Pengertian Administrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

Serba Serbi, Startup & Bisnis, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebuah perusahaan atau lembaga dapat berdiri dan terus berkembang karena adanya dukungan sumber daya serta pengelolaan yang baik. Dimana setiap karyawan atau staf mempunyai hak serta kewajiban yang berkaitan dengan pekerjaan mereka di sebuah perusahaan. Administrasi adalah bagian dari pengelolaan perusahaan yang meliputi pendataan dan pengaturan hal-hal yang berkaitan dengan berbagai aspek perusahaan agar bisa dioptimalkan.

Administrasi adalah salah satu istilah yang memang sudah tidak asing lagi dalam dunia kerja. Kata administrasi sering dikaitkan dengan kegiatan catat-mencatat, surat menyurat dan sebagainya. Hal inilah yang menjadikan setiap lembaga, instansi dan perusahaan pasti memiliki sebuah sistem administrasi. Dimana aktivitas tersebut dilaksanakan oleh ahlinya yang disebut administrator atau staf administrasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, administrasi memiliki fungsi yang banyak baik dalam dunia kerja maupun pendidikan. Dengan adanya administrasi maka dapat membantu memudahkan pekerjaan baik yang bersifat formal maupun non formal. Terutama dalam hal pengelolaan data-data, adanya administrasi menjadikan pengelolaan tersebut lebih mudah dan tepat. Mungkin selama ini sebagian dari Anda sering melakukan pekerjaan administrasi tetapi belum tahu bahwa pekerjaan tersebut termasuk bentuk administrasi. Untuk itulah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian administrasi secara lebih mendalam.

 

Pengertian Administrasi

 

Secara umum, pengertian administrasi merupakan aktivitas atau bentuk usaha yang memiliki kaitan erat dengan berbagai pengaturan kebijakan dengan tujuan agar mencapai target organisasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa administrasi memiliki peran yang begitu krusial bagi semua aktivitas perusahaan atau organisasi. Hal inilah yang menjadikan administrasi mempunyai peran yang sangat penting supaya perusahaan tetap berdiri dan terus berkembang.

Sedangkan secara sempit, administrasi adalah bentuk aktivitas yang meliputi surat menyurat, catat-mencatat, ketik-mengetik, pembukuan sederhana serta kegiatan lainnya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Administrasi juga dapat diartikan secara luas, yang mana administrasi adalah segala proses kerjasama antara beberapa orang dengan tujuan agar mendapatkan target dengan memanfaatkan sarana maupun prasarana tertentu yang memiliki daya guna.

 

Baca Juga:   Cara Membuat Surat Resmi dan Contoh-Contohnya

 

Fungsi Administrasi

Administrasi adalah salah satu bagian yang penting bagi sebuah perusahaan. Sebab administrasi memiliki beberapa fungsi penting antara lain sebagai berikut:

  1. Planning atau Perencanaan

    Perencanaan merupakan kegiatan perencana yang memerlukan sebuah aktivitas administrasi mulai dari mengumpulkan data, mengolah data hingga menyusun perencanaan.

  2. Organizing atau Penyusunan

    Administrasi berfungsi sebagai penyusun dalam upaya membangun setiap komunikasi serta hubungan antar anggota atau karyawan secara mudah dipahami untuk mencapai tujuan sebuah organisasi atau perusahaan.

  3. Coordinating atau Mengordinasi

    Seperti yang diatur oleh organisasi atau perusahaan, maka coordinating dilakukan supaya kegiatan perusahaan dapat berjalan lancar dan baik sehingga dapat menghindari adanya bentrok, kekosongan aktivitas dan kekacauan. Hal ini bisa berdampak secara positif untuk kelangsungan sebuah perusahaan ke depannya.

  4. Reporting atau Laporan

    Reporting merupakan aktivitas menyampaikan perkembangan, pergerakan serta hasil kegiatan atau program yang dilaksanakan oleh karyawan maupun anggota kepada atasan secara tertulis. Dimana laporan tersebut nantinya akan menunjukkan hasil kinerja karyawan sesuai dengan posisi dan tugasnya.

  5. Budgeting atau Pembuatan Anggaran

    Anggaran merupakan hal yang penting dan harus ada dalam sebuah perusahaan maupun organisasi untuk meningkatkan kinerja. Selain itu, anggaran juga digunakan oleh perusahaan untuk mewujudkan tujuan perusahaan di masa pengembangan yang meliputi kerjasama, iklan dan sebagainya.

  6. Staffing atau Penempatan Posisi

    Staffing berkaitan dengan sumber daya manusia di sebuah perusahaan yang meliputi perekrutan tenaga ahli, pengembangan dan kebutuhan perlengkapan.

