Mengenal Apa Itu Corporate Social Responsibility (CSR), Manfaat dan Jenisnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Bagi mereka yang bekerja di perusahaan besar maupun kecil tentu tidak asing lagi dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility yang menjadi sebuah tools sebuah perusahaan terhadap masyarakat social disekelilingnya. Program ini biasanya banyak dilakukan untuk menambah citra image untuk kemajuan dan juga perkembangan perusahaan tersebut.

Dewasa ini cukup lumrah untuk sebuah usaha untuk mengembangkan rencana yang berfokus pada tanggung jawab social perusahaan (CSR) dan berkelanjutan. Tidakan CSR memasukkan kepedulian lingkungan dan social ke dalam bisnis perusahaan. program- program tersebut berpusat pada gagasan bahwa bisnis dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Paling tidaknya perusahaan berupaya mengurangi jejak negative mereka di dunia dan biasnya ide ini dayang dari para pemimpin perusahaan yang berniat dalam membantu secara social. Perusahaan yang memiliki program CSR yang kuat juga mendapat banyak manfaat dari hubungan masyarakat yang lebih baik, pelanggan dan pemangku kepentingan akan lebih bahagia dan tentu peningkatan kinerja keungan.

 

Apa Itu CSR (Corporate Social Responsibility)

 

Tanggung jawab social perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa perusahaan memiliki dan mempunyai berbagai tanjung jawab termasuk kepada semua yang berkepentingan seperti konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan juga lingkungan dalam segala aspek operasional yang melingkupi aspek ekonomi, social dan lingkungan.

Karenanya, CSR mempunyai hubungan yang erat dengan pembangungan berkelanjutan, yaitu suatu organisasi perusahaan dalam melakukan setiap aktivitasnya harus mendasarkan keputusan yang tidak semata hanya berdampak dalam segi ekonomi (keuntungan atau deviden) semata, namun juga harus menimbang dampak social dan lingkungan dari setiap keputusan yang diakibatkan dari keputasn tersebut baik efek jangka pendek maupun jangka panjang.

 

4 Jenis CSR Yang Bisa Dilakukan Oleh Perusahaan

 

Setelah menyadari betapa pentingnya upaya yang bertanggung jawab secara social bagi pelanggan, karyawan dan seluruh yang berkepentingan, banyak perusahaan yang telah focus pada beberapa kategori CSR yang bisa dikatakan cukup luas, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

 

  1. Upaya lingkungan

    Salah satu focus yang biasanya menjadi focus utama adalah tanggung awab perusahan terhadapa lingkungan sekitar mereka dan dunia umumnya. Sebuah usaha bisnis terlepas dari besar kecil ukurannya memiliki jejak karbon, setiap langkah yang mereka ambil untuk membantu mengurangi jejak tersebut dianggap baik untuk citra perusahaan dan masyarakat.

  2. Filantropi

    Salah satu cara sebuah bisnis dalam mempraktikkan dan menunjukkan tanggung jawab social mereka adalah dengan menyumbangkang uang, produk, atau layanan dengan tujuan social serta nirlaba. Perusahaan besar cenderung memilik banyak sumber data yang dapat menguntungkan badan amal dan program komunitas sekitarnya. Sebaiknya perusahaan diharapkan terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan organisasi- organisasi ini tentang kebutuhan khusus mereka sebelum perusahaan mengucurkan dana.

  3. Praktek kerja etis

    Perusahaan hendaknya selalu memperlakukan karyawan mereka dengan adil dan etis, dengan begini perusahaan akan dianggap telah menunjukkan tanggung jawab social mereka. Hal ini terutama akan sangat berlaku bagi bisnis yang beroperasi di lokasi internasional dengan undang- undang perburuhan yang berbeda dari negara masing- masing.

  4. Volunter atau sukarelawan

    Perusahaan dapat menunjukkan itikad baik mereka dengan menghadiri acara sukarela, melakukakan perbuatan baik tanpa mengharapkan imbalan disebaliknya. Ada baiknya juga perusahaan berbagi kepedulian mereka untuk masalah yang bersifat spesifik dan komitmen kepada organisasi tertentu.

Baca Juga : Mengenal Ekonomi Kreatif, Ciri- Ciri dan Perkembangannya di Indonesia

Manfaat- manfaat Program CSR

Setelah anda mengetahui pengertian dari CSR, selanjutnya berikut ini anda dapat mengetahui manfaat – manfaat program CSR.

