Mengenal WhatsApp Bisnis dan Keuntungannya untuk Pebisnis Online

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Saat ini, aplikasi chatting memang sangat dibutuhkan dalam berinteraksi. Salah satunya ialah aplikasi yang sudah tidak asing lagi, yakni WhatsApp. Aplikasi ini sangat simple dan fleksibel untuk digunakan. WhatsApp sendiri memang dirancang khusus untuk chatting, maka dari itu whatsApp tidak menggunakan iklan didalam aplikasinya alias bebas iklan.

Bahkan, hampir sebagian besar orang didunia telah menggunakan WhatsApp. Fitur video call dan chatting serta WhatsApp story juga menjadi daya tarik bagi pelanggan. Belum lagi desain sticker yang lucu dan menggemaskan yang disediakan oleh whatsapp.

Anda juga dapat mendesain sticker foto anda sendiri kedalam whatsApp. Nah, lalu bagaimana dengan whatsApp Bisnis? Dan bagaimana cara memulai bisnis online dari WhatsApp Bisnis?nah dari pada penasaran.  Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu WhatsApp Bisnis ?

 

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk pemilik bisnis kecil. Anda dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan Anda. Terhubung dengan pelanggan Anda menjadi mudah dengan menggunakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan menjawab pesan secara cepat.

WhatsApp juga dapat membantu bisnis menengah dan besar menyediakan dukungan pelanggan dan mengirim notifikasi penting ke pelanggan Anda. Pelajari selengkapnya mengenai API WhatsApp Business.

Baca Juga : Kumpulan Ide Bisnis Terbaik dan Menguntungkan di Tahun 2020 [LENGKAP]

 

Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger

 

Apa saja perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messanger ini, Yuksimak penjelasan berikut ini :

  1. Perbedaan logo WhatsApp Business

    Menggunakan huruf kapital “B” dengan latar warna hijau khas WhatsApp. Logo ini berbeda dengan WhatsApp Messenger yang terkenal dengan logo gambar telepon.

  2. Dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor

    Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang menggunakan nomor ponsel, WhatsApp Business bisa menggunakan sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau kantor meskipun sah-sah saja menggunakan nomor seluler.

  3. Bisa membalas pesan secara otomatis

    Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk menyetel balasan otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Fitur ini tentu tak ditemukan di WhatsApp Messenger yang bertujuan personal.

  4. Lihat statistik pesan terkirim dan diterima

    Dengan fitur ini, pebisnis bisa melihat statistik pesan terkirm dan pesan yang diterima. Tetu saja fitur ini tidak didapatkan di WhatsApp Messenger dimana seringnya, pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

  5. Bisa memilih kategori bisnisnya

    elain menginformasikan profil perusahaan, seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, pebisnis juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak melulu perusahaan besar, WhatsApp Business juga terbuka untuk UKM dan usaha kecil lainnya. Jika kategori bisnis tidak terdapat di pilihan yang tersedia, bisa memilih kategori “Others”.

 

Keuntungan menggunakannya bagi pebisnis online

Bagi pebisnis, pastinya akan meminimalisir biaya pengeluaran. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu khawatir lagi. Banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan. Selain bebas iklan, aplikasi ini juga bebas biaya alias gratis. Yuk simak Keuntungan menggunakan Aplikasi WhatsApp Bisnis Bagi Pebisnis Online berikut ini :

 

1. Mengumpulkan Kontak Calon Pelanggan

 

Saat ini, cara mudah untuk anda mendapatkan nomor calon pelanggan anda ialah dengan menggunakan iklan, baik itu di media cetak, maupun televisi. Anda juga bisa menggunakan Facebook Ads, Youtube Ads, Google ads untuk membantu menjangkau lebih banyak pelanggan anda di social media.

Jika anda berada pada sebuah pameran, jangan ragu untuk meminta nomor kepada para calon pelanggan ini, paling tidak Anda sudah memiliki nomor Whatsapp mereka untuk di-follow up. Mengapa dengan membuat kolam di Facebook dan Instagram saja tidak cukup? Karena Facebook dan Instagram sifatnya hanyalah social media yang belum tentu dibuka setiap hari oleh prospek customer Anda.

