Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Jika Anda ingin memulai menjadi seorang blogger tentunya harus mempersiapkan membuat website atau blog sebagai wadah tempat Anda mempublikasikan tulisan Anda. Bagi blogger, website adalah hal atau senjata utama yang sangat penting karena sebagai wadah untuk melakukan aktivitasnya. Maka apabila Anda blogger pemula maka, Anda harus dapat memilih dan menentukan platform website yang tepat untuk memenuhi segala kebutuhan Anda sebagai blogger.

Salah satu platform penulisan yang bisa Anda pilih adalah WordPress yang sangat populer dan juga suer friendly. WordPress juga menyediakan hosting gratis, tanpa dipungut biaya apapun sehingga Anda dapat memulai membuat website pertama Anda dan mencobanya. Tidak mengherankan banyak blogger pemula yang memilih WordPress hosting gratis.

Tetapi tidak hanya blogger saja namun, banyak pebisnis online, perusahaan, serta lainnya yang menggunakan WordPress untuk membuat website mereka. Karena kelebihan WordPress merupakan salah satu platform yang fleskibel serta bisa memenuhi kebutuhan blogger. Jika Anda berniat memilih platform WordPress untuk mendukung pekerjaan, sebaiknya ketahui kebutuhan dan sesuaikan semuanya terlebih dahulu agar Anda bisa mendapatkan website seperti yang Anda idam- idamkan.

 

Cara Install WordPress Hosting Gratis

Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website
 

Hal yang harus digaris bawahi dalam memilih platform WordPress hosting gratis yakni desain, fitur, support, kemudahan dalam menggunakan, dan lainnya. Maka sebelum mengetahui cara install WordPress, Anda perlu mengetahui bahwa wordpress merupakan platform yang dibuat oleh software WordPress. Pengguna dapat mendownload software WordPress, kemudian dapat install sendiri.

WordPress sendiri menyediakan 3 plan yang bisa Anda pilih menyesuaikan kebutuhan dan budget Anda, yaitu :

  • Free plan yang cocok untuk pemula, karena tanpa dipungut biaya apapun.
  • Plan blogger profesional yang dibanderol dengan biaya $99.
  • Plan ketiga yaitu WordPress untuk e-commerce, biaya administrasinya mencapai $299.

Baca Juga :  Cara Mendaftarkan Domain Organisasi (OR.ID) untuk Organisasi di Indonesia

 

Setelah menentukan pilihan Anda untuk memakai plan yang mana, lanjutkan untuk melakukan install WordPress. Menginstall WordPress ternyata sangat mudah dari apa yang Anda bayangkan bahkan untuk level pemula yang sangat awam sekali pun. Install WordPress dapat dilakukan dengan menggunakan 2 cara. Cara pertama yaitu memakai Auto Installer. Cara ini cocok sekali Anda yang memiliki keinginan untuk membuat website dalam keadaan online, mari ikuti langkah – langkah berikut :

  • Langkah pertama install WordPress menggunakan Auto Installer Softaculous yaitu membuat akun pada IDCloudhost. Lanjutkan dengan verifikasi alamat email, lalu cobalah untuk log in Cpanel Anda. Fitur ini bisa anda lihat panduan Cara Instalasi WordPress di cPanel.
  • Cara kedua yaitu install WordPress hosting gratis dengan cara manual. Menggunakan cara manual memang agak sulit tetapi, memiliki kelebihan. Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan yaitu memperoleh informasi mengenai proses install WordPress. Cara install manual yaitu download WordPress versi terbaru. Anda bisa mendapatkan filenya di website resmi WordPress.
  • Setelah file WordPress diunduh, compress file menjadi zip untuk mempermudah FTP (File Transfer Protocol). Aktifkan FileZilla, kemudian cari kredensi milik Anda di pengaturan umum. Lengkapi hostname, password dan username. Usahakan jangan menggunakan kata yang sama dengan pemilik website lainnya. Buatlah kata sandi yang sulit supaya website WordPress Anda aman.

Selesai melengkapi data, kredensi Anda akan keluar dan masukkan ke corresponding FileZilla. Lanjutkan dengan menyelesaikan proses install website WordPress sesuai dengan instruksi yang dijelaskan. Jika berhasil, pada akhir laman Anda diberi pilihan yaitu login ke sebuah situs baru. Nah install WordPress manual kini telah selesai. Anda bisa menikmati menggunakan WordPress Hosting Gratis.

Baca Juga :  Tips Cara Mendapatkan Domain Gratis dan Cara Menggunakannya

 

Keunggulan Memakai WordPress Hosting Gratis

Tanpa disadari, orang disekitar Anda banyak yang merekomendasikan untuk memakai WordPress Hosting gratis. Itu tandanya keunggulan WordPress telah diakui ramai, sehingga orang yang telah memakainya merekomendasikan kepada Anda. Keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh WordPress pastinya dapat membuat website semakin berkualitas.

