Apa Itu Customer Journey? Tahapan dan Manfaatnya

Startup & Bisnis / 0 | | 3

Pelanggan menjadi aspek penting bagi sebuah bisnis. Bisnis yang baik tentunya mengutamakan hubungan baik dengan pelanggan. Karena itulah, mempelajari customer journey adalah hal yang bisa Anda pertimbangkan sebagai pemilik bisnis. 

Jika pelanggan memiliki pengalaman baik ketika menggunakan produk atau jasa Anda, besar kemungkinan mereka akan menjadi seorang pelanggan yang loyal. Hal ini tentunya akan menguntungkan Anda, bukan? Penjualan akan meningkat, dan bisnis pun bisa bertahan di tengah persaingan. 

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal apa itu customer journey, serta manfaat dan tahapannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Baca Juga: Customer Value: Pengertian, Faktor, Manfaat, dan Cara Mengukurnya

Apa Itu Customer Journey? 

Apa Itu Customer Journey? 

Customer journey adalah gambaran perjalanan customer selama mengenal brand Anda. Perjalanan ini dimulai saat konsumen pertama kali berinteraksi dengan brand, mengecek produk atau layanan yang Anda sediakan, hingga membandingkannya dengan kompetitor. 

Tidak hanya sampai di situ saja, customer journey juga membahas sampai customer melakukan pembelian, dan apa yang mereka lakukan setelah transaksi selesai. Panjang sekali, bukan? Begitulah proses customer journey bekerja. 

Karena itu, Anda harus memahami setiap tahapannya dan berusaha untuk menciptakan pengalaman yang baik bagi customer ketika mereka berinteraksi dengan blog Anda. Customer journey tidak sebatas ketika customer melihat iklan atau postingan media sosial Anda, lalu memutuskan untuk membeli, lho. Mereka melewati banyak waktu dan proses yang kompleks sebelum memutuskan untuk membeli produk Anda. 

Jika Anda bisa memberikan pengalaman yang baik di tiap tahapan customer journey yang dilalui pelanggan Anda, besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan yang loyal. Produk yang berkualitas, strategi marketing yang menarik, serta pelayanan terbaik akan membuat mereka menganggap perusahaan Anda lebih unggul dibandingkan kompetitor. Karena itu, sebagai pemilik bisnis pengetahuan tentang customer journey ini wajib Anda ketahui. 

Baca Juga: CRM (Customer Relationship Management) : Cara Kerja dan Komponennya

Tahapan Customer Journey

tahapan customer journey

Setelah memahami pengertiannya, Anda harus mengetahui apa saja tahapan customer journey yang dilalui oleh pelanggan Anda. Berikut penjelasan selengkapnya. 

Awareness

Awareness adalah tahapan paling awal ketika pelanggan mengenal kehadiran produk Anda. Cara untuk menumbuhkan awareness cukup beragam, Anda bisa melakukannya dengan strategi marketing online ataupun offline. 

Interaksi dengan produk Anda pertama kali terjadi ketika pelanggan melihat materi promosi tersebut. Mungkin mereka melihat iklan yang Anda pasang di sebuah website, atau menemukan artikel yang berhubungan dengan produk Anda. Awareness adalah langkah awal yang sangat menentukan apakah pengguna mau terus mencari tahu produk Anda atau tidak. 

Interest

Jika awareness sebelumnya tepat sasaran, maka tahapan customer journey yang selanjutnya adalah interest. Pada tahap ini, pelanggan yang membutuhkan produk Anda mulai tertarik dan mencari info lebih banyak terkait brand Anda.

Pastikanlah mereka menemukan informasi-informasi yang baik seputar brand Anda. Karena itulah, informasi pendukung seperti deskripsi produk, testimoni, dokumentas, kontak, dan lain-lain sangat penting untuk ditampilkan bagi pelanggan yang berada di tahap ini. 

Decision

Setelah pelanggan tertarik dan mencari tahu lebih jauh, mereka akan mulai memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda. Seperti yang kita ketahui, tujuan dari setiap bisnis adalah mendapatkan keuntungan. 

Dengan begitu, banyak orang menganggap keputusan membeli ini adalah tahap terakhir dari customer journey. Namun, jika ingin bisnis Anda terus berkembang, sebaiknya Anda tidak berhenti di tahap ini. Customer yang sudah membeli harus dipertahankan dan bisnis harus bisa menjaga hubungan baik dengan mereka. 

Retention

Jika pelanggan puas terhadap produk Anda, biasanya mereka akan melakukan transaksi ulang selanjutnya. Pelanggan ini sudah menjadi loyal terhadap produk Anda, dan harus Anda pertahankan. Caranya adalah dengan terus memberikan pelayanan, kualitas dan harga terbaik bagi pelanggan setia Anda. 

Advocacy

Setelah tahap retention, pelanggan akan menjadi sangat loyal dan sulit berpaling ke brand lain. Pada tahap ini, pelanggan akan menjadi advokat dari produk Anda dan tak segan-segan untuk merekomendasikannya pada orang-orang terdekat.

Promosi dari mulut ke mulut ini sekilas memang tampak kecil, tapi sebenarnya sangat powerful dan menguntungkan brand. Bayangkan jika Anda memiliki 100 orang pelanggan loyal yang merekomendasikan produk Anda pada teman-teman dan keluarganya, penjualan Anda akan dapat naik hingga berkali-kali lipat, bukan? 

Baca Juga: 5 Customer Engagement Metrics yang Mendukung Sukses Digital Marketing 2022

Manfaat Customer Journey Bagi Bisnis

manfaat customer journey

Setelah memahami pengertian dan tahapannya, Anda tentunya ingin mengetahui manfaat customer journey bagi bisnis Anda. Jika memberikan perhatian lebih terhadap customer journey bisnis Anda, berikut adalah manfaat yang bisa Anda rasakan. 

Membantu Pengambilan Keputusan

Dalam membuat keputusan dalam bisnis, Anda tentunya harus memiliki data yang konkret sebagai data. Jika Anda dapat menjalin hubungan baik dengan customer, tentunya lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan data ini. Nantinya, data-data konsumen ini bisa membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang bisa mengembangkan brand menjadi lebih baik lagi. 

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dengan memperhatikan setiap tahap customer journey, pelanggan akan memiliki keterikatan dengan bisnis Anda. Ini akan membangun hubungan baik antara brand dengan pelanggan, yang bisa menjadikan mereka pelanggan yang loyal. 

Seorang pelanggan yang loyal akan terus melakukan repeat order dan merekomendasikan produk Anda pada orang-orang terdekatnya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. 

Meningkatkan Brand Awareness

Brand yang dibangun dengan memperhatikan setiap tahapan customer journey tentunya lebih relevan dengan pelanggan. Hal ini karena Anda berempati dengan mereka dan lebih mudah pula memahami pola pikir dari pelanggan Anda. Ini tentunya membantu Anda untuk membuat produk dan materi promosi yang relevan dengan target konsumen Anda. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang customer journey dalam sebuah bisnis. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun brand dengan mengedepankan customer journey, ya. Tahapan awal customer journey adalah awareness, yang mengharuskan Anda untuk menjangkau calon pelanggan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan website resmi. Untuk itu, Anda butuh layanan server yang handal seperti Bare Metal IDCloudHost yang handal, cepat, dan fleksibel sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Related Post :

popup image