Belum lagi ketika Anda posting sesuatu, postingan Anda bisa tenggelam oleh postingan orang lain. Sedangkan kalau Whatsapp, pesan yang masuk akan langsung diterima di handphone prospek customer Anda dan kemungkinan untuk dibuka dan dibaca lebih besar.

 

2. Melakukan Prospek Pelanggan

 

Ssetelah anda mendapatkan nomor Whatsapp calon pelanggan Anda, Kemudian Anda bisa mengirimkan pesan penawaran yang menarik dan meminta calon customer Anda untuk menyimpan nomor Whatsapp Anda. Gunanya supaya Anda bisa broadcast ke mereka.

Lalu,Jika costumer tersebut tidak menyimpan kontak anda, Anda bisa buat penawaran menarik dengan memberikan satu hadiah FREE untuk mereka. Boleh ebook yang bermanfaat, hadiah kecil, dsb, yang akan Anda bagikan hanya jika mereka menyimpan kontak Anda.

 

3. Responsible Costumer

Tips dan trik dalam menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis dan toko online berikutnya adalah menggunakan fitur quick replies atau bahasa Indonesianya adalah balasan cepat. Fitur ini bisa kita gunakan untuk menjawab pertanyaan berulang seperti :

  • nomor rekening
  • cara pembelian
  • spesifikasi produk dan harga
  • dan lain sebagainya.

 

4. Integrasikan dengan saluran pemasaran lainnya

 

Tips dan trik WhatsApp Business untuk bisnis dan toko online yang terakhir adalah mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lainnya. Salah satu kelemahan dari WhatsApp adalah terbatasnya jumlah penerima pesan massal dan juga jumlah anggota grup. Sehingga ketika kita ingin mengirimkan pesan ke banyak orang, akan terkendala pada batasan jumlah yang ditentukan oleh WhatsApp.

Maka dari itu supaya kita bisa tetap terhubung dengan semua orang yang ada di daftar kontak, kita perlu mengintegrasikannya dengan saluran pemasaran lainnya seperti email marketing ataupun Telegram Channel.

 

5. Membuat Grup Reseller atau Dropship

 

Setelah prospek customer mengenal siapa Anda dan sudah yakin dengan kredibilitas toko online Anda, Anda bisa membangun grup khusus untuk reseller Anda. Tugas Anda adalah membina mereka di dalam grup supaya mereka bisa mahir membantu Anda menjualkan produk-produk Anda.

Reseller ini bisa Anda dapatkan dari database kontak Anda. Dari sekian banyak customer, pasti ada yang ingin bergabung menjadi reseller. Masukkan mereka ke dalam grup khusus lalu follow up dan bina mereka di dalam grup. Fokuskan pada pengembangan skill mereka dalam menjual.

Sehingga selain penjualan dan penghasilan mereka meningkat, bisnis Anda juga terbantu berkembang dengan sendirinya.

Baca Juga : Kumpulan Ide Bisnis Dropship Paling Menguntungkan di tahun 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

WhatsApp Bisnis Memang dibuat khusus untuk membantu anda mengembangkan bisnis online. Selain itu, Aplikasi ini  dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk pemilik bisnis kecil. Anda dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan Anda.

Anda dapat memaksimalkan fitur dari WhatsApp Bisnis ini seperti Broadcast, Quick Reply dan memberi label prodok anda. Bahkan, aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi fast respon. Sehingga anda dapat menjawab dengan cepat dan otomatis pertanyaan dari Pelanggan (Costumer).

Jika anda adalah seorang ibu rumah tangga atau pebisnis, aplikasi ini sangat cocok untuk anda. Selain tanpa biaya, keuntungan yang didapat juga bisa lebih maksimal. Anda juga dapat melihat traffic chat anda di aplikasi ini. Nah, tunggu apalagi? yuk segera manfaatkan aplikasi ini untuk membuat omzet bisnis online anda semakin melimpah.

 

Related Post :

popup image