Mengenal Jenis/Tipe Video Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis

Business, Video Marketing / 0 | | 0

Seiring perubahan dan kemajuan dunia, maka strategi pemasaran juga ikut berkembang yang membuat bisnis selalu berusaha mencari cara terbaik untuk menggunakan teknologi, alat, perangkat lunak, dan saluran baru. Ini membuat bisnis yang tidak mengikuti tren pemasaran ini akan tertinggal. Saat ini pemasaran yang paling dikenal adalah digital marketing yang video marketing adalah bagian dari pemasaran canggih abad ini.

Mengingat video mendominasi preferensi masyarakat global karena format ini lebih terbukti efektif dengan pendekatan dan penyampaian iklan yang lebih bisa diterima daripada rangkaian kata yang panjang bertele- tele. Masyarakat saat ini lebih memilih menonton video yang dianggap lebih menarik dan informatif yang tak jarang juga ditampilkan dengan keunikan tersendiri.

Maka bagi pemasar, video memberikan kesempatan untuk menggunakan ide kreatif mereka, menyoroti brand serta menunjukkan kepribadian mereka. Dengan strategi pemasaran video yang tepat, Anda dapat dengan mudah membedakan diri Anda dari pesaing Anda. Mari mengenal video marketing yang merupakan bagian dari pemasaran yang lebih efisien dan efektif serta relevan dengan orang- orang yang memilih menonton video daripada membaca karangan panjang.

 

Mengenal Jenis/Tipe Video Marketing yang Umum Digunakan

Mengenal Jenis/Tipe Video Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis
 

Pemasar menggunakan berbagai jenis video untuk kampanye yang berbeda dimana jenis video yang berbeda tadi akan berdampak pada pemasaran dan pengembalian penjualan sangat bergantung pada jenis konten video dan strategi yang diadopsi oleh bisnis. Tercatat bahwa 87% strategi pemasaran online melibatkan berbagai jenis format video. Berikut beberapa jenis.tipe video marketing yang umum digunakan dalam kampanye pemasaran.

  • Video branding

    Ini adalah jenis video yang paling umum karena tipe ini adalah video pendek klasik yang setara dengan video logo bagi sebuah brand. Video branding merupakan salah satu jenis video populer di YouTube dalam hal pemasaran video karena hanya membutuhkan konten yang sangat minimum dengan konten berkualitas tinggi. Inti dari jenis video branding adalah untuk menyampaikan merek Anda dalam beberapa detik saja namun dengan kesan yang besar.

  • Video testimoni

    Video testimoni atau kisah pelanggan adalah salah satu jenis video yang paling penting karena video jenis ini juga merupakan studi kasus yang berisikan wawancara persuasif dari klien di kehidupan nyata yang membagikan kisah sukses mereka tentang produk Anda. Testimoni itu sendiri melibatkan wawancara kamera dengan klien terpercaya yang memastikan keaslian dan menyoroti kesuksesan produk Anda.
    Selain juga bagus untuk strategi B2C, video ini juga dibantu dengan statistik dan angka yang mengkonfirmasi pengalaman klien untuk keperluan masalah atau kasus penggunaan tertentu. Inti dari video testimonial adalah untuk membuat video yang menarik dan berdurasi sedang. Melibatkan secara langsung, membangun hubungan emosional dengan audiens Anda melalui klien Anda.

  • Video tutorial

    Video panduan atau tutorial untuk konsumen sangat bagus untuk digunakan dalam hal membangun basis pemirsa. Karena kepopuleran jenis video ini, banyak juga perusahaan dan bisnis yang menerapkan konten video tutorial agar dapat mengarahkan pelanggan baru serta membangun kepercayaan tentang cara menggunakan produk/layanan mereka.
    Jenis konten video ini dapat segera mengumpulkan banyak pemirsa berkat alur ceritanya yang menarik sehingga video ini akan sangat bagus dalam membantu meningkatkan brand awareness.

  • Video demo

    Tipe video produk pada dasarnya berisi segala jenis informasi yang terkait dengan produk atau layanan yang sedang dipromosikan oleh brand. Konteksnya sendiri dapat mencakup fitur produk, manfaat, dan materi inklusif yang dapat dipelajari langsung oleh pemirsa. Video demo akan dipusatkan di sekitar produk itu sendiri dan umumnya menampilkan kepada audiens apa yang dapat mereka lakukan dengan produk Anda.
    Demo produk adalah konten mendalam untuk mempengaruhi calon pelanggan lebih jauh sehingga jenis ini tidak akan sesuai digunakan sebagai video awal untuk meningkatkan kesadaran. Gunakan video demo untuk mengonversi prospek Anda dengan lebih strategis dengan memasukkan sebanyak mungkin video demo produk, dengan masing-masing menyajikan fakta yang sama sekali berbeda tentang produk atau layanan.

