Peluang Kerja Jurusan Bisnis di Indonesia untuk Fresh Graduate

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan jurusan bisnis. Jurusan yang paling banyak diminati di fakultas ekonomi. Biasanya, disini anda bisa mendapati berbagai macam mahasiswa yang hits, cantik, maupun ganteng. Di jurusan ini, anda akan mempelajari banyak hitungan. Mulai dari hitungan sederhana, hingga hitungan yang susah untuk dihitung.

Anda juga harus bersiap siap dengan kalkulator anda apabila hitungan anda menjadi limit. Jika anda seorang freshgraduate jurusan bisnis, banyak sekali lowongan kerja yang membuka untuk jurusan ini. Anda dapat fleksibel masuk kedalam perusahaan apa saja, jika anda memilih jurusan ini.

Namun, jika anda masih bingung dengan kemampuan anda dan belum tau arah passion anda untuk memilih pekerjaan. Artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui Peluang Kerja Jurusan Bisnis di Indonesia untuk Freshgraduate.

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan jurusan bisnis. Jurusan yang paling banyak diminati di fakultas ekonomi. Biasanya, disini anda bisa mendapati berbagai macam mahasiswa yang hits, cantik, maupun ganteng. Di jurusan ini, anda akan mempelajari banyak hitungan. Anda juga harus bersiap siap dengan kalkulator anda apabila hitungan anda menjadi limit.

Jika anda seorang freshgraduate jurusan bisnis, banyak sekali lowongan kerja yang membuka untuk jurusan ini. Anda dapat fleksibel masuk kedalam perusahaan apa saja, jika anda memilih jurusan ini. Namun, jika anda masih bingung dengan kemampuan anda dan belum tau arah passion anda untuk memilih pekerjaan. Artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui prospek kerja jurusan bisnis. Yuk simak artikel berikut ini :

 

1. Sumber Daya Manusia (SDM)

 

Jika anda adalah lulusan bisnis, anda juga bisa terjun di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Resources Department (HRD). Namun, pastikan anda mengambil matakuliah Manajemen semasa kuliah. Peran anda diperlukan untuk dapat membantu dalam mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Tidak hanya terbatas dalam merekrut calon karyawan potensial untuk ditempatkan di bidang-bidang tertentu di perusahaan tempat anda bekerja saja. Anda juga harus memastikan bahwa kandidat tersebut cocok untuk pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan dari segala segi – termasuk karakter, keahlian (skill), dan pengalaman.

Selain itu, pekerjaan anda juga termasuk dalam hal penentuan penilaian atau evaluasi kinerja, prestasi kerja, upah dan gaji, kesejahteraan karyawan, kesehatan karyawan, dan pelatihan peningkatan kemampuan serta pengetahuan karyawan.

Baca Juga : Potensi Bisnis Hosting yang Menjanjikan Untuk Anda

 

2. Staff Finance

 

Mungkin anda sudah tidak asing lagi bagi anda dengan pekerjaan yang satu ini. Jika anda mengambil jurusan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Keuangan, maka bekerja di bidang keuangan menjadi salah satu pilihan karier setelah lulus kuliah. Selain itu juga hampir semua universitas mempunyai jurusan yang penting ini.

Bidang ini menangani kelancaran aktivitas pemasukan dan pengeluaran keuangan hingga pembuatan laporan administrasi keuangan. Modal utama untuk menjadi staff finance adalah kemampuan berhitung alias matematika yang mumpuni serta teliti dan jeli untuk menghindari kesalahan saat berhitung.

 

3. Pemasaran

 

Menjadi seorang marketer cocok untuk anda yang mengambil jurusan Bisnis dengan konsentrasi Bisnis Pemasaran. Bidang ini menuntut skill alias kemampuan dalam mengelola konsumen, membuat program promosi yang dapat menarik konsumen, hingga berbagai langkah agar produk baik barang maupun jasa dapat terjual kepada konsumen.

Yang pasti, untuk terjun dan menekuni karier di bidang pemasaran diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik untuk dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian.

 

4. Entrepreneur

 

Sekarang ini, memang sudah banyak universitas yang membuka jurusan entrepreneur sendiri. Namun, sebagai mahasiswa manajemen bisnis, anda juga akan mendapatkan pembelajaran terkait hal tersebut. Misalnya, bagaimana cara menjadi seorang wirausaha, dan sebagainya.

