Pekerjaan Bidang IT (Teknologi Informasi) yang Paling Dicari di Tahun 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Tahun 2020 lalu telah menjadi tahun yang cukup berat dalam banyak sektor kehidupan dan ekonomi dunia. Namun juga membuat beberapa penemuan dan inovasi di bidang teknologi karena naiknya kebutuhan akan online. Gangguan yang disebabkan oleh COVID-19 dengan cepat memaksa banyak bisnis maupun individual untuk memprioritaskan kembali tujuan dan strategi teknologi mereka dalam semalam untuk memungkinkan mereka beroperasi di lingkungan yang baru jauh.

Bukan hanya bagaimana dan di mana karyawan bekerja yang telah berubah secara drastis. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, ada juga perubahan besar dalam cara pelanggan mencari dan membeli produk dan layanan, dan sikap mereka terhadap merek. Perubahan perilaku konsumen ini mengakibatkan perusahaan harus sepenuhnya memikirkan kembali seluruh proposisi dan pendekatan mereka. Hal ini, pada gilirannya, telah mengarahkan mereka untuk menggunakan teknologi, data, dan analitik dengan cara yang baru dan lebih luas.

Karena perubahan drastis ini, sekarang ada ketergantungan yang lebih besar pada teknologi yang pada akhirnya memungkinkan organisasi, orang-orangnya, dan konsumennya beradaptasi dan berkembang di dunia baru ini. Tentunya ini juga berdampak terbukanya peluang baru baik dalam kesempatan bekerja maupun temuan inovasi baru. Berikut ini beberapa pekerjaan bidang IT yang dipenuhi dan dicari peminatnya di tahun 2021 ini.

 

Perkembangan Pekerjaan di Bidang IT

Pekerjaan Bidang IT (Teknologi Informasi) yang Paling Dicari di Tahun 2021
 

Perekrutan tenaga kerja bidang IT selalu mengalami peningkatan di sejumlah bidang di tahun mendatang. Pada kuartal ketiga tahun 2020, tingkat pengangguran profesional teknologi (3,5 persen) lebih rendah dari rata-rata nasional dan banyak organisasi besar yang ingin mengisi lebih banyak peran teknologi. Sebuah laporan dari Dice, Lebih dari dua pertiga (68 persen) dari 50 perusahaan teknologi teratas telah menciptakan lebih banyak posting pekerjaan daripada kuartal kedua.

Ilmuwan data dan pengembang Python melihat peningkatan permintaan di akhir tahun 2020. Selain keamanan siber dan cloud, beberapa peran yang lebih terspesialisasi menjadi semakin berharga. Ilmuwan data dan pengembang Python melihat peningkatan permintaan pada akhir tahun 2020 sebagai dua dari profesi yang tumbuh paling cepat sebelum pandemi. Dice melaporkan ini menunjukkan bahwa perusahaan mungkin mengarah untuk melanjutkan bisnis seperti biasa, dengan fokus baru pada analisis data dan pembuatan perangkat lunak sehingga penting untuk strategi bisnis secara keseluruhan. Selain itu, peran AI dan pembelajaran mesin yang lebih bernuansa, pakar data, dan pakar proses juga akan sangat diperlukan selama 12 bulan ke depan.

 

Baca Juga  :     Jurusan Teknik Informatika : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Jenis Pekerjaan di Bidang IT 2021

Pekerjaan Bidang IT (Teknologi Informasi) yang Paling Dicari di Tahun 2021
 

Teknologi berkembang pesat, dengan kemajuan baru yang muncul setiap hari. Dengan transformasi dan kemajuan yang konstan di berbagai bidang seperti teknologi seluler, pembelajaran mesin, realitas virtual, komputasi awan, dan Internet of Things, tidak mengherankan jika bidang ini menampilkan beberapa pekerjaan yang paling banyak diminati di seluruh dunia bahkan menjadi pekerjaan yang paling diinginkan menurut daftar Pekerjaan Terbaik Berita AS.  Adapun bidang – bidang yang termasuk dalam pekerjaan IT yang paling dicari dan diminati tahun 2021 ini adalah :

 

Keamanan Cyber (Cybersecurity)

Tidak diragukan lagi bahwa keamanan siber saat ini menjadi prioritas utama di antara para CEO dan pemimpin bisnis, terutama mengingat bahwa biaya tahunan kejahatan siber tampaknya akan mencapai $ 6 triliun pada tahun 2021. Kenaikan dalam kejahatan siber ini mendorong peningkatan tajam dalam pengeluaran keamanan siber karena bisnis ingin melindungi diri mereka sendiri dengan mengambil profesional berbakat di bidang ini.

Selain itu, banyak masalah keamanan yang muncul dari berbagai macam kemungkinan seperti masalah teknis yang timbul dari orang yang bekerja dari rumah menggunakan perangkat pribadi mereka, atau bahkan menggunakan perangkat keras perusahaan saat berjuang melawan volume pengguna online yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini akan menjadi tantangan untuk mengisi semua lowongan baru, karena diperkirakan 3,1 juta profesional akan dibutuhkan dalam 12 bulan ke depan untuk menjembatani kesenjangan bakat cybersecurity global. Oleh karena itu, keamanan siber akan bertanggung jawab atas banyak pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat untuk profesional teknologi pada tahun 2021, termasuk Security Operations, Identity and Privileged Access Management, Cloud Security and Architecture dan lain- lain.