  7. Directing atau Bimbingan

    Directing merupakan aktivitas interaksi dengan anggota organisasi atau perusahaan yang berbentuk bimbingan, perintah-perintah atau saran supaya tugas dapat dijalankan dengan baik dan mampu mencapai tujuan yang ditentukan.

 

Baca Juga:   Struktur Organisasi : Pengertian, Fungsi, dan Komponennya dalam Bisnis

 

Tujuan Administrasi

 

Untuk memahami secara lebih jelas mengenai administrasi, maka Anda perlu memahami tujuan administrasi. Dimana tujuan administrasi adalah :

  • Menyusun Program Usaha

    Setiap perusahaan atau organisasi pasti memerlukan informasi maupun data yang digunakan sebagai acuan untuk menyusun program kerja unggulan. Biasanya informasi maupun data tersebut bisa diperoleh melalui kegiatan administrasi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa proses administrasi harus dilaksanakan secara sistematis. Sebab dengan begitu baik informasi maupun data yang dibutuhkan bisa ditemukan secara lebih mudah.

  • Evaluasi Kegiatan Organisasi

    Dengan adanya sistem administrasi yang baik maka dapat membantu sebuah organisasi atau perusahaan untuk melihat beragam informasi dan data. Nantinya dari informasi dan data tersebut, organisasi atau perusahaan bisa melakukan evaluasi terhadap semua kegiatan organisasi yang telah dilakukan selama ini.

  • Memantau Kegiatan Administrasi

    Administrasi adalah kegiatan yan meliputi banyak hal sehingga dalam pelaksanaannya harus dikerjakan secara sistematis dan teratur. Dengan penerapan administrasi yang baik, menjadikan sebuah perusahaan atau organisasi bisa memantau apa, bagaimana, dimana, kapan dan mengapa suatu kegiatan dilakukan.

  • Memastikan Keamanan Bagi Kegiatan Usaha

    Masing-masing perusahaan atau organisasi pasti membutuhkan kepastian keamanan saat melakukan aktivitas usahanya. Dengan demikian setiap perusahaan atau organisasi tersebut akan membutuhkan administrasi yang bagus guna memantau segala aktivitas baik dari dalam ataupun dari luar. Selain itu, adanya proses administrasi tersebut membuat setiap aktivitas maupun transaksi dapat tercatat secara terperinci dan jelas.

 

Cara Kerja Administrasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kegiatan administrasi dikerjakan oleh administrator atau staff administrasi. Perlu Anda ketahui bahwa staff administrasi adalah salah satu unit yang memberikan dukungan bagi kegiatan operasional sebuah perusahaan. Adapun tugas utama staff administrasi yaitu berkaitan dengan korespondensi, penyimpanan serta penataan dokumen, data entry dan membantu unit-unit yang membutuhkan data sebagai laporan kepada pihak manajemen.

Sedangkan cara kerja administrasi berkaitan erat dengan tugas-tugas staff administrasi dalam sebuah perusahaan. Secara umum cara kerja administrasi adalah sebagai berikut:

  • Melakukan koordinasi dengan sekretaris atau staff administrasi dari divisi lain saat ada meeting gabungan maupun kegiatan lainnya.
  • Mengumpulkan serta menyusun dokumen.
  • Mempersiapkan akomodasi dan tiket untuk kegiatan kunjungan kerja luar kantor.
  • Memastikan persediaan ala-alat tulis kantor.
  • Membuat dan mempersiapkan agenda pengaturan untuk rapat atau acara kantor lainnya.
  • Mengatur, membuka serta mendistribusi korespondensi yang masuk ke perusahaan baik dalam bentuk surat atau email.
  • Mempersiapkan tagihan, catatan, laporan, surat dan dokumen lainnya memakai aplikasi pengolah data, database, lembar kerja atau presentasi.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kegiatan administrasi adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Sebab tanpa adanya administrasi, maka pengelolaan maupun pengaturan segala kegiatan di perusahaan mungkin tidak bisa berjalan baik dan lancar. Selain itu, dengan penerapan administrasi yang baik, maka sebuah perusahaan akan tetap berdiri dan terus mengalami perkembangan.

 

Kesimpulan

Dalam sebuah perusahaan, administrasi tidak hanya memiliki fungsi dalam surat menyurat atau catat mencatat saja. Melainkan memiliki fungsi yang sangat banyak mulai dari membuat perencanaan, penyusunan, mengkordinasi, membuat laporan, menyusun anggaran hingga pemberian arahan atau bimbingan bagi karyawan atau anggota perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Untuk itulah sudah seharusnya setiap perusahaan memiliki administrasi yang baik termasuk juga staff administrasi yang berkompeten. Pengelolaan dan pengaturan administrasi yang tepat akan menjadikan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan mudah. Selain itu, perusahaan juga siap bersaing di tengah kemajuan zaman dan ketatnya persaingan.

Related Post :

popup image