Mengenal Clubhouse : Fitur, Keunggulan, dan Cara Dapat Invitationnya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial berdasarkan audio-chat yang serba guna. Disini penggunanya dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik tentang berbagai topik layaknya mendengarkan podcast tetapi langsung dan dengan gaya eksklusivitas tambahan. Meskipun begitu, Clubhouse hanya untuk mereka yang telah diundang atau di invite saja.

Aplikasi ini tidak bisa diunduh seperti Anda mengunduh aplikasi biasa di App Store dan membuat akun normal. Karena eksklusivitas, Anda Anda harus diundang dulu untuk dapat bergabung dengan anggota yang sudah ada yang membuatnya menjadi elite dengan versi virtual. Namun begitu Anda bergabung, maka Anda dapat memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan.

Semakin banyak minat yang Anda punya, makin semakin banyak pula ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi ini untuk Anda ikuti atau ikuti. Sedangkan ruang percakapn sama halnya dengan panggilan konferensi, akan ada pembicara dan pendengarnya. Tertarik untuk bergabung dalam aplikasi yang sedang heboh ini? Simak penjelasan berikut dan cara mendapatkan undangan bergabungnya.

 

Fitur Aplikasi Clubhouse

Mengenal Clubhouse : Fitur, Keunggulan, dan Cara Dapat Invitationnya
 

Platform media sosial selalu muncul, menjadi terkenal lalu bahkan terlupakan oleh penggunanya karena adanya platform terbaru setiap saat. Seperti aplikasi Clubhouse yang muncul pada 2020 lalu telah menunjukkan tanda-tanda mengubah pemasaran media sosial seperti yang umum diketahui. Dibawah ini beberapa fitur Clubhouse hingga bisa menjadi platform media sosial utama berikutnya :

 

  • Menawarkan kemampuan untuk terhubung dan terlibat dengan para profesional di luar industri atau niche Anda.
  • Algoritma media sosial khas yang membantu orang membuat suatu trend di platform lain yang diganti dengan ruangan yang lebih spontan yang diisi dengan obrolan real time tentang berbagai topik dan issue.
  • Berfokus pada percakapan bernilai tinggi daripada konten yang diciptakan dan diproduksi sebelumnya.
  • Pengguna Clubhouse sudah sangat setia dan protektif, sehingga mereka sangat berhati-hati dalam menentukan siapa yang diundang untuk bergabung dengan aplikasi.

 

Baca Juga  :      WhatsApp Business : Pengertian, Keunggulan, Fitur dan Cara Kerjanya

 

Keunggulan Aplikasi Clubhouse

Gaung Clubhouse mampu membawa faktor- faktor yang biasanya susah ditemui di media sosial lainnya seperti audio. Sementara platform lain fokus pada media visual dan tertulis seperti teks, gambar, dan video, Clubhouse memilih mengalihkan fokus ke format audio saja. Ini membuat keunggulan Clubhouse jauh lebih mencolok oleh karena :

 

  • Membangun komunitas untuk para pelatih dan pelatih

    Meskipun Aplikasi Clubhouse masih dalam versi beta pribadi, Anda mungkin tidak bisa memasukkan seluruh komunitas Anda ke dalam aplikasi. Tapi begitu aplikasi terbuka untuk umum, Clubhouse menjadi tempat yang bagus untuk membawa komunitas Anda dan membuka cara baru untuk terlibat dan terhubung dengan mereka. Selain itu, saat Anda membangun jaringan dan bertemu dengan anggota Clubhouse lainnya, mereka juga akan mengikuti Anda ke saluran dan komunitas Anda yang lain.

  • Membangun komunitas untuk acara virtual

    2020 mencatat lonjakan dalam acara dan pertemuan virtual, tetapi dengan begitu muncul masalah privasi dan biaya yang mencoba untuk menyatukan para peserta ke dalam satu ruang sekaligus. Clubhouse menawarkan komunitas yang intim dan eksklusif dalam bentuk klub yang dapat menemani acara virtual dan bahkan secara langsung agar para peserta dapat terhubung dan terlibat satu sama lain.

  • Mengurasi konten untuk pembuat konten

    Merekam dan menyalin percakapan di ruang Clubhouse tanpa izin setiap peserta sangat bertentangan dengan persyaratan penggunaan platform ini. Namun, Anda dapat memulai ruangan baru untuk tujuan kurasi konten dengan menambahkan judul dan deskripsi publik ruangan tersebut. Kemudian Anda dapat menggunakan ruangan untuk mengajukan pertanyaan, mewawancarai anggota lain, mengambil informasi dan pendapat tentang berbagai topik, bahkan hingga mengumpulkan artikel.

  • Kolaborasi untuk proyek dan jaringan

    Siapa pun dapat memulai obrolan pribadi dengan salah satu koneksi mereka, membuat Clubhouse adalah tempat yang tepat untuk melakukan percakapan pribadi mengenai peluang jaringan atau kolaborasi. Begitu ruang obrolan ditutup, tidak ada yang disimpan, menjadikan seluruh percakapan bersifat pribadi dan terlindungi.

