Mengetahui Fungsi dari Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description

Business, Search Engine Optimization / 2 | | 0

IDCHoster kali ini IDCloudHost akan membahas fungsi dan pengertian dari Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description. Jika teman-teman mencari informasi tentang SEO pasti teman-teman pernah melihat kata Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description pada informasi tersebut. Jadi kita ulas sedikit penjelasan dan juga fungsi dari bahasan ini.

Baca Juga : Mengenal Search Engine Optimization (SEO) dan Manfaatnya

Jika teman-teman belum jelas khususnya bagi yang pemula sebaiknya pahami pengertian berikut ini:

Pengertian Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description

  • Tag
    Tag merupakan satu kata atau lebih sebagai perintah yang diolah didalam dokumen HTML. Seperti halnya kelopok atau kumpulan kata, tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel maupun content didalam sebuah situs. Tag berbentuk lebih fleksibel apabila dibandingkan dengan kelompok kata lain. Tag digunakan biasa melalui caya yang lebih spesifik sebagai salah satu kata kunci atau keyword satu halaman yang spesifik di suatu website/blog. Dalam satu halaman artikel atau tulisan umumnya diberikan kata kata sinonim serta juga banya tag didalamnya.
  • Meta Tag
    Meta tag merupakan kode-kode html yang berada di bagian halaman sebuah situs. Meta tag tidak akan muncul pada bagian halaman tulisan ataupun halaman situs. Meta tag adalah kunci untuk mendapatkan peringkat halaman web blogspot yang baik di search engine. Meta tag ditulis di antara <HEAD> dan </HEAD> dalam dokumen html.Meta tag yang tidak sama mempunyai fungsi yang tidak sama juga, tetapi dengan umum dari keduanya dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang kondisi atau isi dari halaman website atau blog pada robot di search engine.Fungsi dari meta tag dalam sebuah dokumen html memberikan informasi tentang berbagai aspek dari halaman web atau blogspot, baik dari nama penulis bahasa yang digunakan, judul dan kata kunci dari halaman web.Di masa lalu, meta tag digunakan untuk rating halaman web, tetapi penggunaan meta tag oleh webmaster situs dewasa menyebabkan search engine utama seperti search engine Google, Yahoo, MSN, dll untuk menghapus meta tag dari kriteria prioritas mereka. Web master situs dewasa menggunakan meta tag untuk memasukan kata kunci yang tidak relevan di situs web agar pengunjung dapat di arahkan ke situs mereka. Tetapi meta tag pasti dapat membantu search engine dalam mengindeks halaman web teman-teman.
  • Meta tag Description
    Meta tag description merupakan perintah dalam wujud kode html di template blog/web yang ada pada masing-masing halamannya. Meta tag decription digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web teman-teman. Ukurannya biasanya tidak boleh lebih dari 160 karakter, dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan.Jadi fungsi dari meta tag decription adalah untuk mengemukakan ringkasan informasi dari satu judul halaman postingan pada Search Engine dimana ringkasan tersebut Cuma muncul di halaman indeks pencarian. Sebagai contoh hasil pencarian oleh spider google serta search engine yang lain hingga bisa di mengerti oleh user yang tengah melacak judul artikel tersebut serta relevan dengan yang mereka cari. Description yang relevan dengan judul artikel atau postingan lebih mempunyai peluang untuk mendapatkan banyak clickthrough (banyak di klik).Biasanya ada yang disebut meta tag kata kunci yaitu keyword, keyword yang mewakili judul serta gambaran halaman menulis yang sedang dicari di search engine dan jika kata kunci nya cocok dengan judul serta gambaran menulis teman-teman, maka judul artikel teman-temanlah yang muncul di halaman index pencarian. Dalam kaitannya dengan search engine optimization (SEO), google lebih percaya meta description dan pada yahoo search lebih percaya tag atau kata kunci.

Semoga Artikel ini bermanfaat 🙂

Related Post :