Mengenal Apa itu Web Server, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Cara Kerjanya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Jika mengenal webserver, di era yang sudah semakin modern ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama yang selalu dibutuhkan bagi setiap orang. Setiap dari pengguna internet tersebut biasanya pasti menggunakan browser ketika menjelajahi internet.

Lalu apa sih hubungannya dengan mengenal webserver? Secara singkatnya, browser yang biasa digunakan tersebut memiliki peran sebagai klien yang akan mengirimkan beragam permintaan dari browser kepada webserver. Namun, sebenarnya apasih yang dimaksud dengan web server itu sendiri?

Untuk Anda yang merupakan pebisnis yang melakukan bisnis secara online makan pastinya harus bisa memahami beragam hal penting yang ada didunia internet termasuk mengenal web server . Nah kali ini Kita akan membahas apa yang dimaksud dengan web server, fungsi, jenis-jenis serta cara kerja dari web server. Yuk langsung saja simak berikut ringkasannya dibawah ini!

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet

 

Pengertian Apa itu Web Server

Jika membahas mengenai mengenal web server tentunya sangat berkaitan dengan peran CERN yaitu Organisasi Riset Nuklir Eropa yang sudah berhasil dalam mengembangkan suatu protokol yang bermanfaat untuk keperluan tukar informasi diantara para peneliti melalui jaringan komputer.

Mengenal web server merupakan suatu perangkat lunak atau software yang ada dalam server memiliki fungsi untuk menerima halaman web sebagai permintaan melalui protokol HTTPS/ HTTP atau yang biasa dikenal dengan nama browser. Setelah itu harus mengirimkan kembali hasil dari permintaan atau respon tersebut menjadi dokumen HTML.

Secara umum mengenal web server sebagai pemberi data pada web klien atau browser diantaranya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan lain sebagainya. Proses pemberian data tersebut berguna nantinya agar dapat menampilkan konten pada halaman website tertentu.

Bisa dikatakan pada saat Anda melakukan pencarian di kolom search engine maka yang akan di lakukan web browser adalah melakukan permintaan data kepada web server. Tanpa adanya web server permintaan tersebut tidak akan bisa diproses.

 

Apa Saja Fungsi Utama dari Web Server?

Jika berbicara mengenai fungsi utama dari web server seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa web server memiliki peran dalam memproses berbagai data yang diminta oleh web browser kemudian akan diberikan hasil atau jawaban berupa dokumen, video, foto, atau beragam bentuk file lainnya.

Mengenal webserver bisa berfungsi sebagai hardware dan software, yaitu apabila sebagai hardware maka webserver akan berperan dalam penyimpanan data dalam beragam bentuk diantaranya seperti JavaScript, CSS, HTML, gambar, dokumen, foto, dan video. Lain hal nya apabila webserver berfungsi sebagai software maka akan berperan dalam mengatur dan juga memproses segala aktivitas permintaan yang diterima dan dibaca pada halaman browser.

Disamping itu, mengenal webserverjuga memiliki beberapa fungsi lainnya loh, diantaranya seperti :

  1. Dapat membersihkan berbagai cache yang terdapat pada penyimpanan serta semua modul yang tidak terpakai lagi.
  2. Dapat melakukan pemeriksaan terhadap sistem keamanan yang berasal dari permintaan HTTP berdasarkan kiriman dari browser.
  3. Menyediakan data berdasarkan permintaan yang masuk agar dapat menjamin sistem keamanan berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Apa Perbedaan http dan https ?

 

Jenis-jenis Web Server

Setelah mengetahui Mengenal Web Server dimulai dari pengertian web server serta fungsi apa saja yang dapat dilakukan oleh web server kini Kita bisa membahas mengenai apa saja jenis dari web server yang paling umum digunakan oleh masyarakat.

