Mengenal Apa itu CMS Sekolahku untuk Website Sekolah Indonesia

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Sistem pendidikan saat ini sudah mulai beralih ke sistem pendidikan digital. Bagaimana tidak, hampir segala lini kehidupan kini menggunakan internet. Bahkan, untuk belajar saat ini bukan lagi hanya hadir tatap muka saja, sistem belajar online alias sistem daring ini membuat berbagai kemudahan bagi murid dan gurunya.

Kini, sekolah dituntut untuk dapat beradaptasi di era digitalisasi. Apalagi kini guru – guru wajib mempelajari bagaimana sistem belajar secara daring ini. Hal ini juga bertujuan juga untuk memajukan  pendidikan di Indonesia. Banyak sekali sistem pembelajaran yang kurang meata teruama di daerah tepencil, membuat sistem pendidikan di indonesia kurang merata.

Maka dari itu, perlunya sebuah website diperuntukkan bagi sekolah – sekolah guna dapat menjangkau para siswanya di seluruh daerah, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Lalu, cms sekolahku hadir sebagai tools pengembangan website untuk sekolah anda. Seperti apa cms sekolah ku ini? yuk, simak artikel berikut ini.

 

Apa Itu CMS Sekolahku?

 

 

CMS Sekolahku merupakan Content Management System dan PPDB Online GRATIS yang dibuat untuk semua jenjang sekolah mulai dari tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat, dan Perguruan Tinggi.

Jika sekolah anda belum memiliki pengembangan website yang bagus, anda dapat menggunakan CMS Sekolahku ini agar website sekolah anda menjadi lebih menarik.

Pengembangan CMS ini dimulai tahun 2012 yang awalnya merupakan project premium untuk salah satu sekolah di Kabupaten Kuningan, dan pada tahun 2013 mulai dibagikan secara gratis. Sedangkan untuk versi 2.x dimulai tahun 2016 dan masih aktif dimaintenance sampai sekarang.

 

Mengenal Apa Itu CMS?

 

CMS (Content Manajemen System) merupakan sebuah perangkat lunak atau sistem yang mengatur konten pada situs web, bisa situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya.

Ketika anda ingin mengembangkan dan membuat sesuatu secara instan maka CMS jawabnnya.  CMS menjadi pembuatan situs instan yang disediakan di internet. CMS dapat anda gunakan meskipun anda tidak mengetahui mengenai pemrograman sama sekali. CMS juga menyediakan template layaknya WordPress.

Nah, ini merupakan sebuah tools dalam pengembangan website yang cocok bagi anda apabila anda adalah seorang developer. Jika anda mempunyai sebuah website namun anda dalam pembuatannya menggunakan cara yang kuno dan waktu pengerjaan yang lama, maka anda perlu melek teknologi cms ini.

 

Kenapa Menggunakan CMS?

 

Masih banyak yang kebingungan dengan tools cms ini, apakah ini efisien diterapkan didalam website atau tidak. Maka dari itu yuk simak keunggulan cms berikut ini :

 

  1. Efisiensi

    Tidak banyak pengusaha punya waktu untuk membuat situs web dari awal. Jika Anda merupakan seseorang yang mempunyai usaha, tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat situs web, tetapi ingin mempunyai situs web untuk usaha Anda, CMS merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi alat Anda meraih sukses melalui internet.

  2. Tidak Mahal

    Jika anda mempunyai masalah dalam biaya pengemnbangan website, dan dana yang Anda alokasikan sedikit, bahkan, Anda bisa menggunakan biaya tersebut untuk membayar seseorang mengerjakan konten situs web saja.

  3. Kemudahan dan Cepat

    Tidak mengerti mengenai pemrograman? tidak masalah! Jika anda merupakan seseorang yang belum pernah belajar mengenai pemrograman, CMS pilihan yang sangat tepat untuk Anda pelajari. CMS menawarkan banyak kemudahan dari proses instalasi sampai dengan proses perawatan dan pembaharuan konten. CMS juga akan sangat membantu jika Anda membutuhkan situs web dalam kondisi mendesak. Hanya dengan beberapa klik saja Anda sudah bisa menampilkan halaman website dan tinggal memasukkan konten-konten saja.

  4. Pemisahanan Konten Mudah

    Meskipun proses instalasi yang dilakukan sederhana, namun fiturnya lengkap. Bahkan, Anda bisa mengatur banyak hal melalui CMS pada halaman admin yang ada satu paket dengan instalasi CMS. Ingin menambahkan fitur lain? Sangat mungkin dan mudah dilakukan dengan menambahkannya melalui fitur instalasi plugin yang disediakan.

  5. Penambahan Fungsi

    Tidak hanya mengelola fitur-fitur tambahan, CMS juga bisa dibedah kode sumbernya dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan pemograman pasti akan suka dengan fitur custom kode sumber, karena bisa sangat fleksibel menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

    Perlu diperhatikan bahwa sebelum mengubah kode sumber asli dari template CMS Anda perlu memastikan sudah mempunyai data backup. Paling tidak melakukan proses penyuntingan hanya menggunakan data salinan saja.

