logo Panduan Instalasi Pi-hole di Cloud VPS IDCloudHost

Panduan Instalasi Pi-hole di Cloud VPS IDCloudHost

Panduan Instalasi Pi-hole di Cloud VPS IDCloudHost

Anda yang akrab dengan dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah DNS. Teknologi DNS atau Domain Name Server memiliki peran penting dalam kelangsungan internet saat ini. Dengan adanya DNS, Anda dapat mengakses website menggunakan nama domain yang mudah diingat dan diakses. Namun, pernahkan Anda mendengar istilah DNS Server sebelumnya? Pi-hole adalah salah satu software yang bisa Anda coba.

DNS Server merupakan komputer server yang berfungsi menjalankan layanan DNS. Cara kerjanya adalah ketika Anda mengetikkan URL di adress bar browser Anda, DNS Server akan menerjemahkan URL tersebut menjadi IP Address website dan mengarahkan Anda ke website tersebut.

Fungsi DNS Server biasanya sudah dijalankan secara otomatis oleh komputer dan ISP Anda. Namun, terkadang Anda butuh keamanan ekstra untuk melindungi jaringan, salah satu caranya adalah dengan menghindari iklan berlebihan atau akses ke website-website negatif.

Untuk kebutuhan itulah DNS sinkhole diperlukan. DNS sinkhole adalah metode pengalihan lalu lintas dari satu server DNS ke server DNS lainnya. Ini bisa digunakan untuk tujuan keamanan. Dengan menggunakan DNS sinkhole, Anda dapat mengarahkan semua lalu lintas untuk nama domain tertentu ke server tertentu, yang kemudian dapat dipantau untuk aktivitas berbahaya. Salah satu software yang bisa menjalankan fungsi ini adalah Pi-hole.

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal Pi-hole dan cara instal Pi-hole di Cloud VPS IDCloudHost. Anda bisa mengikuti cara setup Pi-hole dengan mudah. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Apa Itu Pi-hole?

Pi-hole adalah aplikasi DNS Server yang berfokus pada fungsi-fungsi DNS Sinkhole. Aplikasi ini memiliki fitur pemblokiran iklan dan pelacak traffic internet yang berguna untuk meningkatkan keamanan jaringan pribadi.  Software DNS Sinkhole ini pertama kali dibuat oleh Jacob Salmela pada tahun 2014. Aplikasi ini dibangun dengan level jaringan Linux dan dapat Anda gunakan secara gratis. Pi-hole dirilis secara open-source di GitHub, hingga kini sudah ada beberapa kontributor yang turut bergabung mengembangkan project ini.

Berikut adalah beberapa fungsi Pi-hole yang wajib Anda ketahui:

Perlindungan menyeluruh untuk jaringan: Alih-alih plugin browser atau perangkat lunak lain di setiap komputer, instal Pi-hole di satu tempat dan seluruh jaringan Anda terlindungi.

Blokir iklan dalam aplikasi: Pemblokiran tingkat jaringan memungkinkan Anda untuk memblokir iklan di tempat-tempat seperti aplikasi seluler dan smart TV, terlepas dari perangkat keras atau OS.

Meningkatkan kinerja jaringan: Karena iklan diblokir sebelum diunduh, kinerja jaringan ditingkatkan dan akan terasa lebih cepat.

Memantau statistik: Web interface Pi-hole menawarkan kontrol penuh untuk Anda dan tempat sentral untuk melihat statistik. Aplikasi ini juga menyertakan API untuk memperluas statistik ini.

Cara Instalasi Pi-hole di Cloud VPS IDCloudHost

Setelah mengetahui Pi-hole dan fungsinya, Anda mungkin tertarik untuk menggunakannya. Jika Anda merupakan pelanggan IDCloudHost, software ini dapat Anda instal dengan mudah di Cloud VPS IDCloudHost, lho. Ikuti langkah-langkah cara instal Pi-hole berikut ini, ya!

