ini di social media.

Nah, biasanya jika anda menggunakan line, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan yang dapat menjawab secara cepat dan otomatis pertanyaan dari pelanggan. Layanan ini biasa disebut dengan Chatbot.

Anda juga tidak perlu repot – repot membalas chat yang masuk satu persatu. Cukup dengan chatbot anda dapat dengan mudah leluasa memantau bisnis anda. Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Chatbot

Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya
 

Istilah Chatbot dengan nama lain chatterbot merupakan sebuah layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya.

Singkatnya Chatbot ini merupakan percakapan virtual dimana satu pihak adalah sebuah robot chat yang bertujuan untuk sarana hiburan. Fitur chatbot ini telah digunakan di berbagai industri untuk menyampaikan informasi.

Selain itu Chatbot juga dapat melakukan tugas, seperti pemberitahu cuaca terkini (Weather Bot), kemudian membantu memilih dan memasan bahan makanan (Grocery Bot), membantu melakukan reservasi penerbangan, membantu memberikan solusi atas suatu (Life Advice Bot) dan bot sebagai teman untuk bercakap-cakap seperti SimSimi.

Chatbot menggunakan berbagai teknologi yang mutakhir di dalamnya, seperti Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Lenguage Processing (NLP).

Machine Learning dapat di aplikasikan sebagai mesin yang mempelajari, menganalisa dan mengenal bermacam-macam Bahasa pada chatbot, sementara Natural Lenguage Processing (NLP) memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami Bahasa manusia lalu memberikan respon yang sesuai dengan Bahasa yang digunakan pengguna chatbot.

 

Sejarah Chatbot

Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya
 

Sejarah dari chatbot bermula dari pengembangan aplikasi chat ELIZA  pada tahun 1966 dan PARRY pada tahun 1972.  Pada waktu itu, pengembangan ELIZA dan PARRY digunakan untuk menstimulasi percakapan tertulis.

Salah satu penelitian penting di bidang kecerdasan buatan (AI) adalah pemrosesan bahasa alami (atau Natural Language Processing). Biasanya, bidang AI lemah memberdayakan perangkat lunak (atau software) khusus atau bahasa pemrograman yang dibuat secara spesifik dengan fungsi yang lebih sempit.

Cara kerjanya masih murni berdasarkan teknik pencocokan pola tanpa kemampuan penalaran –teknik yang sama yang digunakan ELIZA pada tahun 1966. Seiring berjalannya waktu, chatbot terbaru juga mengkombinasikan berbagai macam fitur yang fungsional sehingga lebih mudah digunakan.

 

Cara Kerja Chatbot

Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya
 

Banyak jenis chatbot yang dapat memberi tanggapan dengan berbagai macam input manusia. Sebenarnya bots ini bekerja dengan memindai kata kunci dalam input, setelah itu dibalas dengan kata kunci yang paling cocok atau bisa pula dengan pola kata yang paling mirip dari basis data tekstual.

Jadi, jika pengguna mengirim suatu permintaan maka bots tersebut akan mengirim kembali respon secara spesifik yang berdasarkan pada query yang dikirim. Pada saat itu yang perlu Anda lakukan hanya memberikannya perintah, selain itu bisa pula membuat suatu percakapan baik text atau audio.

Setelah itu para bots ini mulai mencari data yang dibutuhkan yang berdasarkan kata kunci yang diberikan, baik itu berbentuk text ataupun audio. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan tersebut, akan disampaikan kembali oleh mereka juga dalam bentuk teks maupun audio. Bahkan, tidak hanya itu teknologi ini juga bisa melakukan transaksi yang berdasarkan perintah yang diberikan.

 

Kelebihan  Chatbot

Jika bisnis anda ingin menggunakan chatbot,  Ada beberapa kelebihan yang bisa diberikan oleh chatbot untuk kamu:

 

  1. Respon Cepat

    Selama ini pelayanan yang cepat alias fast respon memang dibutuhkan oleh banyak bisnis. Ketika anda ingin menanyakan sesuatu hal lewat website,  akan secara otomatis dijawabpertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini pastinya akan sangat disenangi oleh konsumen juga.

