Mengenal Apa Itu Slip Gaji : Contoh dan Cara Membuatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 1

Setiap pekerja tentu akan mendapatkan upah atas hasil kerja dan bantuan merekea yang disebut degnan gaji. Gaji diberikan oleh atasan kepada bawahannya yang telah bekerja kepadanya. Besaran gaji yang diperoleh karyawan dari perusahaan akan tertulis di slip gaji yang selalu dinantikan di setiap bulannya. Pentingnya slip gaji adalah menunjukkan keakuratan besaran angka gaji karyawan.

Slip gaji karyawan dari perusahaan berbentuk dokumen dalam selembar kertas dan di dalamnya tercantumnya perincian segala sesuatu mengenai pembayaran. Ini akan menjadi dokumentasi baik untuk pihak perusahaan atau lembaga sebagai pengeluar gaji maupun sebagai karyawan. Oleh sebab itu perusahaan selaku pihak yang membayar gaji harus memahami seluk beluk slip gaji dengan benar.

Pengetahuan mengenai slip gaji yang benar dan terperinci memang belum banyak diterapkan oleh perusahaan- perusahaan di Indonesia. Maka bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu slip gaji, kepentingan dan kegunaannya serta conto slip gaji yang benar, ikuti terus artikel ini untuk mencari tahu lebih lanjut.

 

Mengenal apa itu Slip Gaji

Slip gaji merupakan bentuk tanda bukti atas gaji atau pembayaran untuk seorang pekerja. Adapun pentingnya slip gaji adalah memberikan kejelasan berapa besar gaji yang diterima dari perusahaan atau tempat kerja. Gaji merupakan penghasilan yang diterima oleh seseorang yang terdiri atas komponen penambah dan komponen pengurang :

  • Komponen penambah adalah bentuk penghasilan yang bersifat tambahan. Di antaranya meliputi upah utama, tunjangan tetap, tunjangan kehadiran, upah lembur, dan THR serta bonus.
  • Komponen pengurang adalah bentuk penghasilan yang memberikan pengurangan atas gaji yang diterima pekerja. Di antaranya meliputi iuran BPJS, pinjaman karyawan, PPh 21, maupun denda atau pinalti.

Kedua komponen di atas secara langsung memberikan pengaruh pada jumlah nominal akhir penghasilan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan. Jadi karyawan akan melihat semua data dan hasil pembayaran akhir mereka pada slip gaji.

Baca Juga :     Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

 

Pentingnya Slip Gaji untuk Karyawan

Mengenal Apa Itu Slip Gaji : Contoh dan Cara Membuatnya
 

Zaman yang semakin canggih dan serba digital seperti saat ini, memudahkan cara pembayaran dari pihak perusahaan kepada para karyawan mereka. Tidak sedikit perusahaan yang mulai beralih menggunakan slip gaji online dari slip gaji kertas yang ditaruh di amplop “rahasia”. Pada intinya, perusahaan tetap mengutamakan pentingnya slip gaji tidak masalah apa pun metode pembayarannya.

Slip gaji memiliki beberapa peran penting di antaranya sebagai berikut ini :

  1. Slip gaji adalah bentuk bukti pembayaran resmi dan sah bagi karyawan

    Pentingnya slip gaji diberikan kepada karyawan adalah sebagai pemberitahuan bahwa pemenuhan hak atas pekerjaannya berupa upah telah tertunaikan. Di sana akan tertera tanggal upah dikeluarkan dan dibayarkan karena dokumen ini dibuat bersamaan dengan jadwal penggajian. Dengan adanya slip gaji ini manfaat terpenting adalah terhindar dari bentuk perselisihan atas pemenuhan hak upah tatkala ada komplain dari karyawan yang mengaku belum menerimanya.

  2. Slip gaji adalah bentuk bukti penghasilan dari karyawan

    Selain sebagai bukti pembayaran yang sah dan juga merupakan bukti penghasilan kerja karyawan. Slip gaji bisa digunakan untuk bermacam keperluan salah satunya untuk kredit. Maka sisi pentingnya slip gaji di sini adalah membantu kreditur dalam mengetahui kesanggupan membayarnya atau bahkan menentukan layak dipinjami atau tidak.
     

    Selain itu, dengan adanya slip gaji per bulannya, pekerjaan finance dan HR akan berkurang bebannya karena tak lagi memberikan pelayanan pembuatan surat keterangan seperti yang biasa diminta oleh karyawan.

  3. Slip gaji sebagai bentuk transparansi perhitungan gaji karyawan

    Setiap slip gaji yang dikeluarkan akan mencantumkan perhitungan penghasilan karyawan secara rinci. Pentingnya slip gaji yakni memberikan transparansi perhitungan tersebut termasuk di dalamnya potongan maupun tambahan yang diberikan.
     

    Dengan demikian setiap karyawan bisa mengetahui apakah gajinya lebih besar atau lebih kecil pada bulan itu dengan memeriksa slip gaji beserta rinciannya. Contohnya, rincian terkait upah lembur, bonus atau THR apakah jumlahnya sesuai dengan yang semestinya ataukah kurang, ini juga termasuk di dalamnya mengenai rincian potongan jika ada.