 

Solusi Cloud

Hampir semua industri telah banyak bermigrasi ke solusi cloud untuk memungkinkan kerja hybrid. Bahkan Computer Weekly melaporkan bahwa 82 persen pemimpin IT global telah meningkatkan penggunaan cloud mereka sebagai akibat dari krisis COVID-19. Namun, keadaan pada permulaan pandemi berarti bahwa migrasi awal biasanya sangat cepat untuk membuat semua karyawan online secepat mungkin. Oleh karena itu, organisasi dan perusahaan sekarang perlu meluangkan waktu untuk memastikan sistem ini kuat dan seoptimal mungkin dan seharusnya. Dengan begitu peningkatan akan Cloud Engineers and Cloud Architects akan lebih banyak dibutuhkan.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar untuk Lamaran Kerja

 

Data Science

Ilmu  data atau data science adalah tentang menganalisis dan menafsirkan data yang kompleks, sehingga membantu organisasi untuk membuat keputusan yang lebih baik, lebih terinformasi, dan lebih tepat waktu. Untuk melakukan itu, Ilmuwan Data Science memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan seperti pemahaman yang kuat tentang algoritma pembelajaran mesin, pembuatan model data, dan kemampuan untuk memilih masalah bisnis dan menyarankan solusi yang sesuai.

 

DevOps

DevOps adalah kombinasi dari filosofi budaya, praktik, dan alat yang meningkatkan kemampuan organisasi untuk memberikan aplikasi dan layanan dengan kecepatan tinggi. Karakteristik utama model DevOps adalah tim pengembangan dan operasi tidak lagi terkurung, terkadang bahkan disatukan untuk membentuk satu tim. Dalam praktiknya, Anda akan cenderung menemukan Teknisi DevOps yang bekerja dengan produksi perangkat lunak, mengawasi rilis kode untuk mencari area inefisiensi dalam perangkat lunak. Peran mereka tidak hanya mencakup pemantauan dan pemecahan masalah perangkat lunak, tetapi juga mengedit atau mengkonfigurasi ulang jika diperlukan.

Pentingnya cabang IT yakni DevOps tentu tidak akan berubah pada tahun 2021. Mengingat lebih banyak perusahaan sekarang memiliki tim DevOps daripada beberapa tahun yang lalu, jadi akan terus ada pekerjaan yang dibutuhkan di bidang ini. Insinyur Keandalan. Faktanya, ada pertumbuhan 40 hingga 45 persen di pasar selama lima tahun terakhir, dengan DevOps Zone memperkirakan pertumbuhan ini akan meningkat lebih tinggi.

 

Baca Juga  :     Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja

 

Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer)

Untuk berhasil melakukan transisi dan beradaptasi dengan pasar yang berubah secara radikal, bisnis dan perusahaan membutuhkan pengembang untuk membuat produk, alat, dan layanan baru. Ini tidak hanya mencakup Back-end Developers yang dapat membangun teknologi yang lebih berat, tetapi juga Front-end Developers termasuk UX yang dapat memastikan produk apa pun yang dibuat mudah digunakan dan dinavigasi dari perspektif desain dan build.

Pengembang yang bekerja untuk organisasi teknologi maupun organisasi yang menyediakan produk, layanan, atau alat penting yang akan selalu dibutuhkan konsumen akan sangat diminati. Contoh seperti perusahaan konferensi video, Zoom misalnya, yang telah berkembang pesat selama pandemi, memperoleh keuntungan dari peningkatan laba yang besar sambil menggandakan perkiraan penjualannya.

Namun Software Developer bukan hanya kunci untuk memungkinkan perusahaan teknologi beroperasi dan berkembang. Setiap perusahaan di setiap industri bergantung pada teknologi untuk memungkinkan mereka berfungsi. Di dunia saat ini, teknologi lah yang memberdayakan banyak sektor kehidupan, sehingga pengembang perangkat lunak akan selalu diminati. Penting juga untuk diperhatikan bahwa peran pengembangan perangkat lunak ini juga akan sangat penting dalam memungkinkan perusahaan dan bisnis dapat berinovasi untuk menyelesaikan banyak masalah baru yang muncul sebagai akibat dari pandemi.

 

Kesimpulan dan Penutup

Secara keseluruhan, terlihat jelas bahwa selama setahun terakhir ini, dunia secara umum telah melihat perubahan besar dalam dinamika tidak hanya di dunia teknologi, tetapi juga dunia kerja secara keseluruhan. Agar perusahaan, bisnis, maupun organisasi dapat berkembang di era baru kerja, penting bahwa mereka dilengkapi dengan beragam bidang IT seperti contoh diatas yang akan menunjang digitalisasi.

Menimbang kebutuhan akan online dan digital yang melonjak tinggi pada tahun 2020 lalu, maka 2021 akan mengalami pergeseran dengan permintaan inovasi dan tenaga kerja dibidang IT yang lebih luas lagi. Ini tentunya membuat para pencari kerja di bidang ini harus bersiap dan gesit, karena teknologi adalah sektor yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Keterampilan akan pekerjaan IT juga akan menjadi keharusan agar pencari kerja di bidang IT mendapatkan peluang pekerjaan di bidang ini.

Related Post :