logo Mengenal Teknologi Cloud Hosting dan Keunggulannya - IDCloudHost

Mengenal Teknologi Cloud Hosting dan Keunggulannya

Mengenal Teknologi Cloud Hosting dan Keunggulannya

Bayangkan Anda sedang menjalankan suatu kampanye, misalnya flash 1 Januari 2023 dimana konsumen Anda akan mendapatkan potongan harga 20% ketika membeli produk yang Anda tawarkan. Sesuai ekspektasi Anda, kampanye tersebut berhasil dan banyak pengguna yang mengakses website Anda untuk melakukan pembelian. Sayangnya, tanpa Anda sadari karena banyak yang mengakses maka website Anda pun down. Oleh karena itu Anda pun harus mencari solusi alternatifnya!

Saat ini Anda bisa menggunakan layanan cloud hosting yang merupakan layanan dengan banyak server yang berinteraksi dan terhubung satu sama lain untuk menjaga performa. Namun tahukah Anda bagaimana layanan ini mengatasi down time atau saat trafik website sedang tinggi? Atau tahukah Anda bagaimana keunggulan yang ditawarkan? Jika Anda penasaran, maka mari kita ulas satu per satu!

Pengertian Cloud Hosting

Pengertian Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah suatu layanan yang mencakup penyimpanan data pada berbagai server untuk menyeimbangkan beban server dan memaksimalkan server uptime. Cloud hosting menggunakan teknologi cluster yang merupakan gabungan dari beberapa server yang dapat memusatkan beberapa server tersebut sekaligus. 

Dengan demikian, ketika satu server bermasalah maka server lain akan memberikan resource sehingga website bisa berjalan dengan normal. Oleh karena itu, hal tersebut dapat membuat sebuah website dapat terhindar dari down atau error misalnya karena kenaikan trafik. 

Keunggulan Cloud Hosting

Keunggulan Cloud Hosting

Setelah mengetahui pengertian cloud hosting, maka berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimilikinya dalam mempermudah operasional website. Oleh karena itu,  Perhatikanlah poin-poin berikut: 

  • Skalabilitas dan Fleksibilitas

Keuntungan menggunakan cloud hosting adalah skalabilitas dan fleksibilitas yang dimilikinya. Misalnya ketika suatu website mengalami lonjakan lalu lintas (trafik) yang tinggi, maka Anda bisa menambah atau bahkan mengurangi sumber daya penyimpanan atau bandwithnya.  Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membeli server fisik dengan sumber daya yang lebih besar lagi.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi bisnis khususnya bisnis kecil yang sedang bertumbuh dengan pesat. Hal tersebut dikarenakan cloud hosting mempunyai uptime yang mencapai 99,99% sehingga tidak akan mengalami down saat terjadi masalah atau karena lonjakan trafik yang sangat tinggi pada bisnis Anda.

Lebih lanjut, pada tradisional hosting Anda mungkin akan memilih lokasi fisik yang lebih dekat dengan alasan untuk memudahkan Anda, namun pada cloud hosting hal tersebut akan aksesibel dengan adanya device dan internet terlepas dimanapun Anda berada.

  • Trafik dan Uptime

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa cloud hosting memiliki banyak server yang saling berinteraksi. Dengan demikian, ketika satu server error maka akan diambil alih oleh server yang lainnya sehingga hal ini dapat mengantisipasi perubahan trafik yang signifikan. 

Hal ini tentu saja berbeda dengan tradisional hosting yang memiliki satu server saja. Oleh karena itu, ketika satu server bermasalah maka akan berimbas kepada website secara keseluruhan dan menyebabkan downtime. 

  • Pemulihan Data yang Lebih Mudah

Jika Anda melakukan penyimpanan data pada server fisik atau komputer, maka tentunya resiko kehilangan data akan semakin besar apalagi jika sampai dicuri. Tentu saja jika kejadian tersebut terjadi maka akan semakin sulit untuk melakukan pemulihan data. 

Namun, dengan  adanya multi-servers atau banyak server pada cloud hosting akan memungkinkan back up data secara otomatis. Hal tersebut dapat terjadi karena cloud hosting akan melakukan mirroring data setidaknya pada tiga perangkat server yang berbeda. Oleh karena itu, meskipun satu server sedang bermasalah, maka tidak akan ada informasi yang akan hilang. 

