Mengetahui Rumus-rumus Microsoft Excel yang Wajib Diketahui

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Salah satu aplikasi yang cukup diperlukan oleh banyak orang dari kumpulan aplikasi Microsoft Office adalah Microsoft Excel. Aplikasi Microsoft Excel sendiri memiliki fungsi untuk melakukan penghitungan, tak heran jika keberadaannya banyak digunakan terutama di perkantoran dan tak terkecuali bagi mereka yang masih mengenyam pendidikan hingga yang sudah bekerja.

Namun, dalam menjalankannya Anda perlu memahami rumus-rumus Microsoft Excel itu sendiri. Tahukah Anda apa saja rumus-rumus Microsoft Excel yang dipakai untuk melakukan penghitungan tersebut? Tentu saja, terdapat banyak rumus yang dipakai dalam pengoperasian dan penghitungan Microsoft Excel yang harus dipelajari dengan seksama demi bisa mengoperasikannya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai rumus yang digunakan dalam aplikasi Microsoft Excel, ada baiknya Anda mengetahui apa itu pengertian dari Microsoft Excel serta cakupan kegunaannya. Mari simak pengertian Microsoft Excel yang perlu Anda ketahui dan rumus- rumusa yang harus Anda kuasai di bawah ini.

 

Mengenal Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi spreadsheet yang sudah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi iOS, Microsoft Windows, hingga Mac OS X. Selain itu, dalam Microsoft Excel juga banyak tersedia fitur-fitur yang bisa memudahkan penggunanya seperti dalam membuat perhitungan, tabel, grafik, bahasa pemrograman makro yang disebut dengan Visual Basic for Applications. Jadi bisa dikatakan disini bahwa aplikasi ini cukup fleksibel untuk berbagai macam kebutuhan.

Excel telah menjadi alat atau spreadsheet yang paling banyak diminati dari platform ini bahkan sejak versi 5 selaku versi lama mereka pada tahun 1993 serta juga telah menggeser dan menggantikan Lotus 1-2-3 sebagai standarisasi industri spreadsheet. Sebenarnya, Microsoft Excel sendiri tak hanya digunakan dalam melakukan operasi hitungan saja, namun masih ada beberapa kegunaan lain yang bisa Anda manfaatkan dalam berbagai bidang. Apa saja kegunaan tersebut? Ketahui lebih lanjut!

Baca Juga :  Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu File dengan Cara Praktis, Cepat dan Mudah

 

Kegunaan Microsoft Excel di Berbagai Bidang

 

Selain memiliki rumus-rumus Microsoft Excel untuk membantu melakukan penghitungan, terdapat hal menarik lainnya yang membuatnya bisa membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Beberapa kegunaan tersebut antara lain :

  • Bidang akuntansi

    Microsoft Excel dapat digunakan untuk menghitung jumlah keuntungan maupun kerugian dalam sebuah perusahaan. Umumnya penghitungan tersebut dilakukan selama satu tahun.

  • Pengelolaan data

    Microsoft Excel dapat digunakan untuk mengelola data base statistic, mencari nilai tengah, menghitung data, mencari rata-rata, mencari nilai maksimum hingga minimum dari sebuah data.

  • Kalkulasi matematis

    Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk mencari data hasil pengurangan, penjumlahan, pembagian, hingga pengurangan ataupun variasi kalkulasi lainnya.

  • Pembuatan grafik

    Microsoft Excel juga bisa digunakan dalam membuat grafik. Salah satu contohnya adalah grafik nilai mata pelajaran siswa dalam satu semester, grafik jumlah penduduk selama satu tahun, dan masih banyak lagi.

  • Operasi tabel

    Terakhir, Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk mengoperasikan tabel. Microsoft Excel dibekali dengan jumlah baris sebanyak 1.084.576 dan kolom sebanyak 16.384.

 

Itulah beberapa kegunaan dari Microsoft Excel yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan pengumpulan data dan informasi perusahaan skala besar hingga penggunaan pribadi. Lalu, apa saja rumus-rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk mengoperasikannya? Di bawah ini merupakan beberapa rumus Microsoft Excel yang paling sering digunakan dan wajib untuk Anda ketahui lebih lanjut!

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Evernote : Definisi, Kelebihan, dan Manfaat

 

Rumus-rumus Microsoft Excel Lengkap

 

Sebagai salah satu aplikasi dasar dalam pekerjaan kantor dan perusahaan, Microsoft Excel memang menjadi aplikasi harian yang umum. Untuk mengoperasikannya, seseorang perlu mengetahui dan menghafal berbagai rumus Microsoft Excel. Rumus-rumus tersebut antara lain :

  1. SUM

    Merupakan rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menjumlahkan. Rumus ini sendiri bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat. Cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu membuat tabel penjumlahan kemudian masukkan rumus SUM. Rumus SUM bisa Anda contoh dengan format berikut =SUM(D2:E2). Jika sudah, maka tekan tombol enter untuk mengetahui jumlahnya.

  2. AND

    Rumus AND memiliki fungsi dalam menghasilkan nilai TRUE apabila seluruh argumen yang diuji bernilai BENAR dan SALAH apabila semua atau salah satu argumen bernilai SALAH. Untuk menggunakannya terbilang cukup mudah, pertama Anda harus membuat tabel kemudian masukan rumus AND. Contohnya=AND(D2>G2), jika sudah tekan enter dan ketahui hasilnya.