  6. Dapat Menambahkan Banyak User

    Membangun usaha yang dikerjakan oleh beberapa orang pasti juga membutuhkan beberapa akun untuk mengelola situs web dan membuat konten. CMS memberikan kebebasan kepada Anda untuk menambahkan berapa saja jumlah user yang dibutuhkan.Tidak hanya satu hak akses yang disediakan, ada beberapa jenis hak akses dari masing – masing tipe.

  7. Memudahkan Saat Proses Maintenance

    Tidak bisa dihindari, perubahan besar-besaran pada situs web pasti akan terjadi. Tanpa menggunakan CMS, itu akan menjadi sangat susah dan penuh dengan resiko. Apalagi yang berhubungan dengan rbuan data dan merubahnya satu persatu. Saat Anda menggunakan CMS, hampir semua sruktur situs web sama dan terfokus pada satu bagian saja, sehingga jika ada pembaharuan situs tidak akan merusak situs yang saat ini ada.

Baca Juga : Ini Dia Pentingnya Website Sekolah untuk Kemajuan Sekolah

 

Bagaimana Cara Install Manual CMS Sekolahku?

 

Jika anda tertarik dengan cms Sekolahku, anda dapat menginstallnya dengan cara manual cms sekolahku ini ke dalam  website anda. Yuk, Ikuti langkah – langkah berikut ini :

 

  1. Anda dapat menginstall terlebih dahulu web server Apache, PHP, MySQL, dan phpmyadmin di komputer.
  2. Bagi pengguna OS Windows, untuk memudahkan silahkan download XAMPP atau bisa  download disini http://www.wampserver.com. XAMPP download disini https://www.apachefriends.org
  3. Buat folder dengan nama “cmssekolahku” dalam direktori xampp/htdocs, jika mengunakan XAMPP atau dalam direktori www jika menggunakan WAMP.
  4. Extract file cms-sekolahku-v2.x.x.zip kedalam folder “cmssekolahku”
  5. Buka phpMyAdmin di browser dengan mengetikan localhost/phpmyadmin
  6. Pilih menu “DATABASE” kemudian buat database dengan nama “db_cms_sekolahku”
  7. Jika point 5 sukses, database dengan nama “db_cms_sekolahku” akan muncul disamping kiri.
  8. Klik database tersebut dan pilih menu “IMPORT”, kemudian browse file dengan nama “db_cms_sekolahku.sql” yang saya sertakan dalam folder hasil download.
  9. Selesai.

 

Untuk mengecek apakah cms sekolahku sudah terinstall dengan benar, Silahkan buka browser dan ketikan URL : localhost/cmssekolahku. Untuk login ke halaman administrator, ketikan URL: localhost/cmssekolahku/login. Default username dan password yaitu “administrator”.

 

Bagaimana Cara Install Menggunakan Installer Sekolahku?

 

Jika anda tertarik dengan cms Sekolahku, anda dapat menginstallnya dengan menggunakan installer sekolahku ke dalam website anda. Yuk, Ikuti langkah – langkah berikut ini :

 

  1. Anda dapat menginstall web server Apache, PHP, MySQL, dan phpmyadmin di komputer. Bagi pengguna OS Windows, untuk memudahkan silahkan download XAMPP atau WAMP SERVER.
  2. WAMP SERVER download disini http://www.wampserver.com. XAMPP download disini https://www.apachefriends.org
  3. Buat folder dengan nama “cmssekolahku” dalam direktori xampp/htdocs, jika mengunakan XAMPP atau dalam direktori www jika menggunakan WAMP.
  4. Extract file cms-sekolahku-v2.x.x.zip kedalam folder “cmssekolahku”
  5. Buka phpMyAdmin di browser dengan mengetikan localhost/phpmyadmin
  6. Pilih menu “DATABASE” kemudian buat database dengan nama “db_cms_sekolahku”
  7. Buka Browser kemudian ketik “localhost/cmssekolahku/install”
  8. Ikuti sesuai petunjuk yang ditampilkan
  9. Selesai

Baca Juga :  Program EKABIMA – Website Sekolah Gratis IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Sekolah merupakan tempat pendidikan bangsa dimulai. Dimana pendidikan karakter, pengetahuan, serta kompetensi diajarkan disini. Tidak heran, banyak yang berlomba – lomba menyekolahkan anaknya ke sekolah unggulan.

Namun, sekolah unggulan sudah semestinya memiliki website yang menarik dan dapat diakses oleh semua orang. Selain menjadi promosi sekolah tersebut, para orang tua dapat mengetahui sistem belajar terupdate tentang pengajaran yang ada disekolah anaknya.

Siswa juga dapat mempersiapkan apa saja yang dapat ia pelajari sebaik mungkin. Namun, apa jadinya bila sekolah terpencil yang belum memiliki akses pendidikan yang bagus. Kini, dengan hadirnya CMS Sekolahku yang Gratis, dapat membuat website sekolah di Indonesia menjadi lebih update dan menarik. Semoga Bermanfaat.

Related Post :

popup image