  1. Web Server Apache

    Web server yang paling banyak digunakan di internet ialah salah satunya yaitu Apache. Pada awalnya Apache didesain dengan guna mendukung sistem operasi UNIX. Perlu diketahui bawah apache memiliki beberapa dukungan diantaranya seperti PHP, SSL dan juga kontrol akses.
     
    Kontrol akses dari nama host dan nomor IP digunakan oleh apache sebagai module perl (Practical Extraction and Report Language). Nah apabila data PHP yang muncul akan berperan dalam menyiapkan data menjadi teks pada halaman web. PHP atau yang biasa dikenal dengan Pesonal Home Page ialah salah satu program yang mirip dengan CGI yaitu berfungsi dalam memproses teks serta bekerja untuk web server.
     
    Apache dikenal sangat aman dan nyaman untuk digunakan karena memiliki beberapa keuntungan seperti proses instalasi sangat mudah ketika masuk kedalam freeware, sistem konfigurasi pada apache juga lebih mudah, lebih mudah dalam cara pengaturan, mampu bekerja dalam berbagai sistem operasi atau open source, dan tidak terbatas dalam komunitas sehingga sangat luas.

  2. Web Server Nginx

    Salah satu pesaing yang unggul jikan dibandingkan dengan apache yaitu Nginx karena dikenal mampu melayani segala macam permintaan mulai dari data tinggi dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang sangat sibuk. Secara mudahnya, Nginx memang lebih unggul, kecepatan, dan lebih mudah dalam hal performa sistem kerjanya.
     
    Dengan demikian Nginx memiliki kelebihan lainnya seperti fitur yang lengkap yaitu URL rewriting, virtual host, file serving, reverse proxying serta acccess control dan masih banyak lagi lainnya.

  3. Web Server Lighttpd

    Programmer dari jerman telah menciptakan sistem web open source sebagai salah satu web server guna mendukung sistem Linux dan Unix. Jika dilihan dari segi keunggulannya, web server yang satu ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu sesuai dengan beberapa fitur tambahan yang tersedia seperti FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing, sistem loading pada CPU jika menggunakan web server ini akan lebih cepat dan efektif.

  4. Web Server IIS

    IIS atau lebih dikenal dengan Internet Information Services merupakan salah satu web server yang biasanya bekerja dengan menggunakan beberapa jenis protokol yaitu seperti DNS, IP/TCIP atau beragam software lainnya yang berguna untuk merangkai situs.

 

Cara Kerja dari Layanan Web Server

Secara sederhana tugas web server ialah menerima permintaan yang berasal dari klien kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk berkas kepada si klien tersebut. Perangkat lunak pada web server terdapat di komputer server dimana merupakan tempat menyimpan data-data website. Disamping itu, komputer server membutuhkan akses internet agar tetap terhubung sehingga dapat diakses oleh klien.

Cara Kerja Web Server

 

Ketika klien atau browser melakukan permintaan data kepada web server maka permintaan data tersebut akan dikemas pada TCP kemudian akan dikirimkan ke alamat yang dibutuhkan yaitu HTTP atau HTTPS untuk ditampilkan kembali pada browser. Lain hal nya jika data yang diminta tersebut tidak dapat ditemukan pada web server maka secara otomatis web server akan menolak adanya permintaan tersebut dengan menampilkan notifikasi Page Not Found atau Error 404.

Layanan Dedicated Server IDCloudhost

 

Penutup

Nah itu tadi ulasan mengenal web server yang Kita sajikan untuk Anda, dimulai dari pengertian, jenis-jenis dari web server hingga bagaimana cara kerja dari web server itu sendiri. Web server memang dikenal sangat berperan penting dalam mengendalikan proses kerja dari website, karena tanpa adanya web server maka Kita tidak bisa melakukan permintaan data apapun pada suatu halaman browser.

Bagaimana? Sudah paham bukan? Jangan lupa bagikan pengetahuan Anda ini keteman yang lainnya juga ya.

Related Post :

popup image