Dengan demikian, kemungkinan data hilang akan semakin minimal karena pada hakikatnya memiliki banyak cadangannya. 

  • Efisiensi Harga

Pada dasarnya, cloud hosting menawarkan Software as a Service (SaaS). Vendor akan bertanggung jawab terhadap segala keperluan maintenance hardware dan server. Dengan demikian, pengguna telah dapat menghemat biaya maintenance dalam upaya optimasi finansial bisnisnya.

Lebih lanjut, perlu diketahui cloud hosting juga biasanya diterapkan dengan sistem pembayaran pay as you go. Hal ini berarti Anda hanya perlu membayar sumber daya yang Anda gunakan saja. Dengan demikian, Anda dapat menghemat pengeluaran finansial bisnis Anda secara efisien. 

Perlu diketahui, meskipun jika dibandingkan dengan shared hosting atau layanan tradisional lainnya maka cloud hosting akan terlihat lebih mahal. Namun jika dianalisa dengan manfaat yang diterima oleh pengguna atau bisnis, maka hal tersebut akan tetap saja relatif murah. 

  • Keamanan yang lebih baik

Dengan adanya banyak server yang berinteraksi satu sama lain, maka cloud hosting dimungkinkan untuk melakukan fungsinya dengan baik. Lebih lanjut, layanan cloud hosting IDCloudHost sendiri memiliki uptime 99,5% sehingga akan menjadi kestabilan keamanan server dan terus up tanpa takut adanya gangguan. 

Selain itu, layanan ini juga dilengkapi dengan Free SSL Certificate, Imunify360 Server Security, dan BitDefender AntiVirus & Firewall yang tentunya dapat menjaga keamanan data dan website Anda. 

  • Kemudahan dalam Penggunaan

Dengan cloud hosting, maka Anda akan bekerja dengan vendor yang bertindak sebagai server host. Tentu saja vendor akan membantu Anda dalam memastikan pengoperasionalan cloud hosting tersebut. Khususnya untuk bisnis yang kecil dan belum memiliki sumber daya IT yang mumpuni, tentunya layanan ini akan sangat bermanfaat.

  • Kolaborasi 

Saat ini trend bekerja secara remote masih digunakan oleh banyak bisnis atau perusahaan. Adanya cloud hosting maka pekerja bisa mengakses aplikasi atau data dimanapun dan kapanpun. Mereka hanya membutuhkan device dan jaringan yang baik saja. Dengan demikian, hal ini tentu saja membantu kolaborasi dan produktivitas sebuah perusahaan. 

Kenapa Harus Menggunakan Layanan Cloud Hosting?

Kenapa Harus Menggunakan Layanan Cloud Hosting? 

Setelah mengetahui keunggulan yang dimili
ki oleh cloud hosting, maka mungkin Anda bertanya apakah Anda harus memulai migrasi Anda ke layanan yang satu ini. 

Perlu diketahui, sebanyak 60% perusahaan di dunia telah menggunakan layanan cloud dan 90% pengusaha besar dunia juga telah beradaptasi dengan infrastruktur multi-cloud. Dengan demikian, Anda bisa melihat bagaimana efektivitas yang dibawa layanan cloud terhadap berbagai bisnis dan perusahaan di seluruh dunia.

Jika Anda menginginkan bisnis yang berkembang secara cepat dengan pengguna yang mengakses website atau aplikasi Anda semakin ramai, tentunya Anda juga ingin memberikan pelayanan prima pada saat merasa mengakses halaman pembelian mereka, maka layanan ini adalah jawabannya untuk Anda!

Penutup

Dengan kelebihan tersebut maka tidak ayal jika sudah banyak perusahaan dan berbagai bisnis yang bermigrasi pada layanan cloud hosting. Selain harga namun manfaat lainnya seperti fleksibilitas, keamanan, kolaborasi, dan sebagainya menjadi aspek yang harus Anda pertimbangkan. 

Jika Anda tertarik dengan layanan tersebut, Anda dapat menggunakan layanan cloud hosting IDCloudHost yang memiliki alokasi sumber daya menggunakan dedicated untuk RAM dan CPU Core. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan performa website Anda yang pastikan akan lebih cepat. Jadi tunggu apalagi, gunakan layanan cloud hosting untuk operasional yang lebih baik ya!

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image