Mengenal Apa itu Podcast dan Tips dan Tricks Membuatnya

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Pernahkah Anda mendengar istilah Podcast? Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Banyak orang yang mengira bahwa Podcast mirip dengan radio. Memang benar jika Podcast hampir mirip radio, akan tetapi keduanya berbeda lho. Selain itu, saat ini banyak orang yang ingin mengetahui tips dan trick membuat Podcast. Yang membuat keduanya hampir mirip yaitu keduanya berupa audio.

Kesamaan lainnya yaitu seperti ketika hendak mendengarkan radio, Anda harus memilih stasiun radio yang ingin Anda dengarkan. Di Podcast Anda juga harus memilih Podcast siapa dan di topik apa. Lalau bagaimana cara mendengarkannya? Anda bisa mendengarkan Podcast dari Android milik Anda, iPhone, tablet, dan sebagainya. Spotify dan juga iTunes juga menyediakan layanan untuk streaming Podcast mengenai berbagai macam topik dari sejumlah negara.

Pengertian Podcast yang Perlu Anda Ketahui Podcast merupakan sebuah rekaman audio dimana rekaman tersebut dapat didengarkan oleh banyak orang, berbagai kategori yang membahas sejumlah topik menarik dapat didengarkan. Podcast juga bisa dinikmati kapan pun dan dimana pun Anda sedang membutuhkannya. Selain bisa diakses lewat streaming, Podcast juga bisa diunduh serta disimpan.

Podcast ada sejak tahun 2005, akan tetapi baru mulai populer di kalangan masyarakat pada tahun 2007. Semenjak tahun 2007, Podcast sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat dan mulai banyak yang mendengarkannya. Istilah Podcast sendiri berasal dari istilah iPod dan juga Broadcasting.

Podcast menyediakan kategori topik dengan jumlah ribuan yang dapat Anda dengarkan seperti topik tentang bisnis, pendidikan, kesehatan, musik, teknologi, TV dan film, olahraga, dan sebagainya. Anda bisa mendengarkan topik yang menurut Anda menarik dan sedang Anda butuhkan.

Kelebihan Jika Mendengarkan Podcast Ada beberapa kelebihan mendengarkan Podcast karena di Podcast tersedia berbagai pilihan topik yang bisa Anda dengarkan. Anda dapat memilih dan mendengarkannya berdasarkan hobi atau minat Anda. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan Podcast lebih fleksibel karena Anda bisa mendengarkan Podcast berulangulang ketika Anda menginginkannya.

Pengertian dan Kepopuleran Podcast Podcast ada sejak tahun 2005, akan tetapi baru mulai populer di kalangan masyarakat pada tahun 2007. Semenjak tahun 2007, Podcast sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat dan mulai banyak yang mendengarkannya.

Istilah Podcast sendiri berasal dari istilah iPod dan juga Broadcasting. Podcast menyediakan kategori topik dengan jumlah ribuan yang dapat Anda dengarkan seperti topik tentang bisnis, pendidikan, kesehatan, music, teknologi, TV dan film, olahraga, dan sebagainya. Anda bisa mendengarkan topik yang menurut Anda menarik dan sedang Anda butuhkan. Lalu bagaimana sih cara membuat Podcast itu? Anda tidak perlu bingung dan khawatir tentang hal itu, karena sekarang membuat Podcast lebih mudah. Berikut ini Kami berikan tips dan tricks membuat Podcast.

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Konten Sosial Media yang Efektif

 

Tips dan Tricks Membuat Podcast

Membuat Podcast bukan hanya sekedar merekam lalu mempublikasikan. Ada tips dan tricks yang jika dilakukan bisa membantu Podcast lebih menarik. Berikut ini Kami berikan tips dan tricks membuat Podcast.

 

1. Tentukan Topik Podcast

 

Tips dan trick membuat Podcast yang pertama adalah menentukan topik Podcast. Ketika Anda ingin membuat Podcast, yang harus Anda lakukan yang pertama yaitu Anda harus menentukan topik Podcast yang ingin Anda buat. Anda bisa membuat Podcast yang dengan memilih topik yang Anda sukai. Misalnya Anda menentukan topik tentang olahraga, musik, pendidikan, dan sebagainya.

