Panduan Lengkap Cara Mengganti Password WiFi (Cara Hack WiFi)

Serba Serbi, Tips & Tricks / 3 | | 0

Koneksi internet kini telah  menjadi kebutuhan hidup yang amat penting dan tidak terpisahkan bagi masyarakat di zaman serba maju ini, bahkan telah termasuk bagian hidup yang cukup berpengaruh. Terlebih lagi penggunaan internet di dalam perusahaan yang menjadi penunjang kelangsungan gerak kerja si perusahaan tersebut.

Belum lagi para pengguna independent entah itu demi kebutuhan pribadi atau contoh akuratnya para gamer yang menggantungkan kelancaran permainan mareka semata- mata pada koneksi internet. Kalau dari hal terkecil pun kita telah bergantung pada teknologi yang mampu menghubungkan semua manusia dibelahan bumi manapun ini, tidak mengherankan kalau penggungana WiFi semakin bertambah hari demi harinya karena jaringan cakupannya yang luas, tanpa batas waktu dan tak terbatas.

Bila kamu tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan untuk pemakai WiFi tetapi tidak terlalu memahami seluk beluknya. Tidak hanya koneksi yang perlu diamankan tetapi terutama sekali bila bila ingin menghindari adanya pencurian atau pemakaian secara terselubung, sebaiknya ganti password WiFi secara berkala dan konsisten.

Baca Juga : Keunggulan Standardisasi WiFi 6 Terbaru, Apa Kehebatannya?

 

Hal yang harus diketahui dari WiFi ?

 

Sebuah WiFi memang harus dilengkapi dengan dengan kode keamanan untuk mencegah pembobolan atau pencurian wireless network atau bandwith bahkan hingga kemampuan untuk melihat informasi traffic pribadi si pemilik oleh peretas.

Biasanya kita cenderung menggunakan password yang mudah di ingat atau common bila yang nantinya akan dibagikan dengan pengguna lain tetapi kombinasi password yang mudah ditebak serta lemah justru mudah di retas tanpa kesulitan bagi mareka yang ahli meretas. Sebaik- baiknya buatlah strategi matang dan lengkap untuk nama pengguna dan password WiFi yang tidak hanya compatible namun juga kuat.

 

Apakah Password Anda Aman?

 

Pada dasarnya vendor atau penyedia servis broadband akan memasukkan jasa menginstal konfigurasi router pada pemasangan pertama kalinya. Seringnya mereka menggunakan cara sederhana seperti mengambil serial number yang dicetak pada bagian bawah router sebagai password karena menurut mareka lebih aman oleh pertimbangan setiap router di buat persatuan dan mudah dicari kembali jika lupa.

Tetapi memang sebaiknya kita tidak perlu menggunakan pilihan yang biasa mareka gunakan diatas dan memilih kombinasi yang sesuai dengan yang kita inginkan dan butuhkan. Walau mungkin kamu adalah pengguna pribadi dan ini adalah password personal, hindari menggunakan angka dan tahun dari hari ulang tahun, alamat rumah, nama panjang juga nomor telephone yang sehari- harinya di akses.

Jangan juga menggunakan nomor dari password kartu ATM, akun bank, password dari email atau social media, jumlah angka atau huruf kurang dari 10 digit, nomor aplikasi lainnya pada password WiFi terlebih lagi jika kemudian informasi ini akan dibagikan secara umum.

Makin kuat sebuah password maka makin sulitlah ia bila di bobol, tambahan lagi bila si password tidak hanya kuat tapi juga mudah di ingat. Mudahnya sebuah password untuk di ingat berhubungan erat dengan faktor kemungkinan luar yang bisa saja terjadi.

Faktor- fakor tersebut adalah pertimbangan bila kita menggunakan komputer atau smartphone lain dari yang biasa kita pakai. Ini adalah factor yang biasa terjadi karena kita tidak mampu mengingat username dan kombinasi apa saja yang telah kita gunakan untuk password tadi.

