Mengenal Apa Itu Zoho Mail : Keunggulan, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Setiap bisnis tentunya memerlukan platform online terlebih lagi di saat serba canggih dan penggunaan internet yang semakin menyebar. Hampir semua bisnis dengan skala terkecil sekalipun mulai beralih ke digitalisasi usaha mereka untuk menjual produk dan meraih pelanggan serta membangung branding dengan lebih luas lagi.

Maka dari itu setiap usaha atau bisnis tersebut pasti memerlukan akun di semua platform online tersebut tidak terkecuali untuk memiliki akun email sebagai dasar untuk mulai melakukan ekspansi digital. Memiliki akun email dapat membantu dan membuat suatu brand lebih terlihat profesional dan serius di mata pelanggan mereka.

Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat email bagi perusahaan Anda, salah satunya adalah Zoho Mail. Sebagai salah satu platform penyedia email selain Google atau Yahoo, Zoho Mail datang menawarkan banyak fitur- fitur yang dapat Anda nikmati baik secara pribadi maupun sebagai email usaha dan brand Anda. Zoho Mail mempunyai banyak kelebihan salah satunya adalah penggunanya dapat menggunakan email domain mereka sendiri dengan menggunakan provider dari Zoho.

 

Apa itu Zoho Mail?

Zoho Mail adalah salah satu platform penyedia email yang lebih khusus ditargetkan bagi mereka yang mempunyai bisnis dan para pengguna profesional di bidangnya. Mengingat target penggunanya, maka platform yang satu ini membebaskan para penggunanya dari ads atau iklan dan lebih memilih menggunakan antarmuka atau interface yang lebih bersih dengan design minimalis namun mempunyai fitur- fitur yang menarik serta berguna.

Pengguna Zoho Mail akan dapat menikmati webmail dengan fitur- fitur powerful jika dibandingkan dengan  email clients yang lain. Zoho memberikan kontrol penuh bagi para penggunanya untuk mengatur inbox mereka. Disamping menawarkan email, Zoho juga mempunyai fitur- fitur seperti Zoho Docs, Zoho Connect, Zoho Chat, Zoho Writer, Zoho Show, Zoho Sheet, Zoho Docs, Zoho Sites and Zoho ShowTime.

Salah satu fitur yang juga palin menarik pengguna adalah Zoho Docs seperti layaknya Google Docs. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat, berkolaborasi, melakukan penyuntingan atau edit dokumen bersama, membuat presentasi, membuka dokumen excel hanya dengan online editor. Tidak mengherankan jika fitur yang lengkap ini menjadi pilihan banyak penggunanya.

 

Keunggulan dan Fungsi Zoho Mail

Mengenal Apa Itu Zoho Mail : Keunggulan, Fungsi dan Cara Menggunakannya | IDCLoudHost
 

 

Sebagai penyedia email yang mengkhususkan diri dalam membantu pemilik bisnis dan pekerja profesional, Zoho Mail datang membawa berbagai macam opsi dan fitur manajemen domain untuk para perusahaan. Zoho Mail dapat membantu Anda untuk mendaftarkan domain baru, menangani beberapa domain disaat yang bersamaan dan turut membantu mengaktifkan hosting email bagi penggunanya yang sudah memiliki domain sebelumnya.

Zoho Mail juga menawarkan dan mempunyai control panel admin yang sangat membantu. Datang dengan antarmuka atau interface yang bersih dan sederhana, pengguna dapat mengelola domain dan tim pekerja mereka fitur lain yang sama kuatnya dengan fitur- fitur yang ditawarkan lainnya.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting [Lengkap]

 

Beberapa fitur yang menarik adalah fitur yang dapat memblokir email yang mengganggu atau yang tidak diinginkan dengan cukup memasukkan IP address, konten subyek tertentu dan domain seluruh organisasi yang mengganggu. Anda juga bisa mengatur email masuk dan email keluar dari pengguna korporat lain serta mengatasi email atau daftar spam. Semua pengaturan ini memungkinkan untuk dilakukan dari admin atau pengguna Zoho Mail.

Selain itu migrasi Zoho Mail juga sangat praktis dan mudah, Anda dapat menggunakan Support Zoho Mail untuk membantu dan memandu Anda atau juga dapat mengunduh dan menggunakan dan alat migrasi mandiri. Dengan server yang terjamin di pusat data, Zoho Mail juga menggunakan enkripsi 256 bit SSL tersendiri yang mempunyai keamanan infrastruktur dan penerapan penggunaan software terbaik untuk semua pelanggannya.

 

Fitur- fitur Zoho Mail

Mengenal Apa Itu Zoho Mail : Keunggulan, Fungsi dan Cara Menggunakannya | IDCLoudHost
 

 

Berikut beberapa fitur- fitur Zoho Mail yang berbeda serta menjadi keunggulan dan daya tariknya seperti di bawah ini :

  1. Inbox yang tertata dan terorganisir

    Webmail Zono ini tidak menampilkan iklan atau ads bahkan untuk penggunanya yang memakai paket gratis mereka sekalipun. Pengguna juga dapat mengatur dan menata inbox mereka dengan membuat kategori- kategori yang mereka inginkan melalui folder, label serta flag dan dapat di filter. Zoho Mail mendukung adanya struktur folder multi-level yang tidak dapat ditemukan pada interface webmail lain.
     