  • Komunitas podcast

    Aplikasi Clubhouse tetap dalam versi beta pribadi, tetapi setelah aplikasinya publik, Anda dapat menggunakan klub Clubhouse untuk membangun komunitas yang terkait dengan podcast Anda tanpa harus menambahkan banyak pembuatan konten dan overhead untuk disimpan komunitas Anda terlibat di antara episode.

  • Membangun network dengan pakar di industri lain

    Nilai membangun jaringan atau network dan belajar dari pakar dalam industri Anda sendiri memang penting, tetapi bayangkan nilai belajar dari perusahaan rintisan lain, pemilik usaha kecil, CEO internasional terkenal hingga para raksasa teknologi. Tidak sedikit dari pengguna ingin bertemu dan mendengarkan langsung pengalaman para pengusaha hebat dan orang- orang terkenal. Dengan Clubhouse, ini semua menjadi kenyataan karena adanya platform yang memungkinkan untuk berbagi panggung dengan mereka, mengajukan pertanyaan langsung, dan menerima tanggapan secara real time.

 

Baca Juga  :      Apa itu QRIS: Pengertian, Keunggulan, Manfaat dan Cara Daftarnya

 

Cara Mendapatkan Invitation atau Undangan Clubhouse

Mengenal Clubhouse : Fitur, Keunggulan, dan Cara Dapat Invitationnya
 

Untuk dapat bergabung, pengguna Clubhouse yang sudah ada harus mengirim undangan dari aplikasi mereka untuk memberi Anda akses untuk membuat akun. Jika diundang, Anda akan melihat link yang dikirim ke nomor telepon Anda, yang kemudian mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran di aplikasi. Namun, pengguna Clubhouse tidak dapat hanya mengirim undangan kepada siapa saja yang ingin bergabung. Pengguna yang sudah ada hanya memiliki dua undangan yang tersedia pada awalnya.

Saat ini, ada beberapa cara untuk masuk ke platform Clubhouse dan keduanya membutuhkan hubungan dekat dengan orang-orang yang sudah ada di aplikasi ini terlebih dahulu :

 

  • Melalui undangan pribadi

    Ketika seseorang bergabung dengan Clubhouse, secara otomatis mereka akan diberikan satu undangan yang dapat mereka kirimkan kepada seseorang dengan menggunakan nomor teleponnya. Ini berarti anggota akan mengirim undangan ke orang yang memiliki hubungan dekat dengan mereka, seperti teman komunitas yang sama atau bergerak di bidang industri dan pekerjaan yang sama.

  • Daftar dalam waiting list (daftar tunggu)

    Metode yang diketahui umum adalah mengunjungi situs web resmi Clubhouse. Anda dapat menemukan opsi untuk mengunduh aplikasi ini walau hanya memang tersedia untuk pengguna iOS. Meskipun begitu Anda tidak akan dapat langsung menggunakan Clubhouse dan Anda diharuskan untuk bergabung dengan daftar tunggu dan menunggu akses eksklusif ke aplikasi.

  • Memanfaatkan media sosial

    Pilihan lain adalah pergi ke media sosial apa pun. Anda bisa menggunakan Twitter, Instagram, atau Facebook atau ke semua media sosial yang Anda punya dan kemudian buat postingan dan gunakan tagar Clubhouse atau bahkan tandai Clubhouse langsung. Tetapi cara ini belum tentu membuat Anda mendapat undangan dari Clubhouse namun paling tidak Anda mungkin mendapatkan perhatian dari pengguna Clubhouse lainnya. Maka jika mereka akhirnya melihat postingan Anda dan menggunakan aplikasi, mereka dapat mengirim undangan agar Anda bergabung.

 

Baca Juga  :   Google Workspace : Pengertian, Fungsi, Aplikasinya, dan Keunggulannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Diluncurkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth di bulan Mei 2020, Clubhouse saat itu hanya memiliki 1.500 pengguna, dan bernilai $ 100 juta. Tetapi popularitas Clubhouse meroket sejak Elon Musk menyelenggarakan obrolan audio di Clubhouse dengan CEO Robinhood Vlad Tenev. Acara tersebut memaksimalkan batas ruang percakapan aplikasi dan dialirkan secara langsung ke YouTube.

Ini membantu mendongkrak Clubhouse ke puncak tangga startup dan memicu perebutan undangan untuk dapat diundang dan bergabung. Hingga 1 Februari 2021, Clubhouse tercatat memiliki 2 juta pengguna terlebih lagi fitur- fitur baru yang diperkenalkan seperti memberi tip, tiket, atau langganan bahkan untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi. Nilai kini Clubhouse melesat jauh dengan $ 1 miliar dan bergabung dengan startup Unicorn lainnya.

Related Post :

popup image