Mengenal Apa itu Proxy Server : Defenisi, Manfaat, Keunggulan, Cara Kerja

Development & Security, Web Security / 1 | | 0

Pernahkah anda membayangkan keamanan data anda dalam mengakses internet? Banyak sekali kasus pencurian data yang memanfaatkan internet sebagai media untuk mengambil sebuah data. Apalagi anda menggunakan jaringan pada kantor anda. Untuk itu, kemungkinan kantor anda menggunakan proxy untuk mengakses internet.

Akses interner sendiri mempunyai beberapa proses yang tanpa kita sadari juga sangat penting untuk kita ketahui, salah satunya adalah melewati yang namanya proxy. Dalam artikel ini, akan membahas tentang proxy hingga kegunaanya dalam kehidupan sehari – hari.

Kira kira apa sih Proxy itu ? Yuk Simak selengkapnya artikel mengenai Proxy secara lengkap dari IDcloudhost.

 

Apa itu proxy?

 

Proxy server merupakan sebuah program komputer dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy server bertugas untuk menjembatani dan mengendalikan aktivitas dari lalu lintas paket data yang melewatinya. Dengan adanya proxy server, sehingga setiap aplikasi client maupun aplikasi server, seperti FTP, web server, web browser dan semacamnya bisa dimonitor dan juga dikendalikan oleh proxy server.

Pada enggunaan proxy server biasanya dirubah untuk membuat koneksi, terutama untuk koneksi pada jaringan internet menjadi lebih cepat dan juga lebih stabil. Jika dibandingkan dengan menggunakan koneksi internet biasa tanpa melakukan pengaturan pada proxy server.

 

Cara Kerja Proxy

Setelah anda memahami pengertian dari proxy, selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana prinsip cara kerja proxy server dan mengapa suatu proxy dibutuhkan. Pada pengertian proxy sebelumnya telah diketahui bahwa proxy sangat berperan penting sebagai penghubung komputer dengan internet, sehingga cara kerja program ini yaitu user akan menggunakan layanan pada server proxy kemudian akan melakukan permintaan data yang terdapat di internet (public server). Selanjutnya, proxy akan meneruskan permintaan tadi ke internet dengan membuat server seoulah olah memintanya.

 

Jika pengguna sudah mendapatkan permintaannya tadi maka proxy akan memberi respon kepada user dimana seolah ia yang menjadi public servernya. Singkatnya, di sini server proxy dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang atau perusahaan.

Baca Juga : Proxy Server IDCloudhost

 

Fungsi Proxy Server

Ada tiga fungsi utama proxy server yaitu:

  • Connection sharing
    Yaitu berfungsi sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Pada Gateway juga bertindak sebagai titik dalam sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Sehingga koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connecion sharing).
  • Filtering
    Berfungsi sebagai sebagai Firewalll (dinding api) paket filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Sehinggadapat dikonfigurasi untuk menolak situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu.
  • Caching
    Pada Proxy Server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah diminta dari server-server di internet. Untuk mekanisme caching akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan permintaan dari para pengguna yang diperoleh dari internet.

Baca Juga: Tutorial Cara Remote Server Denga Menggunakan SSH

 

Manfaat Menggunakan Proxy

 

Ada beberapa alasan mengapa banyak individual dan organisasi menggunakan proxy:

  • Mengontrol Penggunaan Internet
    Dengan menggunakan proxy, para orang tua akan lebih mudah mengontrol anaknya  ketika sedang menggunakan internet. Biasanya, pada perusahaan – perusahaan juga menggunakan proxy agar para karyawanya tidak membuka situs website yang dapat menganggu produktivitas karyawan. Selain itu, perusahaan juga bisa memonitor dan me-log semua permintaan web, sehingga meskipun mereka tidak mem-block website-websitenya, mereka tahu berapa banyak waktu  karyawannya yang menghabiskan waktu untuk membuka website ini.
  • Penyimpanan dan Kecepatan
    Manfaat lainnya dari proxy ialah Proxy bisa melakukan cache. Sehingga, saat Anda meminta data dari website yang pernah Anda kunjungi sebelumnya, Sehingga mereka hanya mengambil dari simpanan mereka saja. Hal ini akan membuat akses internet menjadi leboh cepat.
  • Privacy yang terjaga
    Perusahaan yang menggunakan proxy untuk browsing internet sebenarnya memiliki privacy yang lebih terjaga. Karena  beberapa proxy akan mengubah alamat IP dan data informasi pribadi lainnya. Hal Ini akan membuat server akan menerima alamat baru yang diakses lewat IP. Sehingga data anda aman dan tidak mudah untuk dicuri.

 

Jenis-Jenis Proxy Server

Ada empat jenis proxy server berdasarkan karakteristiknya berikut ini, yaitu:

1. Anonymous Proxy (Proksi Anonim)

Anonymous Proxy adalah jenis proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna, tapi hanya mengetahui IP proxy nya saja.

2. High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original. Biasanya Proxy ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan alamat IP menuju proxy server, sehingga pengguna melihat bahwa proxy server ini berperan sebagai klien.

3. Transparent Proxy (Proksi Transparan)

Transparent Proxy jenis proxy yang melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa memberikan informasi data diri komputer si pengguna. Pada umumnya proxy Transparent Proxy ini banyak dipakai pada komputer di perkantoran.

4. Reverse Proxy

Reverse Proxy adalah jenis proxy yang digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan data sensitif. Sehingga saat caching pada proxy jenis ini diaktifkan maka trafik jaringan akan menurun.

 

Kesimpulan dan Saran

Proxy merupakan layanan keamanan internet yang penting bagi perusahaan anda. Anda dapat memantau pekerjaan karyawan anda hanya dengan menggunakan proxy ini. Anda juga dapat memblokir situs website yang berpotensi akan mengganggu kinerja karyawan anda.

Terdapat banyak manfaat dari proxy yaitu Mengontrol Penggunaan Internet, Penyimpanan dan Kecepatan, Privacy yang terjaga dari manfaat inilah yang merupakan inti dari penggunaan proxy.

Sekarang anda telah mengetahui proxy, manfaat, dan cara kerjanya. Anda bisa memanfaatkan layanan ini tidak hanya dikantor saja. Bahkan dirumah pun untuk mengawasi adik atau anak anda, anda bisa mengaktifkan layanan proxy ini untuk memonitor keluarga anda.

 

Related Post :

popup image