Mengenal Apa itu Strategi E-Business

Business, Marketing / 0 | | 0

E-Business Merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang memiliki banyak cakupan hal dimana tidak hanya terfokus pada proses penjualan saja, melainkan juga pada proses produksi, distribusi, marketing, after sales, hingga proses pengembangan daripada produk tersebut. Hal ini mulai banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan menggunakan bantuan technology untuk membantu mempermudah proses kerja baik secara arus pertukaran informasi maupun arus pembayaran.

Baca Juga : Pentingnya Merancang Marketing Mix untuk Bisnis Online

Salah satu tujuan dari bisnis adalah memproduksi barang yang sesuai dengan permintaan market tanpa mengurangi kemungkinan nilai barang dan juga kegunaannya. Hal tersebut juga perlu ditunjang dengan adanya sistem marketing yang cukup matang sehingga mampu produk mampu bertahan dengan kompetitor lainnya. Tidak hanya itu, strategis bisnis juga perlu di jalannya beriringan untuk mendapatkan peluang menguasai blue market terlebih dahulu.

Sedangkan dalam E-Business tidak ada bedanya dengan bisnis pada umumnya, hanya saja yang membedakan hanyalah pada cara kerja yang menggunakan perangkat elektronik dalam segala bidang pengerjaannya. E-Business strategy sendiri dalam prakteknya selalu menganalisis mengenai 4P+3P, 5 Porter Forces, beserta analisis SWOT yang mana akan di analisis dengan beberapa tools tersebut untuk mencari kelemahan dan kekurangan apa saja yang akan menjadi penghalang kelancaran dari bisnis kita. Sedangkan secara garis besar mengelolah bisnis dengan menggunakan secara elektronik memberikan keuntungan besar dimana akan menekan kecurangan dalam proses pengadaan (e-procurement).

 

Baca  Juga : Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet

Berdasarkan tabel tersebut menunjukkan bahwa transaksi melalui media elektronik pada era 4.0 cukup memberikan kemudahan dalam mengontrol dan memberikan peluang dimana penyampaian informasi kepada konsumen akan berjalan dengan mudah tanpa harus bertatap muka secara langsung dan perusahaan juga dapat memangkas separuh dari biaya marketing. Selain itu beberapa perusahaan dagang besar mampu memoterisasi perdagangan secara besar dengan memanfaatkan beberapa platform terkenal untuk semakin mengenalkan produk yang dimiliki secara luas. Maka tidak heran jika perkembangan E-Business di negara-negara cukup mendapat perhatian pemerintah untuk kemudian mulai menerapkan adanya pajak terhadap E-Commerce yang mana dirasa akan sangat menambah keuntungan negara dalam menambah pendapatan.

Related Post :

popup image