Salah satu keunggulan WordPress yang sangat diminati penggunanya adalah fitur yang disebut responsive mobile sites. Artinya website WordPress dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan ragam screen smartphone. Keunggulan selanjutnya yaitu customizable designs, berarti WordPress menawarkan tampilan yang bisa di kustomisasi mulai dari tema, tulisan, animasi, dan elemen website lainnya yang mempercantik tampilan.

Selanjutnya yang paling menonjol adalah keunggulan berikutnya yaitu SEO friendly, sehingga website WordPress dapat meningkatkan performa agar mudah mendapatkan pengunjung. Tidak hanya itu, dengan adanya SEO friendly maka website Anda dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian Google . Itulah tiga keunggulan yang umumnya diketahui dan paling terkenal yang dimiliki oleh WordPress, tetapi masih ada juga keunggulan lainnya seperti high performance, manage on the go, high security, dan powerful media management.

Baca Juga :   Tutorial Mengedit DNS Zone Domain (Account Reseller)

 

Cara Membuat Blog WordPress Hosting Gratis

Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website
 

Tidak sabar untuk menggunakan WordPress? Mari mari membuat blog terlebih dahulu dan pastikan bahwa koneksi internet Anda lancar supaya proses pembuatan blog tidak terganggu. Untuk mempermudah Anda dalam membuat blog maka, berikut merupakan cara membuat blog WordPress yang harus diketahui.

  1. Download WordPress

    Langkah pertama yaitu downloadfile WordPress di website resmi https://wordpress.org/download/. Selesai melakukan proses download, langsung ubah file menjadi unzip.

  2. Database

    Anda telah mendapatkan file WordPress. Langkah kedua yaitu mempersiapkan database di komputer maupun laptop Anda sudah menyediakan php, web server, mysql, atau mainnya. Bagi Anda yang baru membuat blogger, lebih baik menggunakan web server XAMPP. Alasannya karena mudah digunakan oleh pemula. Apabila sudah memilih XAMPP, buatlah database dan pastikan catat nama, password, username database supaya tidak lupa.

  3. Taruh WordPress Hosting Gratis di Web Server

    Sudah menyelesaikan langkah satu sampai dua, langkah ketiga yaitu menaruh folder WordPress yang sudah jadi di web server. Untuk mengupload, pastikan Anda memakai XAMPP atau bisa juga LAMPP. Sebelum upload, pastikan bahwa Apache serta MySQL Anda telah aktif. Upload file kemudian letakkan pada folder C:\xampp\htdocs yang mudah ditemukan.

  4. Buat Akses WordPress

    Langkah keempat yaitu membuat akses WordPress yang diberi nama localhost/nama_folder_WordPress. Saat Anda masih memakai folder default maka alamat yang bisa Anda gunakan adalah localhost/wordpress. Setelah berhasil, akan ada pemberitahuan Create a Configuration File. Segera klik, lanjutkan tekan Let’s Go. Isi nama, password, dan username database sesuai dari yang Anda buat. Klik Submit, lalu jangan sampai lupa klik run the install.

  5. Mengelola WordPress

    Langkah kelima yaitu mengelola WordPress hosting gratis, dengan membuka pengaturan database. Jika Anda ingin mengubah nama, password dan username maka pada langkah inilah Anda bisa mengubahnya. Sertakan email aktif yang Anda miliki untuk mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut dari website. Apabila sudah terisi seluruhnya, klik kemudian install WordPress. Dari sini WordPress sudah berada pada localhost. Silahkan login kembali menggunakan username serta password.

  6. Atur Desain Website

    Di langkah kelima, blog WordPress Anda sudah dapat digunakan. Hanya saja ada yang kurang yaitu mengenai desain tampilan. Percantik desain tampilan website, supaya banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi blog Anda.

Baca Juga :   Tips dan Trick Mendapatkan Domain Gratis dari IDCloudHost

 

Kesimpulan dan penutup

Demikian beberapa cara membuat blog sampai dengan tahapan desain website WordPress yang bisa dipelajari dan dilakukan oleh siapa saja. WordPress yang selain mudah dan ramah guna, juga menyediakan banyak fitur maupun plugin yang fungsional, praktis, mudah dan fleksibel. Anda juga dapat mengubah- suai tema atau layout website Anda sehingga menarik dan menjadi berbeda dari website kebanyakkan.

Tetapi dalam melakukan pembuatan blog diharapkan agar selalu sabar, karena dibutuhkan kejelian dalam mengikuti proses pembuatan website. Anda juga harus rajin mengulik dan mencari tahu apa saja yang Anda butuhkan dan perlukan dalam membuat website idaman Anda. Jadi diharapkan dengan mengetahui tips dan cara menggunakan WordPress hosting gratis ini akan dapat membuat dan meningkatkan pengalaman menulis untuk blog dan website Anda lebih baik lagi.

Related Post :

popup image