 

Cara Mengganti Password WiFi Menggunakan PC

 

Bermacam – macam cara untuk mendapatkan kembali atau mengganti password, beberapa router dari vendor atau penyedia broadband mungkin saja memerlukan cara spesifik tersendiri namun berikut ini adalah langkah yang biasa digunakan untuk kamu coba sendiri :

 

  1. Sambungkan PC kamu ke jaringan internet dengam menggunakan sambungan WiFi.
  2. Akses 192.168.1.1
  3. Lalu buka browser dan ketik konfigurasi angka ini pada kolom address bar browser yang nantinya akan terhubung pada interface awal.
  4. Username dan password
    Kemudian akan muncul permintaan untuk memasukkan username dan password, apabila kamu adalah penguna awal maka ketikkan admin atau nama pada kolom username dan konfigurasi password yang hendak digunakana. Perhatikan cara penulisan nama penggunanan dengan benar dan hindari memakaia huruf kapital pada awalan dan klik tombol login sesudahnya.
  5. Network

    Jika sudah berhasil masuk atau login, cari menu menu pilihan Network yang ada pada bagian kiri layar interface.

  6. WLAN

    Dari network tadi nanti akan muncul pilihan WLAN, LAN dan port locating. Klik pada pilihan WLAN yang mengantarkan kita pada pilihan yang harus di klik berikutnya yaitu Security.

  7. WPS Passphrase

    Di bagian sebelah kanan nantinya akan muncul beberapa kolom dengan keterangannya, cari dan temukan pilihan untuk tombol klik WPA Passphrase.

  8. Mengisi password

    Pada sebelah pilihan WPA Passphrase terdapat kolom tempat kita bisa mengganti password WiFi. Secara ketentuan umum, password WiFi yang baik serta kuat adalah terdiri dari 8 – 36 karakter yang harus dipikirkan secara matang. Agar lebih amannya maka gunakan juga kombinasi atau perpaduan huruf kapital, angka dan juga huruf kecil.

  9. Submit

    Tekan tombol submit yang ada pada bagian bawah kanan interface jika kamu sudah merasa kombinasi password tadi aman dan tidak mudah di bobol.

 

Cara mengganti password WiFi menggunakan HP

Menggunakan smartphone adalah pilihan lainnya yang untuk mengganti password WiFi apabila kamu tidak mempunyai PC. Step atau langkahnya pun masih sama yaitu sebagai berikut :

 

  1. Membuka browser dan mengetikkan 192.168.1.1. Langkah awal ini akan membawa kita pada laman muka utama yang juga menampilkan kolom untuk memasukkan username dan password.
  2. Masukkan admin atau nama yang ingin digunakan pada username dan password.
  3. Menu akan menampilkan Network, WLAN, Security pada sisi kanan atau sisi kiri interface.
  4. Bila sudah, nanti akan muncul kolom- kolom dengan berbagai informasi di sisi sebelahnya.
  5. Temukan WPA Passphrase untuk mengganti password dan ketik password baru untuk menggantikan password yang lama.

Baca Juga : Tutorial Cara Mempercepat Koneksi Internet [Terbukti]

 

Kesimpulan dan Penutup

Step penggantian password WiFi ini sangat penting untuk diketahui para pengguna WiFi dan sekiranya perlu di pelajari juga di ingat untuk memudahkan kita mencari tahu apabila ada koneksi yang kurang lancar atau terhenti. Semakin banyak pengguna WiFi maka juga turut mempengaruhi koneksi yang berakibat internet menjadi lambat.

Selain memperhatikan keamanan password, kita juga harus memastikan pengecekkan website yang biasa kita buka karena tidak tertutup ada celah luar yang juga mempengaruhi gerak laju koneksi. Permasalah yang paling sering terjadi adanya serangan malware, server yang anjlok atau down yang mengakibatkan lagging dan proses loading yang lama.

Perlu juga dicatat untuk informasi tambahan kalau banyak router telah dilengkapi dengan software yang terkonfigurasi dari asalnya langsung. Apabila kamu menemukan kasus seperti ini, kamu bias menggunakan aplikasi yang telah mareka sediakan selain menggunakan interface dari web browser untuk menggantikan password WiFi tadi.

Related Post :