  3. AVERAGE

    Rumus Microsoft Excel yang satu ini memiliki fungsi utama dalam mendapatkan nilai rata-rata suatu variabel. Untuk mendapatkannya, Anda perlu membuat tabel terlebih dahulu, misalnya saja untuk nilai-nilai siswa. Kemudian, Anda bisa memasukkan rumus seperti contohnya =AVERAGE(D2:F2). Jika sudah, tekan enter untuk mengetahui hasilnya. D2 dan F2 merupakan batas kolom dan baris yang ingin diketahui nilainya.

  4. NOT

    Rumus Microsoft Excel selanjutnya ini berfungsi dalam menghasilkan BENAR jika kondisi yang diuji adalah SALAH dan SALAH jika yang diuji BENAR. Anda bisa menerapkan beberapa langkah untuk mengoperasikannya. Pertama adalah dengan membuat tabel terlebih dahulu. Lalu masukkan rumus not, seperti contohnya =NOT(G2<G3) lalu enter dan ketahui hasilnya.

  5. OR

    Rumus ini digunakan untuk menghasilkan BENAR jika beberapa argumen telah bernilai BENAR dan SALAH serta apabila semua argumen terbukti bernilai SALAH.

  6. SINGLE IF

    Merupakan rumus Microsoft Excel yang berfungsi mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek adalah BENAR/SALAH dan SALAH/SALAH. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan.

  7. MULTI IF

    Memiliki fungsi yang hampir sama dengan SINGLE IF, hanya saja diambil dalam dua situasi/kondisi dapat ditumpuk dalam beberapa perintah.

  8. CHOOSE

    Berfungsi dalam menampilkan hasil pilihan berdasarkan urutan atau nomor indeks dalam sebuah referensi /VALUE. Baik itu berisi data teks, formula, nama range, ataupun numeric.

  9. AREAS

    Rumus yang satu ini berfungsi untuk menampilkan jumlah area/sel/range dalam sebuah referensi yang disebutkan.

  10. HLOOKUP

    Rumus HLOOKUP memiliki fungsi untuk menampilkan data dari suatu tabel yang tersusun atas format mendatar. Hanya saja diwajibkan urutannya dari kecil ke besar. Misalnya ; 1,2,3,4… ataupun huruf A-Z. Jika sebelumnya mengetikkan secara acak silahkan urutkan dengan menu Ascending

  11. VLOOKUP

    Memiliki fungsi dalam menampilkan data sebuah tabel yang sudah disusun dengan format f=vertikal atau tegak. Adapun syarat penyusunan tabelnya pada baris pertama wajib dari kecil ke besar atau naik. Kemudian jika huruf wajib dari A-Z.

  12. COUNTIF

    Rumus Microsoft Excel yang satu ini berfungsi dalam menghitung jumlah sel dalam satu range dengan adanya kriteria tertentu. Misalnya dengan format rumus =COUNTIF(range;kriteria).

  13. COUNTA

    Rumus ini berfungsi dalam menjumlahkan cell yang sudah terisi. Contohnya dalam sebuah tabel yang terdapat 7 kolom dan Anda ingin mengetahui berapa jumlah cell/kolom yang sudah terisi.

  14. MATCH

    Berfungsi dalam menampilkan posisi suatu alamat sel yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam sekelompok data.

  15. DAY

    Digunakan untuk mencari hari dalam format angka 1 hingga 31 dari data tipe DATE. Contohnya fungsi DAY (kolom B). data type DATE di kolom A diekstrak menghasilkan angka 1-31 .

  16. MONTH

    Memiliki fungsi yang hampir sama dengan DAY yakni untuk mencari bulan dengan format angka 1 sampai 12 dari data tipe DATE.

  17. YEAR

    Hampir sama dengan rumus-rumus Microsoft Excel sebelumnya yakni berfungsi mencari tahun dalam angka 1900 hingga 9999 dari tipe DATE.

  18. DATE

    Merupakan rumus yang berfungsi mendapatkan tipe data DATE dengan memasukkan angkat tahun, bulan, serta hari. Dengan begitu, fungsi DATE merupakan kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan juga YEAR.

Baca Juga :  Perbedaan Barcode dan QR Code serta Cara Membuatnya Dengan Cepat dan Mudah

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah beberapa rumus-rumus Microsoft Excel yang wajib Anda ketahui untuk mendukung kelancaraan pekerjaan Anda. Bagaimana, apakah Anda sudah bisa memahaminya dan menggunakan 18 rumus dasar diatas untuk tugas sehari-hari? Pastinya, dengan aplikasi ini pekerjaan Anda nantinya akan sangat terbantu secara sistematis dengan hasil yang efisien.

Kumpulan rumus-rumus di atas bisa Anda pelajari dan langsung belajar mempraktikkannya untuk lebih menguasainya dengan cepat. Meski pada dasarnya ke-18 rumus diatas adalah rumus dasar dan terbilang mudah, namun jika Anda mengalami kendala menghafalnya, Anda juga dapat menuliskan rumus tersebut di samping komputer Anda sebagai panduan dan pengingat.

Sedangkan bagi Anda yang sudah mahir mengoperasikan Microsoft Excel, rumus di atas bisa Anda jadikan alternatif dari setiap masalah seputar Microsoft Excel. Tetapi bagi Anda seorang pemula yang baru saja mengenal Microsoft Excel, jadikan semua rumusan diatas sebagai bahan latihan Anda setiap hari agar Anda benar- benar dapat menguasai seluk beluk serta teknik Excel dengan baik suatu saat nanti.

Related Post :

popup image