Nah, jika Anda bingung dalam menentukan topik yang ingin Anda pilih, Anda dapat membaca 3 pertanyaan ini agar bisa menentukan topik Podcast. Untuk siapa Podcast tersebut Anda buat? Dengan kata lain siapa sasaran yang akan mendengarkan Pondcast Anda? Jika sudah tahu jawabannya, lalu bayangkan serta cari tahu apa yang akan menjadi pertanyaan maupun masalah Mereka? Pertanyaan seperti itu bisa membantu Anda agar bisa menentukan topik Podcast yang akan Anda buat.

 

2. Menyiapkan Alat Tips dan trick 

 

Kedua, Anda harus menyiapkan alat untuk membuat Podcast. Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk merekam suara atau atau handphone biasa asalkan ada aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam suara Anda. Namun, karena yang akan mendengarkan di Podcast banyak orang, untuk itu Anda wajib mempertimbangkan kualitas audio yang akan Anda rekam. Agar kualitas audio tersebut baik, sebaiknya Anda gunakan alat seperti Tafware Mic, atau menggunakan microphone yang ada di laptop Anda.

 

3. Membuat Konten Podcast

 

Selanjutnya, Anda harus membuat konten Podcast. Anda dapat membuat naskah mengenai apa yang akan Anda katakan. Selain itu, susun bagaimana sound atau musik yang akan mengiringi untuk dijadikan transisi antar pembahasan. Urutkan konten tersebut dan juga perkirakan durasinya. Nah, kemudian Anda rekam apa yang akan Anda bahas. Usahakan ketika merekam, jangan ada suara lain yang mengganggu, Anda bisa dapat menggunakan ruangan khusus ketika akan merekam suara Anda.

Usahakan Anda menekan tombol Stop sekali agar audionya bisa terdengar lebih bagus. Ketika apa yang Anda katakan ada yang salah, lanjutkan saja untuk merekam karena Anda dapat menghapus bagian yang salah tersebut ketika proses editing.

 

4. Edit Rekaman Anda dengan Editing Software

 

Tips dan trick membuat Podcast yang keempat yaitu edit rekaman Anda dengan editing software. Untuk mengedit rekaman tersebut agar mampu menghasilkan rekaman yang memiliki kualitas baik.

Hal-hal yang perlu Anda edit antara lain menghapus bagian salah, jeda yang terlalu lama, menambahkan efek, mengkonversi format yang tadinya audio menjadi mp3, menambahkan meta tag misalnya album, nama artis, no track, dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan editing software untuk mengedit rekaman Anda.
Misalnya menggunakan audacity. Audacity merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengedit audio ataupun merekam audio dengan komputer. Anda dapat menggunakan software tersebut di Linux, Mac, maupun Windows secara gratis.

 

5. Membuat Cover Tips dan trik

 

membuat Podcast yang kelima yaitu membuat cover. Nah, Anda bisa membuat cover dengan aplikasi untuk mengolah gambar agar hasilnya lebih maksimal. Hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu ukurannya.

 

6. Mem-Publish

 

Yang terakhir, Anda harus mem publish audio yang telah Anda buat di Podcast Hosting. Setelah itu, agar Podcast Anda didengarkan oleh banyak orang, And bisa mempromosikannya melalui sosial media, email marketing, dan sebagainya.

Baca Juga : 5 Manfaat Luar Biasa Sosial Media Untuk Meningkatkan Penjualan Hingga 200%

 

Kesimpulan dan Penutup

Demikian pembahasan mengenai tips dan trick membuat Podcast yang bisa Anda coba. Mudah kan? Anda bisa mencoba membuat Podcast dengan tips dan trick yang sudah Kami jelaskan di atas. Kehadiran Podcast mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi banyak orang.

Selain itu, Anda juga dapat menambah pengetahuan Anda serta mampu belajar banyak topik yang telah disediakan di Podcast. Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang Anda agar lebih bermanfaat jika Anda mendengarkan Podcast.

Artikel ini diharapkan dapat membantu Anda yang mempunyai keinginan membuat Podcast dan merasa bingung harus bagaimana untuk memulainya.

Related Post :

popup image