Panduan Lengkap Belajar Blogger untuk Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Siapa yang belum mengenal istilah blog? Dengan adanya blog, Anda bisa berbagi pengalaman ataupun informasi yang bermanfaat lainnya untuk para pembaca. Selain itu, blog juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi ladang penghasilan tambahan, sarana berjualan secara online, dan masih banyak lagi. Tidak mengherankan kalau banyak yang beralih dan memiliki blog terutama saat ini.

Jika Anda juga ingin menciptakan dan memiliki blog Anda sendiri sedangkan Anda adalah pemula yang belum mengetahui banyak hal mengenai cara blogging, maka Anda berada di artikel yang tepat. Setiap pemula yang ingin menjadi blogger dan mulai melakukan blogging perlu belajar banyak hal baik dari segi teknis dalam membuat dan meluncurkan blog maupun dalam menemukan niche penulisannya.

Sedangkan banyak alasan untuk mempunyai sebuah blog dan itu tidak menjadi masalah karena apapun motivasi Anda, Anda harus benar- benar komitmen dalam menjalankannya. Di samping untuk berbagi opini umum kepada pembaca online, melakukan review terhadap produk maupun berjualan, Anda dapat memilih niche apa saja. Sebelum Anda belajar blogger untuk pemula lebih lanjut, ada baiknya Anda juga perlu mengenal apa itu blog terlebih dahulu. Ingin mengenal blog lebih dalam? Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut.

 

Mengenal Apa Itu Blog

Blog merupakan sebuah halaman web yang berisikan postingan atau konten yang erupa tulisan (artikel). Blog sendiri awalnya dimanfaatkan untuk menuliskan catatan-catatan pribadi pemiliknya. Seiring perkembangan zaman, blog saat ini juga digunakan untuk berbagi ilmu, pengalaman, membangun hubungan sosial, hingga berjualan.

Lalu blog sendiri cukup berbeda dengan website. Jika website adalah halaman web yang komersial dan memiliki konten yang relatife statis, berbeda dengan blog yang lebih mengutamakan personal branding dan memiliki konten yang dinamis. Lantas, bagaimana cara membuat blog yang tepat untuk pemula? Bagi Anda yang masih terbilang baru dalam mengenal blog, maka wajib untuk menyimak panduan lengkap belajar menjadi seorang blogger untuk pemula di bawah ini.

 

Panduan Membuat Blog untuk Pemula

Panduan Lengkap Belajar Blogger untuk Pemula
 

Terdapat beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam membuat blog. Dengan belajar blogger untuk pemula maka Anda bisa memanfaatkan sebuah blog sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda secara pribadi. Lalu bagaimana langkah-langkah dalam membuat blog? Di bawah ini diantaranya :

  1. Login dahulu ke blogger.com ini adalah langkah pertama belajar blogger untuk pemula adalah dengan login ke blogger.com dan membuat serta mendaftarkan akun untuk mulai membuat sebuah blog.
  2. Kemudian masukkan alamat email yang Anda pakai lalu pilih Next.
  3. Masukkan password dengan benar, kemudian pilih Next
  4. Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju halaman selanjutnya. Pada halaman tersebut Anda bisa memilih menu Saya Setuju.
  5. Jika sudah, Anda bisa mulai mengisi nama tampilan yang nantinya akan digunakan sebagai profil blogger. Anda bisa memakai nama lengkap sebagai nama tampilan. Jika sudah menentukan nama tersebut pilih Lanjutkan ke Blogger.
  6. Pilih menu Buat Blog Baru yang terdapat pada samping kanan menu.
  7. Kemudian, Anda bisa mulai mengisi petunjuk yang diperlukan. Pada bagian Judul, Anda bisa mengisi judul blog baru Anda. Pada bagian Alamat, Anda bisa mengisi alamat url. Jika Anda benar, maka terdapat tanda centang di sampingnya yang menunjukkan bahwa alamat dari blog yang diisi tersedia. Terakhir pada bagian Tema, Anda bisa memilih tema mana saja yang Anda sukai sebagai tampilan dari blog Anda nantinya.
  8. Setelah pengisian selesai, maka Anda bisa langsung pilih menu Buat Blog.
  9. Kemudian, apabila Anda menemukan penawaran pembelian nama domain dan tidak ingin membelinya, maka cukup pilih Lain kali.
  10. Terakhir, blog sudah selesai dibuat.

Cukup mudah bukan, belajar blogger untuk pemula? Anda bisa segera mempelajari menu-menu blogger dan mulai menulis konten yang menarik dan mempostingnya pada blog tersebut.

Baca Juga :   Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

 

Panduan Posting Konten Blog untuk Pemula

Blog Anda sudah berhasil dibuat, kini Anda sudah bisa menulis konten dan mengunggah konten artikel dengan sangat mudah. Lantas, bagaimana langkah-langkah dalam memposting konten? Simak selengkapnya panduan yang bisa Anda terapkan berikut ini.

  1. Pilih menu Entri baru
  2. Kemudian, Anda akan menemukan beberapa menu yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Menu pertama merupakan judul dari konten yang Anda buat. Menu kedua terdiri dari deretan tombol yang digunakan untuk mempublikasikan, mereview, hingga menyimpan konten sebelum diposting. Menu ketiga terdapat 2 mode penulisan konten, yakni mode HTML dan mode Compose.
     

