Mengenal Apa itu Teknik 4P – 7P Pada Marketing Mix

Business, Marketing / 2 | | 0

Sebelumnya kita membahas tentang pengertian Marketing Mix (Baca : Mengenal Pengertian Apa itu Marketing Mix). Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Teknik 4P – 7P pada Marketing Mix. Dikutip dari artikel yang sebelumnya kita bahas, sebenarnya teknik ini awalnya hanya 4P namun sekarang dikembangkan menjadi 7P.

Apakah teknik 4P- 7P itu ? Berikut Pembahasannya :

  1. Product (Produk)
    Menurut Teori produk adalah semua bentuk yang ditawarkan ke pasar untuk di konsumsi atau digunakan oleh konsumen sehingga memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bentuk kebutuhan atau keinginan itu dapat berupa bentuk Fisik ataupun jasa. Adapun pengertian produk yang lain adalah suatu yang di produksi perusahaan yang akan di distribusikan. Kualitas suatu produk haruslah sangat bagus supaya produk tersebut dapat bersaing dipasaran.
  2. Price (Harga)
    Harga yang dimaksud disini adalah jumlah uang yang harus di berikan customer kepada perusahaan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Pada poin ini perusahaan kalian harus berfikir bagaimana cara agar perusahaan kalian dapat membuat customer merasa uang yang mereka berikan itu sebanding dengan produk yang dia dapatkan atau dalam istilah bahasa inggris yaitu Worth It
  3. Place (Saluran Distribusi)
    Berhasil atau tidaknya suatu strategi marketing ditentukan juga oleh saluran distribusi(place). Di dalam marketing mix saluran distribusi menempati posisi krusial. Saluran distribusi sendiri yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat jasa atau produk nya mudah di peroleh oleh customer. Perusahaan haruslah memperhatikan kemudahan akses dan ketersediaan produk pada outlet, karna tujuan dari distribusi sendiri ialah menyediakan produk dan jasa untuk konsumen pada tempat dan waktu yang tepat.
  4. Promotion (Promosi)
    Promosi adala sebuah upaya membujuk untuk mengajak konsumen untuk menggunakan produk atau pun jasa yang di tawarkan oleh perusahaan.
  5. People (SDM)
    Maju tidaknya suatu perusahaan tergantung pada sumber daya manusia yang ada. Faktor ini yang menyebabkan perusahaan mencari kandidat pegawai yang terbaik, bahkan suatu perusahaan berani membayar lebih untuk membayar ahli pencari kandidat untuk suatu perusahaan.
  6. Process (Proses)
    Adapun proses yang dimaksud disini adalah suatu urutan pelaksanaan yang saling terkait kemudian mengubah masukan menjadi keluaran. Dalam proses hal yang harus kalian perhatikan adalah kesabaran, ketelitian, dan kontinuitas dalam mengelola atau mengembangkan bisnis kalian.
  7. Packaging (Kemasan)
    Pada poin ini yang berpengaruh untuk menarik konsumen. Kemasan yang untuk sebuah produk harus dibuat se-kreatif dan se-inovatif mungkin, karna hal ini sangat berguna untuk memanjakan mata para konsumen. Dengan kemasan yang unik maka konsumen pun akan tertarik.

Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat guyss

Related Post :