Mengenal Apa itu Inbound Marketing serta Manfaat, Tujuan dalam Bisnis?

Business, Marketing / 0 | | 0

Istilah Inbound Marketing dalam dunia bisnis pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Teknik Marketing menggunakan Inbound Marketing katanya dianggap lebih ampuh ketimbang model marketing Tradisional. Terutama pada tahun 2006, Inbound Marketing semakin populer di era yang serba digital. Sebelum adanya Inbound Marketing, penggunaan outbond marketing alias pemasaran tradisional membuat konsumen tidak nyaman.

Hal ini karena pemasaran tradisional menurut konsumen merupakan pemasaran yang monoton dan kaku, seperti iklan di tv, koran, dan majalah. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai Inboud Marketing, manfaat beserta tujuannya untuk bisnis anda. Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

Sejarah Inbound Marketing

Inbound Marketing pertama kali muncul pada tahun 2005 CEO dan co-founder HubSpot, Brian Halligan mengenalkan metodologi/konsep yang saat ini dikenal dengan nama Inbound Marketing. Inbound Marketing merupakan bagian dari Search Engine Optimization (SEO). Konsep ini mulai terkenal luas ketika tahun 2007 dan kemudian di tahun 2012 konsep ini benar-benar tumbuh.

Baca Juga : Mengenal Apa itu SEO (Search Engine Optimization) ?

Teknik Inbound Marketing kini sudah banyak digunakan oleh para digital marketing. Hal ini dikarenakan teknik inbound marketing ini merupakan teknik yang efektif dibanding teknik pemasaran tradisional. Terutama teknik inbound marketing juga banyak digunakan di platform lainnya yang bisa memaksimalkan tujuan dari suatu bisnis.

 

Apa itu Inbound Marketing ?

Inbound marketing adalah metodologi marketing yang bertujuan untuk membuat pengalaman bernilai yang mempunyai dampak positif dalam dunia bisnis. Agar tujuan itu tepat sasaran. ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah-langkah Inbound Marketing terbagi menjadi tiga tahap: menarik (attract), mengajak (engage), menyenangkan (delight).

Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Menarik (attract)
    Anda menarik calon customers ke website dan blog Anda dengan menggunakan konten yang menarik dan bermanfaat. Buatlah konten yang kreatif sehingga banyak costumer tertarik dengan website anda. Untuk bisa menarik customer tentunya juga bisa memilih channel yang sesuai baik itu online maupun offline. Konten yang menarik akan membuat mereka tertarik untuk mengunjungi bisnis Anda, sehingga disarankan untuk memberikan materi yang sesuai dengan sasaran Anda
  • Mengajak (engage)
    Mengajak mereka costumer untuk menggunakan aplikasi obrolan seperti email atau chat dengan keuntungan yang lebih bernilai. selain itu jika di social media, Anda apabila berhasil menarik mereka untuk memfollow akun Anda maka Anda perlu memberikan mereka konten-konten yang secara tidak langsung mengajak mereka untuk menyukai Anda, membicarakan produk Anda, dan termasuk mau membeli layanan / produk Anda.
  • Menyenangkan (delight)
    Anda memberikan pelayanan yang  menarik, seperti memberikan saran dan interaksi yang nyaman. Hal ini sangat penting dikarenakan terkadang banyak sekali yang lupa bahwa disaat customer sudah menjadi pelanggan, tapi lupa melakukan maintenance atau memberikan pelayanan maksimal agar customer bertahan maupun memperpanjang produk mereka di bisnis kita

Ketiga proses ini diharapkan mampu membuat customers bisa mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih bernilai dan mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi. Sebab customers yang bernilai juga akan menaikan nilai dari sebuah bisnis. Jadi, Intinya ketigatahapan ini merupakan tahapan-tahapan dalam penerapan Inbound Marketing yaitu : attract, engage, delight. Ketiga tahapan ini dipakai untuk membangun kepercayaan dengan costumer.

Baca Juga : Perbedaan Antara Marketing dengan Sales

 

Perbedaan Outbound dan Inbound Marketing

Pada outbound marketing atau pemasaran tradisional memiliki kelemahan yang sangat besar. Outbound marketing sering mengganggu aktivitas calon konsumen dengan iklan, email, bahkan telepon tanpa memperhatikan kenyamanan mereka. Teknik outbound marketing dilakukan dengan cara menjangkau calon konsumen keluar (outbound). Biasanya outbond marketing menggunakan media yang populer di antaranya yaitu iklan, surat, email, dan telepon.

Ada 3 kelemahan besar dalam outbound marketing, yaitu:

  • Kita biasanya selalu mengincar banyak konsumen, bahkan yang belum siap menjadi konsumen.
  • Beberapa orang yang merasa terganggu dengan proses outbond ini.
  • Menggunakan media pemasaran yang membutuhkan biaya yang sangat besar.

Teknik inbond marketing berlawanan dengan teknik pemasaran tradisional. Daripada menjangkau ke luar, teknik inbound justru memancing agar calon konsumen dengan senang hati menjadi pelanggan. Inbound marketing adalah strategi pemasaran modern, Artinya kita berupaya agar calon konsumen yang tertarik ingin mencari produk kita. Hal ini dilakukan dengan cara menyediakan konten kreatif yang mampu menarik perhatian dan mendorong mereka untuk menjadi kustomer.

Inbound marketing berfokus untuk menyediakan konten menarik dan berkualitas yang bermanfaat bagi calon konsumen. Ketika anda menyediakan konten yang menarik, calon konsumen akan tertarik atas manfaatnya. Proses ini terjadi secara alami tanpa mengganggu aktivitas. Akhirnya orang-orang ini memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk menjadi konsumen tetap.

Inbound marketing memanfaatkan teknologi di era digital karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan media dan teknik seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain. Belum lagi melihat kebiasaan konsumen masa kini yang memanfaatkan internet dan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Inilah penyebab inbound marketing. Pemasaran tradisional sudah ditinggalkan di era serba digital ini, Karena teknik inbound marketing lebih efektif, terukur, dan hemat biaya.

 

Aplikasi Inbound Marketing

Anda harus mulai membangun blog karena inti dari metodologi Inbound Marketing adalah blogging. Jika anda tidak menggunakan blog, Anda tidak dapat menerapkan metodologi ini dengan baik. Blog Anda bisa membuat perusahaan menjadi lebih menguntungkan.

Teknologi inbound marketing membuat kegiatan blogging menjadi lebih mudah. Untuk ide membuat konten yang menarik, Ada beberapa aplikasi yang mendukung penerapan Inbound Marketing, contohnya HubSpot dan aplikasi analisis Search Engine Optimization (SEO). Selain HubSpot aplikasi ada aplikasi Marketo dan Infusionsoft. Aplikasi-aplikasi ini akan membantu Anda mengembangkan blog dan pada akhirnya membuat perusahaan lebih berkembang dengan membuat konten yang menarik dan kreatif.

Baca Juga : 3 Fokus Utama Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Teknik inbound marketing membuat pemasaran produk lebih efektif dan efisien di era modern karena tidak mengganggu kenyamanan costumer, tetapi justru memberikan manfaat.

Inbound marketing ini menjadikan produk anda mudah dikenali dan menarik untuk ditemukan oleh orang lain. Dengan memanfaatkan teknik inbound, anda bisa membuat sebuah website menjadi mesin pemasaran yang luar biasa.

Begitu juga dengan aplikasi Inbound Marketing dapat mempermudah proses penerapan dan tentunya memaksimalkan potensi bisnis untuk berkembang.

 

Related Post :

popup image