  4. Slip gaji mendukung perusahaan dalam sistem transparansi gaji

    Persoalan gaji pada perusahaan di Indonesia bersifat rahasia dan transparansi seakan masih begitu asing terdengar. Padahal seharusnya keterbukaan jauh lebih dibutuhkan sehingga tak lagi terkekang kode etik lama perusahaan. Pentingnya slip gaji di sini adalah perihal slip gaji yang tidak lagi menjadi dokumen rahasia perusahaan, melainkan informasi yang valid dan bisa diakses oleh semua karyawan.

Setelah mengetahui mengenai pentingnya slip gaji sebagaimana di atas, transparansi antara pihak perusahaan dengan karyawan salah satunya dibentuk dari adanya slip gaji. Sehingga kemungkinan kesalahpahaman di masa depan dapat dihindari.

Baca Juga :  Mengenal Apa itu PHK : Penjelasan, Faktor, Tujuan dan Dampaknya untuk Bisnis

 

Contoh dan kompmonen dari slip gaji di perusahaan

Mengenal Apa Itu Slip Gaji : Contoh dan Cara Membuatnya
 

Contoh slip gaji setiap perusahaan itu berbeda-beda tergantung format yang mereka gunakan. Adapun format slip gaji itu sendiri adalah dibentuk dari komponen-komponen yang kemudian dicantumkan ke dalamnya. Mengenai bagian- bagian (komponen) slip gaji itu antara lain :

  • Nama perusahaan

    Komponen awal yang membentuk dan harus ada pada slip gaji adalah namu perusahaan, instansi atau lembaga sebagai pihak yang mengeluarkan slip gaji tersebut. Ini akan menjadi poin atau cantuman keabsahan bahwa slip gaji tersebut memang dikeluarkan dari suatu perusahaan untuk para karyawan mereka.

  • Pernyataan kerahasiaan dokumen

    Kalimat yang selalu menyangkut kerahasiaan slip gaji biasanya adalah “private and confidential”. Pernyataan ini menunjukkan bahwa tidak semua orang diluar pihak yang terkait boleh mengetahui dokumen rahasia tersebut. Jadi slip gaji hanya memang dikeluarkan untuk orang yang bersangkutan saja.

  • Tanggal saat pembayaran dilakukan dan data karyawan

    Contoh slip gaji juga mencantumkan informasi berupa bagian tanggal pembayaran gaji kepada karyawan serta data karyawan yang meliputi nama, nomor pegawai dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

  • Keterangan besaran gaji dan rinciannya

    Satu lagi yang harus tercantum dalam contoh slip gaji perusahaan adalah jumlah besaran gaji karyawan, lengkap dengan rinciannya yakni tambahan maupun potongan yang dikenakan kepada karyawan.

Slip gaji tersebut akan dicetak setiap bulannya dan diberikannya kepada karyawan sebagai laporan tertulis. Namun ada juga perusahaan yang menggunakan slip gaji elektronik yang bisa di kirimkan ke akun emaing masing- masing karyawan.

Baca Juga :   Daftar Upah Minimum Regional (UMR) Seluruh Kota Dan Provinsi Di Indonesia

 

Cara Membuat Slip Gaji

Cara membuat slip gaji yang berisi catatan penghasilan bulanan karyawan adalah sangat mudah. Sebelumnya membuat slip gaji Anda harus tahu elemen di dalamnya yang antara lain : informasi perusahaan, data karyawan, rincian gaji (+potongan), dan tanggal dikeluarkannya. Anda juga dapat menggunakan format siap jadi yang bisa di modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Adapun caranya yang sangat mudah antara lain :

  • Menggunakan Microsoft Excel
  • Membuat table
  • Mengisi rincian table
  • Menggunakan rumus slip gaji
  • Menggunakan rumus PPh

Perhatikan detail komponen jangan sampai ada yang tertinggal dan terlewatkan. Input semua data dengan cermat dan sebaiknya gunakan format yang tidak terlalu rumit sehingga Anda bisa menyelesaikan semua slip gaji yang banyak dalam waktu yang singkat tetapi juga rinci.

 

Kesimpulan dan penutup

Pada intinya slip gaji merupakan keterangan mengenai imbalan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para karyawannya. Karyawan membutuhkan slip gaji tersebut untuk mendapatkan kejelasan berapa imbalan yang diterimanya ketika setelah berkeringat di perusahaan. Slip gaji diberikan oleh perusahaan untuk karyawan adalah bentuk penghargaan atas kontribusi yang telah disalurkan dalam mendukung visi misi perusahaan.

Slip gaji yang bisa digunakan karyawan untuk mendapat bantuan kredit adalah slip gaji yang jelas, sah dan terperinci. Itulah ulasan mengenai gaji dan seputarnya yang diharapkan dapat berguna bagi Anda dan para pembaca lainnya yang sedang mencari dan membutuhkan informasi mengenai gaji, slip gaji, contoh slip gaji, maupun cara membuat slip gaji yang mudah. Semoga bermanfaat!

Related Post :

popup image