Pentingnya Merancang Marketing Mix untuk Bisnis Online

Business, Marketing / 0 | | 0

Dalam merancang strategi pemasaran untuk pebisnis online, perlu memperhatikan beberapa poin terkait bagaimana memasarkan produk dengan baik dan benar. Salah satu tekniknya yaitu dengan konsep 4Ps bagi kamu yang menjual produk kamu secara online.

Baca Juga : Memahami Mengenai Pemasaran Digital

Secara sederhana marketing mix yang salah satu bagiannya 4 Ps adalah variable-variabel yang dapat dikendalikan, dengan tujuan untuk mencapai target dari pemasaran. Untuk konteks 4 Ps tidak terlepas dari tipe bisnisnya yang biasanya lebih ke penjualan produk.

Untuk penjelasan lebih lengkap bisa simak :

  1. Produk, Internet memungkinkan bisnis untuk menjual berbagai produk, dari yang bergerak cepat barang-barang konsumen dan produk digital seperti software, untuk layanan seperti konsultasi. Sehingga untuk produk sendiri tergantung dengan business model yang buat dan produk apa yang ditawarkan kepada customer. Produk sendiri terbagi dua yaitu produk nyata bisadilihat dan produk tidak nyata atau jasa hanyabisa di rasakan tapi tidak bisa di lihat. Dalam hal produk perlu di perhatikan kualitas, layanan, dll karena konsumen ketika membeli bukan hanya sekedar ingin tapi juga membutuhkan dan harus kita perhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.
  2. Price, Nilai adalah kombinasi dari layanan, manfaat yang dirasakan dan harga, di mana pelanggan mungkin bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk pengalaman yang lebih baik, atau jika mereka merasa mereka mendapatkan sesuatu yang lebih dari sekedar produk. Biasanya dengan price biasanya menciptakan persaingannya tersendiri, dan ini menjadikan kita harus memikirkan juga beberapa hal terkait value yang diberikan dengan price yang ditawarkan.
  3. Placement (or distribution), Hal paling menarik dari Online adalah terkadang tidak memerlukan tempat fiisik sebagai suatu wadah untuk berjualan, oleh karena itu pemasaran digital sangat berkaitan erat dengan beberapa hal terkait tempat, karena tugas utama dari digital marketing yang tidak punya tempat adalah meningkatkan kepercayaan customer dengan penawaran yang diberikan sehingga menimbulkan awareness dan interest dari customernya.
  4. Promotion. Internet, sebagai media informasi dan hiburan, secara alami cocok untuk mempromosikan produk. Hal yang paling manarik dari promosi secara online adalah dengan banyaknya sistem kolaborasi yang bisa dimanfaatkan atau digunakan untuk memaksimalkan promosi dalam mencapai target yang ingin dicapai, misalnya saja Facebook yang sudah ada FB Ads, Google Adwords di hasil pencarian Google dan lainnya.

 

Related Post :

popup image