Peluang Kerja Jurusan Komputer di Indonesia untuk Fresh Graduate

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Jurusan perkuliahan yang saat ini memang sangat menjadi incaran adalah jurusan komputer. Berbagai jenis jurusan komputer seperti Teknik Informatika, Sistem informasi, hingga Teknik Komputer menjadi unggulan saat ini.

Bagaimana tidak, dengan adanya dunia digital yang berkembang pesat saat ini. Membuat lebih banyak lahan hijau pada jurusan tersebut. Tak ketinggalan, startup yang turut meramaikan lapangan pekerjaan dibidang komputer saat ini.

Startup dikenal sebagai sebuah perusahaan yang bergerak pada sektor digital dengan aplikasi atau website. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah startup.

Gaya busana yang santai, tempat kerja yang nyaman dan fleksibel serta gaji yang lumayan besar membuat startup banyak diminati oleh para freshgraduate. Lalu, sepeti apa peluang kerja komputer yang cocok untuk anda ? yuk simak artikel berikut ini.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Komputer?

 

Berbagai alasan banyaknya peluang kerja hingga tempat kerja yang nyaman mungkin bisa menjadi pertimbangan. Berikut ini alasan memilih jurusan komputer :

 

  1. Lapangan kerja sangat luas dengan beragam jenis pekerjaan dan jenjang karir yang bagus.
  2. Untuk lulusan Ilmu Komputer banyak dibutuhkan banyak instansi pemerintah, BUMN, maupun swasta.
  3. Anda bisa menjadi programmer atau pengembang perangkat lunak seperti web, aplikasi mobile, aplikasi e-learning, juga game setelah lulus dari jurusan Ilmu Komputer.
  4. Jika anda memiliki jiwa bisnis, anda dapat mencoba membuka perusahaan konsultan yang berkaitan dengan teknologi.
  5. Anda dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan banyak inovasi sesuai kebutuhan dan perkembangan teknologi, saat ini.

Baca Juga : Peluang Kerja Jurusan Bisnis di Indonesia untuk Fresh Graduate

 

Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan Komputer di Indonesia

Sebagaimana jurusan lainnya, teknik informatika juga memiliki beberapa prospek kerja dalam beberapa bidang yang berbeda. Hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan juga keterampilan yang paling dikuasai selama menjalani masa kuliah di jurusan teknik informatika.

Semakin banyak keterampilan yang dikuasai dalam bidang ini, maka semakin luas juga prospek kerja yang bisa didapatkan. Simak beberapa prospek kerja dan juga kisaran gaji yang bisa didapatkan oleh para lulusan teknik informatika berikut ini:

 

1. System Analyst

 

Seorang System Analyst dituntut untuk memiliki kemampuan yang cukup kompleks pada bidang yang satu ini. System Analyst akan membuat analisa yang lengkap bagi perusahaan (klien), mulai dari mendefenisikan kebutuhan sistem itu sendiri, hingga membuat database serta hardware yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Tidak hanya itu saja, seorang System Analyst juga akan membuat perhitungan anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan setiap proyek yang ditanganinya. Jika melihat dari berat pekerjaan yang harus ditangani oleh seorang System Analist, maka bisa dikatakan jabatan ini hampir tidak bisa bekerja sendiri.

Namun dalam prakteknya seorang System Analyst akan bekerja sama dengan programmer, di mana programmer inilah yang akan mengaplikasikan analisis program yang telah disusun oleh System Analyst pada berbagai proyek yang ditangani. Biasanya gaji seorang System Analyst berkisar Rp 72 juta per tahun atau rata-rata Rp 6 juta per bulannya.

Baca Juga : Latar Belakang Pendidikan Para Pendiri / Founder Startup Indonesia

 

2. Pengajar IT (Instruktur/Guru/Dosen)

 

Tidak dapat dipungkiri kedepannya pendidikan IT sangat penting. Saya termasuk yang sangat kecewa ketika dulu pemerintah menghapus mata pelajaran IT dari kurikulum (hanya dijadikan sebagai kegiatan extra kurikuler). Padahal di negara lain malah berlomba-lomba agar anak-anak melek IT.

Sambil menunggu pemerintah “sadar” akan pentingnya pendidikan IT, anda bisa mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik di bidang IT. Beberapa universitas juga sudah punya jurusan pendidikan IT dengan gelar sarjana pendidikan. Menjadi instruktur atau membuka kursus komputer juga bisa jadi peluang kerja untuk tamatan IT.

 

3. Junior Programmer

 

Posisi ini menjadi peluang banyaknya freshgraduate, mengingat peluang kerjanya memang terbilang sangat banyak tersedia. Biasanya Junior Programmer akan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang software atau pengelolaan (konsultan) database.

Ada banyak keahlian yang harus dimiliki oleh seorang programmer, seperti: bahasa HTML/XML, PHP, ASP, Cold Fusion, bahasa pemrograman Java, C++ dan Visual Basic. Mereka setidaknya harus memahami dasar – dasar pemrograman, namun seorang programmer haruslah menguasai setidaknya keterampilan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Biasanya, seorang Junior Programmer bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp60 juta per tahun atau rata-rata Rp5 juta per bulannya.

 

4. Network Administrator

 

Jika anda suka pekerjaan yang tidak berada dikantor saja. Ini merupakan pilihan yang tepat. Memiliki tugas untuk menjaga sistem tetap berjalan dengan aman dan lancar, seorang Network Administrator juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Berbagai gangguan yang terjadi pada sistem biasanya akan ditangani oleh Network Administrator, termasuk sejumlah pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan sistem itu sendiri, seperti: membuat email server, FTP server, DNS server, dan yang lainnya.

Untuk semua pekerjaan seperti ini, seorang Network Administrator biasanya bisa membawa pulang gaji di kisaran Rp60 juta per tahun atau rata-rata Rp5 juta per bulannya.

 

4. Web / Graphic Designer

 

Sebagaimana namanya, seorang Web Designer akan bertugas untuk menata dan mendesain tampilan web. Perkembangan digital di Indonesia yang banyak melahirkan berbagai situs baru sepanjang tahun, menjadi salah satu peluang kerja yang sangat baik bagi para Web Designer.

Ketika menjalankan tugasnya, biasanya Web Designer akan bekerja sama dengan seorang programmer, di mana keduanya berkolaborasi dalam mendesain isi serta tampilan sebuah situs secara bersamaan. Seorang Web Designer bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp60 juta per tahun atau rata-rata Rp5 juta per bulannya.

 

Kesimpulan dan Penutup

Ilmu komputer atau komputasi memang sangat luas cakupannya. Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi yang selalu up to date. Begitu juga dengan jurusan komputer ini yang harus selalu menyesuaikan pengetahuannya dengan teknologi terbaru.

Banyak pilihan jurusan yang berkaitan dengan komputer salah satunya ialah sistem informasi, anda juga dapat belajar bagaimana menyelesaikan project dengan menerapkan teknologi dan analisisnya.

Bermacam – macam pilihan karir juga sangat banyak pada jurusan komputer ini, misalnya guru it/komputer, system analyst, Web designer dan masih banyak lagi. Bagaimana? Apakah anda tertarik dengan jurusan ini?

Related Post :

popup image