  2. 24/7 Hari

    Biasanya untuk proses tanya jawab dilaksanakan oleh customer service seperti. Gak sedikit adanya kendala yang bisa didapatkan seiring pengoperasian, khususnya jam kerja. Namun tidak dengan chatbot karena teknologi ini tidak akan pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan dan jam berapapun ada pertanyaan, maka bisa segera dijawab.

  3. Mempermudah Bisnis

    Chatbot cocok untuk seorang pebisnis.Anda tidak perlu lagi berurusan dengan pelanggan yang terkadang mengalami masalah, padahal yang namanya pebisnis, pastinya ingin mendapatkan kinerja terbaik. Dengan teknologi robot, maka urusan customer service menjadi mudah.

 

Berbagai Platform Chatbot Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Chatbots atau asisten virtual dapat membantu dalam mengotomatiskan berbagai elemen utama bisnis seperti penjualan, pemasaran, dan pelayanan.

Nah, buat Anda yang ingin memanfaatkan layanan bot untuk bisnis, kami memiliki beberapa rekomendasi platform Chatbots builder terbaik dengan membawa fitur-fitur mumpuni.

 

1. MobileMonkey

Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya

 

Teknologi bot ini biasanya digunakan pada Facebook Messenger, website dan SMS. Kesempatan Anda untuk memperoleh konversi tinggi akan semakin besar dengan platform ini.

Ditambah lagi jika Anda menghubungkannya dengan ad campaign, drip marketing, list kontak pelanggan dan tools pesan broadcast. Sayangnya, pada versi gratis, Anda hanya bisa menggunakan list kontak pelanggan dan fitur yang terbatas.

Kecuali bila Anda mengupgrade ke Premium Plan dengan harga $149 per bulan untuk menikmati fiturnya yang lengkap, termasuk kapasitas 5000 list kontak.

Baca Juga : Layanan Messenger Chat Telegram diblokir di Indonesia

 

2. Botsify

Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya

 

Butuh teknologi bot yang instan dan berkualitas? Botsify bisa menjadi solusinya. Platform ini bisa Anda integrasikan di Facebook Messenger, Slack dan website. Penggunaannya yang sederhana tidak mengurangi kualitasnya dalam menanggapi pesan pelanggan yang kompleks.

Sekalipun ada pesan yang sulit ditangani, bot ini akan mengarahkan otomatis ke pihak customer service Anda. Anda bisa menjajal platform Botsify dengan layanan free trial untuk waktu 14 hari. Sisanya, Anda bisa mengupgrade ke layanan Pro dengan biaya $50 per bulan untuk fitur unlimited.

Baca Juga : Kumpulan Aplikasi Live Chat Untuk Website Dan Toko Online

 

3. Vutura Chatbot Indonesia

Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya

 

Platform Chatbot yang asli buatan Indonesia yaitu Vutura Chatbot. Vutura memiliki banyak keunggulan yang juga tidak kalah dengan platform lainnya, yaitu memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk menciptakan teknologi bot secara instan. Anda bisa menggunakan platform ini untuk menciptakan bot pada LINE, Facebook Messenger, Telegram, hingga website.

 

Kesimpulan dan Penutup

Pada sebuah bisnis online, memang pelayanan yang fast respon menjadi prioritas saat ini. Bagaimana tidak, pelayanan yang tidak fast respon dapat membuat pelanggan tidak suka. Chatbot sendiri merupakan layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya.

Namun, anda bisa menjadikan chatbot ini sebagai costumer service pada social media seperti line milik akun bisnis anda. Anda juga dapat memberikan broadcast promo ataupun gambar yang dapat menarik perhatian pengunjung. Chatbot ini juga memiliki kosakata yang terbatas, jadi jika ada hal – hal yang perlu dijelaskan secara detail dapat ditangani oleh costumer service. Nah, bagaimana? apakah anda tertarik dengan layanan ini?

Related Post :

popup image