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun pada Layanan Console IDCloudHost. Jika belum silahkan daftar dan login di console.idcloudhost.com lalu jangan lupa deposit dan gunakan kode referal / diskon untuk mendapatkan free kreditnya.

pi-hole adalah

  1. Pilih menu App Catalog dari Dashboard Console Anda

pi-hole adalah

  1. Selanjutnya scroll ke bawah sampai menemukan produk PI-Hole, silakan pilih PI-Hole

cara setup pi-hole

  1. Proses tersebut akan membuka halaman Create New Resource

cara setup pi-hole

  1. Silakan scroll ke bawah, sampai menemukan dan memastikan bahwa yang terpilih adalah PI-Hole dengan versi yang sesuai

cara setup pi-hole

  1. Cara setup Pi-hole berikutnya adalah dengan memilih spesifikasi dan lokasi server. Tentukan lokasi server, spesifikasi, Public IP dan network. Disarankan menggunakan spek minimal cpu 2 core dan ram 4 gb

cara instal pi-hole

  1. Jangan lupa juga mengisi, username dan password yang akan digunakan serta Resource Name yang ingin kita buat.

cara instal pi-hole

  1. Langkah cara instal Pi-hole berikutnya cek ulang estimasi biaya, apabila dianggap jumlah anggaran masih bisa dinaikan, silakan kembali atur spesifikasi VM anda. Setelah itu pilih billing yang akan digunakan kemudian tekan tombol create.

cara instal pi-hole

  1. Setelah VM untuk Pi-Hole berhasil dibuat. Kita akan mendapatkan IP Publik seperti gambar berikut.

pi-hole adalah

  1. Untuk finalisasi cara instal PI-Hole, kita harus masuk ke VM yang telah dibuat melalui ssh. Proses SSH ke server dapat dilakukan melalui menu SSH yang ada pada terminal layanan console IDCloudHost.

pi-hole idcloudhost

  1. Selanjutnya, klik yes jika ada pertanyaan tekan enter. Anda akan lanjut dengan pertanyaan akses root layanan aaPanel Ikuti perintah pada tampilan.

pi-hole idcloudhot

  1. Akan muncul perintah melakukan login. Selanjutnya, isi password yang diminta sesuai yang anda “Create” sebelumnya. Lalu tekan Enter. Catatan: Password memang tidak tertampilkan ketika kita memasukkan password untuk keamanan.
  1. Selanjutnya akan muncul konfirmasi apakah akan menginstall PI-Hole menggunakan wizard, tekan y kemudian tekan Enter.

pi-hole idcloudhost

  1. Tunggu proses instalasi selesai yang membutuhkan waktu kurang lebih 1 s/d 3 menit, sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

pi-hole idcloudhost

  1. Silakan ketikkan perintah seperti informasi pada langkah sebelumnya pada terminal untuk proses pembuatan password. 

cara instal pi-hole

  1. Selamat proses instalasi Pi-Hole di IDCloudHost telah berhasil, anda dapat mengakses dashboard PI-Hole menggunakan alamat http://<ip-public-vm>/admin/ dengan memasukkan password yang sudah di setting sebelumnya. Anda juga dapat melakukan proses selanjutnya seperti memonitor situs-situs yang diakses oleh user, Menambahkan whitelist atau blacklist situs. 

cara setup pi-hole

Jangan lupa untuk mensetting jaringan anda agar menggunakan DNS Server via PI-Hole, dengan memasukan IP Public vm PI-Hole. 

Di bawah ini contoh proses setting DNS pada Windows 11 dengan koneksi WiFi.

Catatan untuk User pengguna DNS Server

Data user yang menggunakan DNS Server dari Pi-hole ini dapat mudah dimonitor dari dari dashboard PI-Hole (terlihat pada gambar di bawah), sehingga gunakanlah dengan bijak.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Pi-hole dan cara menginstalnya di Cloud VPS IDCloudHost. Aplikasi ini memiliki banyak manfaat yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan dan performa jaringan. Namun, akses terhadap data user yang Anda miliki sebaiknya digunakan dengan bijak dan bertanggungjawab. Untuk berbagai kebutuhan cloud Anda, jangan lupa gunakan Cloud VPS IDCloudHost dan dapatkan free credit Rp 25.000,-.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image