    Fitur unik memungkinkan penggunanya dalam mengatur email secara struktural dan sistematis yang membuat navigasi inbox lebih mudah. Email masuk tersebut juga dapat dikelola secara otomatis serta melakukan filter pada tiap folder. Anda juga bisa melabeli email Anda dengan keinginan Anda serta melakukan import filters dari sumber yang lain. Apabila thread email Anda masuk dan berlanjut maka Anda dapat melihat tampilan percakapan tersebut yang membuat Anda dapat melacak thread tertentu jika diperlukan.

    Baca Juga : Mengenal Apa Itu Dropbox: Keunggulan, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

  2. Integrasi CRM

    CRM atau Costumer Relationship Management adalah salah satu poin yang diperlukan tiap email marketing yang berguna dalam mencari leads, menjadikannya prospek kostumer dan nantinya menjadi kostumer tetap. Ini membuat perusahaan membutuhkan email marketing sebagai sarana komunikasi yang mencakup banyak kostumer dalam sekali waktu.
     
    Mewadahi ini, Zoho Mail membantu Anda dalam mengatur database CRM tersebut dengan menyimpan data kostumer dan meninggalkan reminder atau pengingat untuk menghubungi kostumer tersebut dalam waktu yang Anda tentukan. Adanya integrasi CRM ini membuat banyak perusahaan tentunya merasa terbantu.

  3. Scrub sebagai pembersih inbox

    Sebagai perusahaan yang mempunyai email, tentunya inbox akan dipenuhi berbagai macam email dengan macam tujuan pula. Terkadang admin lupa membersihkan inbox yang mulai penuh oleh email yang tidak relevan lagi dan spam. Untuk menghindari cara menghapus email manual yang menyita banyak waktu, pengguna Zoho Mail dapat menggunakan fitur scrub yang lebih praktis.

  4. Smart compose

    Maraknya social media yang ada saat ini membuat Zoho juga turut membuat fitur yang mirip untuk mempermudah para penggunanya dalam pengiriman email. Smart compose ini cukup efisien, cukup hanya dengan menyusun isi email, menekan @ layaknya melakukan tag dan kemudian memasukkan nama penerima, email Anda akan terkirim langsung secara otomatis pada bagian alamat email teratas.

  5. Bookmark 

    Lebih seringnya kita melihat fitur ini pada browser saha, tapi Zoho Mail juga turut menyediakan bookmark bagi para penggunanya untuk dapat menemukan dan mengunjungi website kesukaan mereka tanpa harus mengetik dan mencarinya lagi di browser.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Trello Untuk Kolaborasi Kerja dan Cara Menggunakannya

 

Cara menggunakan dan daftar Zoho Mail

Mengenal Apa Itu Zoho Mail : Keunggulan, Fungsi dan Cara Menggunakannya | IDCLoudHost
 

Selain lebih condong bagi para pengguna korporat dan profesional, Anda juga dapat membuat akun personal sendiri di Zoho Mail dengan langkah- langkah sebagai berikut :

  1. Klik Sign-up Zoho Mail
  2. Klik pilihan Personal Email
  3. Masukkan username yang diinginkan
  4. Masukkan password yang kuat dan tidak mudah dideteksi
  5. Ketik nama depan dan belakang Anda
  6. Masukkan nomor seluler yang aktif untuk melakukan proses verifikasi
  7. Centang Terms of Service dan Privacy Policy
  8. Klik Sign up for Free
  9. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS
  10. Lalu klik Verify Code sebagai langkah terakhir

Baca Juga : Mengenal Apa Itu One-Time Password (Kode OTP) Dan Tips Melindunginya

 

Kesimpulan dan penutup

Bisnis dan profesional yang mencari platform email yang bebas iklan dengan tampilan minimalis tapi juga mempunyai fitur serta opsi yang lengkap dan kompleks dapat mencoba Zoho Mail. Dari pembahasan di atas, penyedia pembuatan email ini sangat menjanjikan pengalaman penggunaan yang cepat dan bersih.

Ditambah lagi Zoho Mail mempunyai fitur yang tidak akan Anda temukan di email clients yang lainnya baik yang berbayar maupun gratis. Pengguna tidak perlu lagi harus berurusan dengan peningkatan atau update perangkat lunak (software ) dan pengguna cukup hanya menikmati kontrol inbox atau kotak masuk mereka serta fitur lainnya.

Pekerjaan dan bisnis akan terbantu dan akan mengalami produktivitas yang lebih baik dengan Zoho Mail suite yang juga mencakup Zoho Documents. Alat dan fitur ini memungkinkan semua pembuatan kolaborasi dan pengeditan presentasi serta spreadsheet bisnis Anda dan tim lebih mudah juga praktis. Selamat mencoba.

Related Post :