 

Baca Juga   :   Tips dan Trik Marketing Terbaik Bagi Bisnis Online di Tahun 2021

 

Kegunaan dan Tujuan Penerapan Video Marketing

Setiap langkah pertama dalam kampanye video pemasaran adalah memutuskan sasaran dan target Anda. Cara terbaik untuk menentukan tujuan pemasaran video Anda adalah dengan menentukan tempatnya di saluran pemasaran. Berikut kegunaan dan tujuan dalam penerapan video marketing dalam pemasaran.

  • Mendorong kesadaran akan brand

    Inti dari kampanye pemasaran adalah untuk memperkenalkan merek Anda kepada lebih banyak orang dan memulai hubungan pemasaran jangka panjang dengan pelanggan Anda. Tujuan ini yang sering disebut sebagai kesadaran yang juga sangat berguna untuk meningkatkan jumlah audiens terlebih lagi jika Anda memiliki nilai per penjualan atau kontrak yang tinggi. Jika Anda membuat video kesadaran, Anda pasti ingin menetapkan target yang terkait dengan penemuan merek Anda, bukan penjualan. Hal-hal seperti tampilan total, tampilan 3 detik, dan durasi tampilan adalah salah satu faktor untuk yang menentukan keberhasilan video marketing ini.

  • Memberi pertimbangan/konsiderasi

    Brand juga ingin dapat memperdalam hubungan mereka dengan calon pelanggan dan menciptakan minat pada niche mereka. Gaya video ini dikenal sebagai konten pertimbangan/konsiderasi jika pemasar ingin mengembangkan hubungan yang tidak didasarkan pada harga diskon. Konten pertimbangan biasanya didasarkan pada bidang keahlian bisnis dan akan membantu membuktikan bahwa bisnis tersebut memang ahli di bidang mereka.
    Selain itu konten pertimbangan dapat sangat berguna untuk meningkatkan jumlah pelanggan Anda di YouTube dan pengikut Anda di saluran lain.Saat membuat video pertimbangan, metrik terpenting adalah rasio klik-tayang yang akan menunjukkan berapa banyak yang telah terlibat dari semua platform Anda, serta diikuti dengan durasi penayangan. Sebagai metrik sekunder, durasi penayangan membantu memvalidasi tingkat keterlibatan pemirsa Anda.

  • Menghasilkan konversi

    Tujuan dari faktor ini adalah menjual produk/layanan yang menjadi tombak dari saluran pemasaran yang ketika dibangun, akan membuahkan hasil yang sesuai. Jika Anda bertemu pelanggan untuk pertama kalinya, harga yang sesuai atau nilai jual yang unik dapat membantu di sini. Untuk video konversi Anda, tentu saja metrik yang paling penting adalah penjualan mengingat metrik penting lainnya yang juga harus diperhatikan adalah rasio klik-tayang. Jika orang mengklik dan tidak membeli, maka Anda mungkin memiliki keterputusan antara pemasaran Anda dan produk Anda yang sebenarnya.

 

Baca Juga  :     Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online

 

Tips Mengembangkan Strategi Video Marketing

Mengenal Jenis/Tipe Video Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis
 

Strategi pemasaran video bukan hanya tentang menambahkan video untuk memasarkan penawaran Anda dan melemparnya ke target audiens Anda, tetapi juga termasuk melibatkan pemilihan, pengembangan, dan penempatan video yang cermat sebagai aset terpisah atau dalam kampanye pemasaran yang ada untuk mendapatkan hasil maksimal darinya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk strategi video marketing Anda.

  • Bisnis harus memahami audiens mereka sehingga bisa menetapkan sasaran kampanye yang sesuai.
  • Tetap pada branding dan kukuhkan semua pesan Anda di seluruh video.
  • Pastikan anggaran video Anda sesuai dengan biaya operasional Anda.
  • Optimalkan video dan target Anda untuk setiap saluran yang Anda gunakan terlebih lagi di media sosial.
  • Selalu lakukan tes untuk melihat efektivitas dan keberhasilan.
  • Hubungkan semua iklan, terutama jika Anda beriklan di TV.

 

Baca Juga :   Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Video marketing biasanya umum dilakukan oleh pelaku bisnis besar walaupun tetap bisa dilakukan oleh bisnis kecil yang berdedikasi. Hanya saja untuk mencapai tujuan pemasaran maka diperlukan strategi yang tepat juga. Jika Anda ingin pemasaran video Anda mendapatkan hasil, maka Anda harus merencanakan, menguji, menganalisis, dan menguji lagi.

Mengingat tujuan video Anda adalah untuk menceritakan sebuah kisah dan melibatkan pelanggan Anda, tetapi, dari perspektif pemasaran, video Anda juga harus selaras dengan saluran penjualan Anda. Pemasar harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenai tujuan pembuatan, penonton dan bagaimana video marketing tersebut dapat memajukan pemasaran. Intinya, keseluruhan strategi dan data harus mendorong strategi pemasaran video Anda.

Related Post :