Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting [Lengkap]

Serba Serbi, Technology / 16 | | 0

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengeluarkan deklarasi yang mengatakan dengan resmi bahwa Coronavirus adalah pandemi global, maka banyak dari negara dengan penderita pandemi ini telah mengambil tindakan demi menyelamatkan warga negaranya. Kota- kota ditutup, sekolah, perkantoran dan semua kegiatan juga tempat umum telah ditutup untuk mencegah pandemi ini berkembang lebih lanjut.

Oleh karena itu kegiatan ekonomi juga menerima dampaknya yang paling besar yaitu dengan tutupnya pusat perbelanjaan dan pasar. Para pekerja dilarang untuk melakukan aktivitas di kantor dan ini membuat adanya istilah work from home atau WFH massal yang dilakukan hampir di semua negara yang terinfeksi pandemi.

Untuk memfasilitasi kemudahan work from home, Anda dapat menggunakan aplikasi perangkat lunak konferensi video yang ada, salah satunya adah Zoom. Aplikasi ini membuat telecommuting jarak jauh lebih praktis, efisien dan disertai banyak fitur- fitur yang membuat pertemuan online lebih nyaman. Dengan COVID-19 yang berhasil melumpuhkan hampir seluruh dunia, aplikasi Zoom telah menjadi alat komunikasi bagi mereka yang bekerja dari rumah untuk tetap berhubungan dan melanjutkan alur kerja harian dengan gangguan minimal.

Saat ini, setelah ditetapkannya virus corona sebagai pandemi dunia, anda dianjurkan untuk melakukan social distancing. Selain itu, Work From Home (WFH) merupakan anjuran dari pemerintah demi meminimalisir kontak antar masyarakat. Zoom merupakan sebuah aplikasi yang dapat melakukan konferensi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler.  Aplikasi ini banyak digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh.

Selain itu untuk dunia pendidikan, mulai dari sekolah hingga kampus diliburkan. Lalu pembelajarannya diganti dengan melakukan pembelajaran e-learning. Kehadiran aplikasi Zoom ini akan membantu mempermudah hubungan jarak jauh. Anda bisa mendownload aplikasi Zoom melalui Playstore atau langsung dari windows seperti langkah – langkah berikut ini.

 

Mengenal Apa itu Zoom Meetings?

 

Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya.

Aplikasi Zoom ini dinilai punya kualitas yang mumpuni. Buktinya, setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah menggunakan layanan tersebut. Bapak presiden RI Joko Widodo dan jajarannya dikabarkan juga menggunakan aplikasi tersebut untuk rapat online dengan anggota kabinet.

Ketika orang berbicara tentang Zoom, Anda biasanya akan mendengar frasa berikut: Zoom Meeting (rapat Zoom) dan Zoom Room (ruang Zoom).  Zoom Zoom adalah istilah yang mengacu pada rapat konferensi video yang dihosting menggunakan Zoom. Anda dapat bergabung dengan rapat- rapat yang mengundang Anda melalui webcam atau smartphone secara online.

Sementara itu ruang Zoom sendiri merupakan pengaturan perangkat keras fisik yang memungkinkan perusahaan untuk menjadwalkan dan meluncurkan rapat Zoom dari ruang konferensi mereka. Anda juga dapat memakai aplikasi ini untuk skala kecil, tetapi jika Anda mempunyai perusahaan yang besar, tidak ada salahnya untuk membeli layanan premium aplikasi Zoom agar lebih mewadahi pekerjaan Anda lebih mudah.

Dalam tahun ini saja jumlah pengguna aplikasi Zoom telah mengalami perkembangan pesat dengan merebaknya pandemi COVID-19. Diperkirakan, perusahan yang memimpin dalam konferensi rapat online ini, mendapatkan lonjakan pengguna aktif sebanyak 2,22 juta per bulan sejauh Maret 2020. Sebuah angka kenaikan yang tinggi jika di bandingkan dengan pengguna aktif 2019 yang berjumlah 1,99 juta pengguna.

 

Harga berlangganan Zoom premium

Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost
 

Zoom memberikan kemudahan bebas biaya atau gratis bagi penggunannya yang mendownload aplikasi ini melalui laptop. Namu bagi pengguna yang ingin melakukan pengelolaan secara lebih besar dan advance harus melakukan registrasi lebih dulu. Terlebih lagi jika Anda ingin melakukan konferensi online dengan lebih dari 1000 orang disaat yang bersamaan, Anda dapat mencoba menggunakan paket Enterprise Plus dengan harga mulai dari $19,99 per bulan.

Sedangkan bagi penggunanya dalam jumlah konferensi kecil, Zoom juga mempunyai paket gratis tapi tentunya paket ini mempunyai keterbatasan tersendiri seperti partisipan yang dibatasi hanya dengan 100 orang dalam satu konferensi, waktu konferensi 40 menit serta pembatasan fitur- fitur lainnya.

Baca Juga : Apa Itu Work From Home? Keunggulan dan Kelemahannya

 

Fitur- fitur  utama zoom.

Ada Banyak sekali Fitur-fitur Zoom yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan baik itu grup, kerjaan, dan hal hal lainnya. Bahkan ada juga yang memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting untuk melaksanakan Video Conference. Berikut adalah fitur- fitur inti aplikasi rapat Zoom yang sangat mempermudah konferensi rapat online Anda:

  • Pertemuan rapat one-on-one.

    Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost

     
    Host atau tuan rumah dapat melakukan pertemuan persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan dengan paket gratis sekalipun. Anda juga dapat dengan mudah melakukan manage terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting Anda dengan menggunakan Aplikasi Zoom
  • Konferensi rapat grup video.

    Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost

     
    Anda dapat mengundang hingga 500 orang peserta jika Anda membeli add-on untuk rapat besar. Namun paket gratis memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video hingga 40 menit dan sampai 100 peserta. Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.
  • Sharing screen & Chat

    Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost

     
    Peserta dapat bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar serta berbagi layar Anda dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang Anda lihat. Hal ini sangat berguna bagi kita yang menggunakan Zoom untuk rapat perkejaan, mempresentasikan proyek dengan client, dan lainnya
     
    Untuk peserta juga dalam melakukan Chat kesemua user atau juga keuser lain secara Private. Fitur ini sangat bermanfaat untuk diskusi antar peserta yang hadir untuk rapat dan Conference. Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.
  • Fitur Recording Video Call

    Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost

     
    Satu lagi yang tidak kalah keren dari Zoom, Kita bisa melakukan Recording atau merekam Video Call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melaksanakan Video Conference dimana nantinya videonya akan di upload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasi ke umum.

 

Bagaimana Cara Mengunduh Aplikasi Zoom?

Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost
 

Setelah mengetahui definisi aplikasi zoom, lalu aplikasi ini seperti apa? dan bagaimana cara mengunduhnya? yuk simak ulasan berikut ini :

 

a) Aplikasi Zoom Untuk Windows

Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui laptop anda, dan laptop anda menggunakan Operating System Windows anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka Web Browser di Lapotop anda. Lalu ketik ‘Zoom Cloud Meeting’ pada kolom pencarian.
  2. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020.
  3. Kemudian Klik ‘Download‘ atau ‘Install’.
  4. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di Laptop Anda
  5. Selesai !

 

b) Aplikasi Zoom Untuk Android Smartphone

Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui smartphone android, anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka Playstore di smartphone Anda, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’.
  2. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020.
  3. Kemudian Klik ‘Download’ atau ‘Install’.
  4. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di smartphone Anda.
    Aplikasi Zoom (Tangkap Layar Playstore).

 

c) Aplikasi Zoom Untuk Iphone Smartphone

Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui smartphone Iphone, anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka Appstore di Smartphone Anda, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’.
  2. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020.
  3. Kemudian Klik ‘Download’ atau ‘Install’.
  4. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di smartphone Anda.
  5. Selesai !

 

Baca Juga  : Kolaborasi dengan NextCloud, IDCloudHost Launching Produk Cloud Storage Saingi Google Drive

 

Tips dan Trik Aplikasi Zoom

Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting | IDCloudhost
 

Mari simak tips dan trik di bawah ini yang akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan aplikasi dengan lebih baik untuk bekerja, belajar, dan berkomunikasi dengan orang lain secara virtual :

 

  1. Buat pertemuan berulang dengan pengaturan tersimpan dan satu URL yang sama.
  2. Rekam panggilan sebagai video.
  3. Gunakan fitur  Annotate bila Anda ingin melakukan editing dalam rupa tulisan, draw dan lainnya.
  4. Berbagi akun host dengan peserta yang Anda pilih.
  5. Sediakan ruang tunggu online bagi peserta rapat yang menunggu
  6. Berikan label dan penamaan bagi peserta yang hadir
  7. Kumpulkan informasi mengenai peserta yang mengikuti rapat
  8. Bagi tugas Anda dengan berbagi penjadwalan pertemuan dengan peserta
  9. Setting akun Zoom Anda dengan tautan di Slack
  10. Pelajari cara pintas atau shortcut keyboard untuk mempercepat dan mempermudah

Baca Juga: Aplikasi Work From Home Agar Tetap Produktif Kerja

 

Kesimpulan dan Penutup

Aplikasi Zoom merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan saat in. Baik Work From Home maupun e-learning untuk sekolah atau kampus. Aplikasi ini membuat kita dapat berinteraksi tanpa harus bertemu satu sama lain. Selain video conference, aplikasi ini memuat didalamnya berupa fitur presentasi maupun chat. Anda juga dapat melakukan panggilan video conference dengan jaringan yang jernih dan lancar serta background yang dapat di ganti – ganti.

Baik itu paket berbayar premium maupun paket gratis, Zoom telah terbukti berhasil banyak mendukung work from home saat ini yang banyak dilakukan pekerja dari seluruh negara. Aplikasi konferensi rapat video ini dapat melakukan lebih dari sekedar mengaktifkan pertemuan tatap muka virtual yang membuat peserta di dalamnya terasa lebih nyata dan tetap terhubung.

Zoom memberikan kontrol penuh bagi para penggunanya dengan memberikan mereka akses menelpon berbagi kontrol mengadakan rapat dengan peserta lain dan juga melakukan rekaman rapat dalam format video. Layanan konferensi rapat web Zoom juga mempunyai fitur- fitur dan beberapa opsi tersembunyi bagi mereka yang memilih menggunakan layanan tingkat lanjut atau premium.

Sebuah perangkat aplikasi konferensi rapat video online telah bergeser menjadi landasan tim untuk sukses dan produktif, menghubungkan guru dan murid serta kegunaan lainnya di waktu pandemi ini. Aplikasi ini memungkinkan Anda tetap bertemu tatap muka meski secara online, berbagi informasi dan tetap terhubung satu sama lain walau dilakukan dari kediaman masing- masing.

Aplikasi ini sangat cocok bagi para milenial maupun orang tua. Aplikasi ini memiliki beberpa fitur selain video conferense, meeting dan presentasi, ada juga fitur Zoom Room. Nah, sudahkah anda menggunakan aplikasi zoom ini? semoga bermanfaat!

Related Post :

popup image