logo Mengenal Brand Awareness: Manfaat dan Jenisnya - IDCloudHost

Mengenal Brand Awareness: Manfaat dan Jenisnya

Mengenal Brand Awareness: Manfaat dan Jenisnya

Pernahkah Anda mengasosiasikan sebuah benda dengan brand tertentu? Misalnya, ketika seseorang menyebut air mineral, brand apa yang ada dalam pikiran Anda? Ketika seseorang menyebut mie instan, brand apa yang terpikirkan? Hal inilah yang disebut dengan brand awareness. 

Brand awareness adalah hal penting dalam kegiatan marketing, dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh semua brand. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal apa itu brand awareness dan manfaatnya bagi bisnis Anda. 

Baca Juga: Apa Itu Brand Collateral? Pengertian, Jenis dan Manfaat/Kelebihannya

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah konsep tentang seberapa akrab target konsumen dengan brand Anda, dan seberapa baik mereka mengenal brand tersebut. Sebuah bisnis dengan kesadaran brand yang tinggi biasanya dianggap ‘trending’ dan sangat populer. Membangun brand awareness sangat berharga dalam aktivitas marketing, bahkan menjadi salah satu tujuan marketing itu sendiri. 

Sekilas mungkin kesadaran brand tampak seperti konsep yang samar-samar dan sulit diukur, dan sebenarnya memang demikian. Walaupun ini bukan metriks yang dapat Anda tentukan dengan angka-angka akurat, bukan berarti kesadaran brand tidak memiliki nilai, lho. Faktanya, aspek ini sangat penting untuk kesuksesan bisnis dan tujuan pemasaran secara keseluruhan. 

Baca Juga: Apa itu Brand Ambassador? Jenis dan Skill yang Diperlukan

Kenapa Brand Awareness Sangat Penting?

Setelah Anda memahami apa itu brand awareness, tentunya Anda ingin tahu kenapa konsep yang satu ini penting bagi brand Anda. Berikut adalah beberapa alasannya!

Brand awareness menumbuhkan kepercayaan

Di dunia di mana konsumen mencari tahu lebih dalam dan meminta pendapat orang lain sebelum melakukan pembelian, kepercayaan terhadap merek adalah segalanya. Setelah konsumen terikat dengan brand Anda, mereka cenderung melakukan pembelian berulang dengan sedikit atau tanpa pemikiran sebelumnya. Hal ini yang kemudian menjembatani kesenjangan antara kepercayaan dan loyalitas.

Brand awareness membangun brand trust. Ketika merk Anda sudah semakin populer, konsumen dapat lebih mudah percaya. Dengan memiliki brand awareness yang baik, brand Anda tampak lebih kredibel dan sudah dipercaya banyak orang. 

Brand awareness menciptakan asosiasi

Ketika Anda memikirkan tentang search engine, Anda pasti langsung menuju Google. Ketika Anda memikirkan tentang mie instan, Anda pasti langsung membayangkan semangkok Indomie. Inilah yang dimaksud dengan asosiasi dalam konteks brand awareness. 

Ketika pelanggan sudah terikat dengan brand, mereka mengasosiasikan produk tersebut dengan brand Anda. Bahkan, daripada menyebutkan produk, beberapa orang menyebutnya dengan nama brand, lho.

Misalnya, banyak orang menyebut istilah Googling, yang berarti mencari sesuatu di internet. Padahal, Google sebenarnya adalah nama brand. Ada juga orang yang menyebut Coca Cola, yang merupakan nama brand, padahal mereka seharusnya dapat menyebutnya minuman bersoda. 

Brand awareness membangun ekuitas brand

Ekuitas brand menggambarkan value dari brand tersebut, yang ditentukan oleh pengalaman konsumen dan persepsi masyarakat tentang brand Anda. Pengalaman dan persepsi positif akan memunculkan ekuitas merek positif, dan hal yang sama berlaku untuk gagasan negatif.

Berikut adalah beberapa hal berharga yang berasal dari ekuitas merek yang positif:

  1. Harga yang lebih tinggi karena nilai persepsi yang lebih tinggi, sehingga produk Anda dinilai lebih berkualitas
  2. Harga saham yang lebih tinggi
  3. Kemampuan untuk memperluas bisnis melalui perluasan lini produk atau layanan
  4. Dampak sosial yang lebih besar karena value dari brand Anda. 

Bagaimana sebuah brand membangun (dan meningkatkan) ekuitas tersebut? Dengan membangun brand awareness dan secara konsisten mempromosikan user experience yang positif.

Begitu konsumen sudah mengenal suatu merek, mereka mulai mencarinya untuk melakukan pembelian, mulai lebih memilihnya daripada brand lain yang serupa, dan membangun loyalitas terhadap brand Anda. Loyalitas ini tidak hanya memacu pembelian lain tetapi juga membuat mereka mau memberi rekomendasi kepada keluarga dan teman.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Tingkatan Brand Awareness

Brand awareness ternyata memiliki tingkatan, lho. Sebagai pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk memahaminya sehingga hal ini dapat menjadi tujuan marketing Anda di kemudian hari. 

  1. Brand Recall

Brand recall adalah kemampuan konsumen untuk mengingat nama brand secara cepat sesuai dengan produknya. Misalnya, ketika mendengar tentang sepeda motor, ia langsung memikirkan nama brand tertentu. Ketika mendengar tentang sepatu olahraga, ia langsung memikirkan sebuah brand yang ia ingat dengan baik. Brand recall membuktikan bahwa brand Anda memiliki keterikatan yang kuat dengan produk yang ditawarkan. 

  1. Brand Recognition

Brand recognition merupakan kemampuan konsumen untuk mengenali brand Anda ketika berinteraksi dengan produknya. Selanjutnya, brand recognition bisa didapatkan dengan berbagai aspek yang Anda sertakan dalam aktivitas pemasaan, mulai dari packaging, logo, slogan, hingga jingle. Brand recognition adalah awal dari brand awareness yang baik. 

  1. Top of Mind Awareness

Top of mind awareness adalah ketika merk Anda berhasil muncul sebagai pilihan pertama dalam benak pelanggan. Brand yang sudah menjadi top of mind biasanya memiliki kredibilitas yang tinggi dan sering menjadi brand pertama yang menjadi pilihan bagi customer ketika ingin melakukan pembelian produk. 

  1. Brand Dominance

Brand dominance adalah ketika konsumen hanya mengetahui satu merk dalam satu kategori produk. Tahap ini dapat dicapai dengan strategi marketing yang masif dan memakan waktu cukup lama. Mencapai tahapan brand dominance berarti brand Anda sukses mengungguli brand lain di mata customer. 

Baca Juga: Apa Itu Customer Journey? Tahapan dan Manfaatnya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang brand awareness. Anda yang memiliki bisnis dapat mempelajari konsep ini agar dapat menjadikannya sebagai salah satu tujuan marketing Anda saat ini. Salah satu cara meningkatkan brand awareness adalah melalui website resmi. Untuk itu, Anda butuh layanan hosting yang handal seperti Cloud VPS IDCloudHost. Mudah digunakan dengan sistem one-click-deploy dan fleksibel dengan sistem pay-as-you-go! 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image