 

1. Untuk lingkungan hidup

 

Masalah lingkungan hidup semakin penting bagi program CSR, perubahan iklim dan kemungkinannya membawa masalah tersendiri seperti perubahan cuaca yang ekstrim, kenaikan permukaan air laut, atau bencana yang menyebabkan pengungsian.

Oleh karena itu perusahaan yang mempunyai program CSR memahami betul betapa pentingnya bantuan mereka untuk melindungi orang, keanakeragaman hayati dan layanan ekosistem. Tidak jarang banyak perusahaan yang memasukkan masalah lingkungan hidup kedalam system manejemen interneal merak untuk mengurangi konsumsi sumber daya, menangani limbah dan penggunaan energi dengan lebih efisien.

Berikut beberapa contoh yang bisa diambil dai manfaat adanya CSR lingkungan hidup :

  • Menerapkan program untuk mengurangi penggunaan konsumsi kertas perusahaan.
  • Menggunakan system digitalisasi.
  • Mengembangkan rencana perjalanan bisnis untuk mempromosikan transportasi yang tidak berpolusi.
  • Meninjau rantai pasokan bisnis yang bertanggung jawab atas 90% pencemaran lingkungan.
  • Menggunakan produk ramah lingkungan yang dapat digunakan atau didaur ulang kembali
  • Menetapkan rencana untuk mengurangi konsumsi energi dan memakain energi yang terbarukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

 

2. CSR dan masalah- masalah social

 

Pada saat yang sama perusahaan juga tidak lepas dari bagaimana mempertimbangkan dalam membantu pengembangan masyarakat. Termasuk didalamnya adalah karyawan mereka dan orang- orang di sepanjang rantai nilai bisnis, manfaat adanya CSR bagi masalah social seperti contoh dibawah ini :

 

  • Menetapkan etika melawan korupsi dan memiliki system pemerintahan yang baik.
  • Mengebangkai rantai pasokan etis seperti tidak memperkejakan anak dibawah umur atau pemberian upah yang tidak lazim atau adil.
  • Meningkatkan kompensasi karyawan perusahaan melalui banyak program yang menguntungkan.
  • Mengintegrasikan CSR dalam strategi SDM.
  • Membuat program pencegahan dan kesehatan juga kesejahteraan di tempat kerja.
  • Mengizinkan karyawan berbagi cerita pribadi, berbagi keterampilan, pengetahuan dan waktu mereka secara bebas.
  • Meningkatkan ergonomic karyawan di temapt kerja.
  • Meningkatkan kesadaran konsumen tentang konsumsi yang bertanggng jawab.
  • Membantu dalam hal finansial dan membantu asosiasi social atau LSM.
  • Berpartisipasi dalam progrom inklusi di tingkat sekitar atau lokal.
  • Berpartipasi dalam program kemanusiaan.

Baca Juga : Panduan Cara Memilih Web Hosting Murah

Kesimpulan dan penutup

Sementara tujuan utama perusahaan adalah focus pada peningkatan dan laba, banyak juga kasus yang dianggap pentong bagi mereka (perusahaan) untuk tetap menjadi warga korporat yang baik. Karena adanya bukti yang mempunyai keterkaitan komitmen terhadap tanggng jawab social perusahaan ternyata dapat membawa dan memiliki efek positif pada keungang perusahaan.

Investor dapat membuat keputusan berdasarkan pada apakah perusahaan juga berbagi nila yang sama dan dapat mengevaluasi kesejateraan perusahaan secara keselurah dari hanya komitmennya pada program CSR. Jika Ana ingin meningkatkan tanggung jawab social perusahaan atau bisnis Anda dan juga bermaksud mengurangi jejak karbon, atau ingin berinvestasi di perusahaan yang mempunyai program CSR, maka pelajarilah terlebih dahulu profile dan program yang mereka masukkan dalam daftar CSR yang tentunya harus mempunyai banyak poin seperti keberlanjutan dan investasi yang bertanggung jawab.

Program CSR sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan tujuan, tidak hanya dalam kegiatan social saja karena cangkupannya luas dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Meskipun terkesan berat dan membutuhkan banyak dana anggaran, tetapi setiap perusahaan telah memiliki dana khusus dan pemerintah juga telah mengelurakan undang- undang menyangkut CSR.

Dengan sederhanya, setiap CSR yang dibuat adalah merupakan ajang dimana perusahaan mencari nama dan image yang baik di hati masyarakat supaya produk- produk mereka dikenal lebih luas lagi.

Related Post :

popup image