    Kemudian terdapat pula menu formatting toolbar yang berfungsi untuk mengolah teks konten layaknya sebuah Microsoft Word hanya saja ada di web. Beberapa menu pengaturan juga bisa Anda pilih untuk memberikan kategori, tautan permanen, dan yang lainnya.

  3. Terakhir, Anda bisa mengisi konten dengan memilih tombol Publikasikan. Namun pastikan sebelum memposting konten, Anda tidak menulis konten yang bermuatan negatif dan sejenisnya.

Dengan rajin memposting konten, maka blog Anda akan semakin bagus dan semakin banyak pengunjung. Kemudian, jika Anda ingin mengganti template bawaan blog, maka Anda bisa mendapatkan panduannya pada langkah- langkah berikut ini.

Baca Juga :   Tips & Trik Membangun Membangun Website Startup yang Baik & Benar

 

Panduan Mengganti Template Bawaan Blog

Panduan Lengkap Belajar Blogger untuk Pemula
 

Panduan belajar blogger untuk pemula memang perlu diketahui secara lengkap, termasuk bagaimana cara mengganti template bawaan blog. Memang, blog sendiri sudah memiliki template bawaan yang bukan berarti tidak bisa Anda ganti secara manual. Anda bisa belajar blogger untuk pemula dalam mengganti template bawaan dengan cara di bawah ini.

  1. Pertama download dahulu template yang ingin dipakai pada blog.
  2. Selanjutnya Anda bisa masuk ke menu dashboard dan memilih menu Tema
  3. Kemudian Anda bisa memilih menu Backup atau Pulihkan
  4. Lalu pilih menu Choose File yang nantinya berguna untuk mengupload template yang akan Anda gunakan.
  5. Langkah terakhir, Anda bisa memilih menu Upload dan template berhasil diganti.

Memang cukup mudah belajar blogger untuk pemula dalam mengganti template bawaan, hanya saja yang perlu Anda perhatikan adalah templatenya yang wajib memakai format .xml.

Baca Juga :   Tips & Trik Membangun Website Bisnis yang Baik & Benar

 

Berbagai Manfaat Blog untuk Pemula

Belajar blogger untuk pemula sudah mulai Anda ketahui. Namun, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui juga apa saja manfaat blog untuk pemula yang bisa Anda ketahui seperti berikut ini.

  • Mengasah kemampuan Anda dalam berbagi informasi

    Menulis atau berbagi informasi melalui blog mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk itu, dengan membuat blog, maka Anda bisa sekaligus mengasah kemampuan menulis Anda dengan baik.Misalnya saja dengan menulis artikel berita, kesehatan, hingga travelling. Semakin sering Anda menulis, maka dapat dipastikan bahwa tulisan Anda akan semakin baik pula.

  • Membangun jaringan atau relasi lebih banyak

    Dengan belajar blogger untuk pemula secara tidak langsung Anda juga sudah dapat membangun relasi atau jaringan dengan lebih banyak orang. Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk bergaul, maka tentu membangun relasi akan lebih sulit untuk dilakukan. Untuk itu, membuat blog adalah salah satu langkah yang bisa Anda pilih sehingga orang lain bisa meninggalkan komentar atau pesan atas tulisan yang sudah Anda buat sebelumnya.

  • Menghasilkan uang dengan menjual produk melalui blog

    Manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh jika belajar blogger untuk pemula adalah dapat menghasilkan uang dengan cara menjual produk melalui blog tersebut. Cara ini bisa Anda pilih bagi Anda yang memang memiliki produk untuk dijual. Terlebih jika Anda memerlukan tempat usaha yang murah namun tetap efektif untuk berjualan. Anda bisa menjual produk secara online melalui blog tanpa perlu membuka bahkan menyewa toko dengan biaya yang sangat mahal. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran namun penjualan masih tetap bisa dilakukan.

Baca Juga :   Tips Menggunakan Jasa Pembuatan Website Bisnis dan Perusahaan Murah

 

Kesimpulan dan penutup

Dengan belajar blogger untuk pemula, Anda bisa membuat blog dan membagikan pemikiran serta wawasan baru Anda kepada seluruh pengguna internet yang ada di dunia. Tak hanya itu, jika Anda sudah benar-benar menguasai sebuah blog maka Anda bisa menghasilkan uang secara online yang cukup lumayan. Karena sebuah konten dan dedikasi Anda dalam menjaga kualitas blog Anda tentu akan menarik perhatian.

Anda juga dapat menerapkan semua panduan dan acuan diatas tadi, hanya saja tetap tentukan tema tulisan Anda. Usahakan untuk tetap mengikuti benang merah konten dan tulisan Anda agar pengunjung dan pembaca Anda tidak kebingungan karena tulisan serta isi konten Anda yang berubah- ubah mencakup banyak hal dan tidak tepat sasaran. Perhatikan juga penataan dan tata letak blog Anda agar menarik secara visual.

Sebuah blog yang baik tidak hanya selalu konsisten menampilkan tulisan artikel dan konten namun juga mempunyai aestetik yang berbeda dan unik. Maka dari itu setelah Anda mulai bisa mengoperasikan blog Anda sendiri, jagalah ritme penulisan dan konten Anda. Karena blog yang dijaga dengan seksama tentu akan mendatangkan keuntungan dan peluang penghasilan yang menggiurkan.

Related Post :

popup image