Berguna untuk kalian nanti yang bercita-cita ingin mendirikan sebuah usaha usai lulus dari bangku kuliah. Banyak teori dan praktik singkat yang kalian dapatkan semasa kuliah, namun jika ingin lebih dalam lagi mempelajari tentang bisnis, tentu kalian harus terjun langsung ya.

Selain itu, anda juga akan mempelajari tentang keuangan, pajak, arus keuangan, dan lain-lain. Pastinya bisa kalian praktikkan semasa berbisnis. namun perlu kamu ketahui, mental entrepreneur merupakan mental yang harus tahan banting untuk bisa membangun bisnis mereka sukses di masa depan.

Baca Juga : Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online

 

5. Karyawan Bank

 

Anda juga bisa menjadi karyawan bisnis nih. Selain gajinya yang relatif memuaskan, juga banyak fasilitas lain yang bisa kalian dapatkan. Jenjang karir ketika bekerja di bank juga dianggap menarik oleh sebagian orang. Banyak orang yang betah bekerja hingga belasan bahkan puluhan tahun sebagai karyawan bank.

Posisinya dibagi menjadi dua, front office dan back office. Front office ini bagian yang berinteraksi langsung dengan nasabah, seperti customer service, teller, dan lainnya. Back office adalah bagian yang mengurus hal-hal seperti administrasi, keuangan yang ada di bank dan lainnya.

 

6. Management Trainee

 

Jika anda memilih untuk bekerja dulu dibandingkan membuka usaha, bergabung sebagai Management Trainee di perusahaan bukanlah pilihan yang buruk. Banyak juga perusahaan yang mulai membuka lowongan di posisi ini.
Management Trainee adalah program dari perusahaan bagi lulusan fresh graduate.

Dalam program ini, karyawan diharuskan untuk menandatangani kontrak kerja selama waktu yang sudah disepakati bersama, biasanya selama 2 hingga 4 tahun. Karyawan dalam posisi Management Trainee biasanya akan dipindahkan ke berbagai cabang perusahaan setiap beberapa bulan sekali, hal ini dikarenakan anda dipersiapkan menjadi seorang pimpinan nantinya.

Tiap bulan, anda dituntut untuk presentasi atau membuat laporan, sebagai bentuk umpan balik ke perusahaan dan penilaian terhadap kinerja kalian. Biasanya, anda akan di pantau langsung oleh atasan. Ada kemungkinan adanya kenaikan gaji, jika memang perusahaan puas dengan progress yang ada.

Gaji yang diterima biasanya di atas UMR, belum lagi tunjangan yang lain. Anda juga bisa dengan mudah menduduki jabatan khusus dengan program ini.

 

Kesimpulan dan Penutup

Jurusan bisnis saat ini menjadi banyak incaran setiap perusahaan. Bagaimana tidak? setiap perusahaan butuh lulusan bisnis untuk memprediksikan dan menghitung segala biaya operasioanal. mulai dari untung, modal, hingga rugi di perusahaan.

Untuk sistem penggajian juga biasanya menggunakan lulusan dari jurusan bisnis. Jurusan bisnis ini bisa fleksibel masuk kesemua lini perusahaan. Namun, jika anda tidak tertarik bekerja atas tekanan dan perintah dari orang lain. Anda dapat menjadi seorang enterpreneur.

Dengan menjadi seorang enterpreneur anda bisa menjadikan bisnis anda menjadi lebih baik lagi. Apalgi dengan dasar ilmu bisnis dan hitungan yang sudah anda pelajari sebelumnya. Anda dapat memanfaatkan ilmu yang anda miliki ini dalam mengembangkan bisnis anda.

Namun jika anda ingin memiliki gaji dan posisi yang lebih, anda dapat mengikuti program management trainee. program ini merupakan program khusus yang dirancang untuk melihat kemampuan diri anda disegala bidang. Nantinya, anda akan dirolling di berbagai divisi setiap bulannya.

Lalu, bagaimana kemampuan anda beradaptasi dengan lingkungan. Anda juga harus menguasai segala divisi dengan setiap prentasi di akhir divisi yang anda jalani.

Anda nantinya akan ditempatkan pada jabatan supervisior sebagai bentuk kapabilitas anda telah menjalani program management trainee ini. Nmaun, program ini nantinya disetiap bulannya akan ada pengurangan jumlah pelamar. Hal ini karena biasanya hanya sedikit saja yang dibutuhkan untuk sampai pada akhir program management trainee ini.

Related Post :

popup image