Mengenal Perbedaan Profesi UI Designer dan UX Designer

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Jika anda mempunyai teman yang suka membuat iklan dengan warna dan design yang menarik, maka anda sudah tidak asing lagi dengan profesi UI Designer dan UX Designer? Profesi tersebut sekarang banyak dicari oleh orang-orang. Profesi ini sangat banyak dicari dan diminati. Selain itu, banyak perusahaan teknologi yang mencari profesi tersebut.

Menjadi seorang UI Designer dan UX Designer tidak mudah, karena harus mengetahui dan mencocokan tampilan yang ada di aplikasi dengan produk tersebut. Kedua profesi tersebut saling melengkapi satu sama lain. Meskipun profesi ini tergolong sulit, tetapi gaji yang ditawarkan cukup menjanjikan.

Orang awam mungkin belum pernah mendengar istilah UI Designer dan UX Designer tersebut. Tenang saja kawan, Kami akan ulas lebih mendetail tentang profesi tersebut. Terus apa sih kerjanya?

Baca Juga : Mengenal Apa itu User Experience (UX) dan Prospek Kerjanya?

Apa Itu UI Designer dan UX Designer? 

UI atau User Interface Designer adalah suatu profesi yang menggunakan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile ataupun software. Seorang UI Designer akan membuat desain yang memudahkan pengguna programnya. Adapun mekanisme seorang UI Designer mencakup beberapa hal, seperti tampilan fisik, warna, animasi, pola.

Terus apa sih UX Designer itu? User Experience Design atau UX Designer yaitu profesi dimana meningkatkan sebuah kepuasan pengguna aplikasi/ pengunjung website untuk tetap meningkatkan kegunaan/kesenangan dalam berinteraksi pengguna dan produk tersebut.

Setelah mengetahui definisi UI Designer dan UX Designer tersebut, saatnya apa sih perbedaan dari kedua profesi itu. Walaupun keduanya saling berkaitan, pasti ada perbedaan yang terselubung diantara keduanya. Jangan salah lo kalau UI Designer dan UX Designer tidak berbeda meski ada yang mengatakan kalau keduanya sama.

 

Perbedaan UI Designer dan UX Designer

 

Setelah mengetahui definisi dari UI Designer dan UX Designer maka selanjutnya anda wajib mengetahui perbedaan dari UI Designer dan UX Designer karena keduanya memiliki perbedaan dalam segi pekerjaanya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini :

 

  1. Segi Design

    UI Designer merupakan desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan tampilan. Menciptakan ikatan emosional melalui desain. Sedangkan UX Designer mengatasi masalah-masalah antara pengguna dan produk.

  2. Segi Fungsi

    Fungsi UI Designer membuat desain website/aplikasi menjadi lebih indah dan menarik. Sedangkan UX Designer meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi dan kegunaan yang diberikan pengguna website dan aplikasi.

  3. Sistem Gaji

    Bahkan, Tidak jarang gaji yang ditawarkan untuk profesi UI Designer dan UX Designer ini biasanya berkisar Rp8.000.000-10.000.000 tergantung Anda memilih perusahaan mana dan kesulitan dalam menjalankan profesi. Apabila Anda berminat untuk UI Designer ada banyak skill yang harus Anda pelajari dan tentunya tidak mudah.

Baca Juga : Apa Saja Yang Dilakukan oleh UX Designer?

 

Syarat menjadi UX Designer

Sekarang sudah tahu, kan kalau menjadi UI Designer itu sulit. Menjadi UX Designer Professional juga tidak gampang, Kawan. Selain syarat-syaratnya yang rumit, tanggung jawabnya cukup besar juga. Syarat-syarat menjadi UX Designer yaitu:

  1. Memiliki Kemampuan inti yang mencakup hal berikut seperti: teknik penelitian, etnografi, penemuan, permodelan pengguna, bisa mendesain produk, desain interaksi antara pengguna dan produk, desain antarmuka, arsitektur informasi dan desain informasi
  2. Memiliki kemampuan bisnis mencakup hal seperti: manajemen proyek, waktu, pemangku kepentingan klien.
  3.  Mampun berkomunikasi dengan baik mencakup hal berikut: retorika dan penulisan persuasive, menulis menggunakan metode ekspositori, penulisan teknis, berbicara dan presentasi di depan umum, dan visual.
  4. Kemampuan Interpersonal mencakup seperti: mediasi dan fasilitasi, mendengar aktif, wawancara dan observasi, membangun tim dan kolaborasi

 

Bagaimana? rumit sekali ya menjadi seorang UX Designer yang professional. Tetapi pasti ada jalan jika ada kemauan. Selain itu, hal-hal yang perlu dikuasai seorang UX Designer adalah:

    • Tetap fokus pada User. Melihat masalah pengguna, tawarkan kepada pengguna yang terbaik.
    • Bisa melihat masalah dan menyelesaikan masalah dari berbagai sisi.
    • Harus mendapatkan data berdasarkan fakta real tidak Cuma hoaks belaka.
    • Bisa menempatkan keahlian kita untuk kreativitas bukan untuk sok-sokan mau dibilang keren ataupun yang lainnya.
    • Selalu mengulang dan mengecek kembali proses yang telah dibuat atau dilakukan.

Tips Menjadi UI/UX Designer Sambil Kuliah

 

Buat Anda yang masih duduk dibangku perkuliahan, bisa juga loh apabila memang berniat belajar UX Designer. Adapun beberapa cara belajar UX Designer yang bisa dilakukan saat kuliah yaitu:

  1. Lebih baik mempelajari tentang UX Designer dari buku bukan dari internet. Karena Kita bisa memahami secara detail dan mendalam.
  2. Bisa mengikuti online Course UX Designer. Bila Anda susah memahaminya dari buku, bisa mencari alternative lain seperti menonton video online Course.
    Ikut serta gabung dengan komunitas UX Designer. Dengan mengikuti komunitas UX Anda bisa memahami betul dan seluk beluk tentang UX Designer tersebut.
  3. Mengikuti kompetisi atau perlombaan tentang UX. Dengan mengikuti kompetisi tersebut, bakat Anda tentang UX Designer dapat terasah. Jangan takut untuk mencoba. Menang atau kalah tidak masalah.
  4. Magang di posisi UX Designer. Dengan magang, Anda bisa mengaplikasikan pengetahuan Anda tentang UX Designer dengan bimbingan yang ahli dalam UX Designer. Selain itu, bila melakukan kesalahan bisa langsung ditegur dan diberikan arahan yang benar.

Kesimpulan dan Penutup

UI Designer adalah suatu profesi yang menggunakan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile ataupun software.

UX Designer yaitu profesi dimana meningkatkan sebuah kepuasan pengguna aplikasi/ pengunjung website untuk tetap meningkatkan kegunaan/kesenangan dalam berinteraksi pengguna dan produk tersebut.

Perbedaan UI Designer dan UX Designer adalah UI Designer merupakan desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan tampilan. Menciptakan ikatan emosional melalui desain. Sedangkan UX Designer mengatasi masalah-masalah antara pengguna dan produk.

Fungsi UI Designer membuat desain website/aplikasi menjadi lebih indah dan menarik. Sedangkan UX Designer meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi dan kegunaan yang diberikan pengguna website dan aplikasi.

Related Post :

popup image