Struktur Organisasi : Pengertian, Fungsi, dan Komponennya dalam Bisnis

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Hampir semua organisasi memiliki fungsi dan komponen di dalam sebuah bisnis. Karena itu, ilmu dalam menyusun sebuah organisasi dengan sempurna hingga akhirnya memberi fungsi lebih lengkap dalam sebuah bisnis akan terus memberi peluang baru dan terbaik. Karena itulah sebuah organisasi dikatakan baik ketika ada beberapa manfaat bisa didapatkan hingga semua struktur organisasinya berjalan sesuai fungsinya.

Mungkin saat ini ada ribuan organisasi yang memberi manfaat dalam dunia bisnis. Sehingga pembentukannya kemudian fungsi hingga komponen di dalamnya didesain secara lengkap. Sampai akhirnya ada sejumlah harapan besar membuat fakta-fakta mengenai fungsi dan pengertiannya bisa dikembangkan di banyak media.

Sebenarnya bukan hanya dalam bidang bisnis saja, tetapi cikal bakal sebuah organisasi bisa muncul dalam ruang lingkup kecil. Sehingga pada proses pembuatannya butuh waktu dan juga biaya. Sampai akhirnya semua fungsi dari organisasi benar-benar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

 

Mengenai Struktur Organisasi Mulai Dari Pengertiannya

 

Pengertian dari struktur organisasi memang kerap memberi acuan penting untuk bisa menghasilkan komponen yang kuat. Beberapa kalangan menilai dalam satu organisasi membutuhkan beberapa aspek penting untuk bisa mengenali bagaimana cara kerjanya.

Pada dasarnya, struktur organisasi menjadi satu susunan yang terdiri dari komponen dan unit kerja baik di ruang lingkup masyarakat ataupun bidang usaha. Karena itu adanya struktur organisasi tersebut akan ada pembagian kerja yang selalu dikoordinasikan secara tepat. Hingga akhirnya ada pembagian spesialisasi pekerjaan yang nantinya menjadi bagian penting dalam sistem penyampaian pelaporan.

Karena itu, dari satu struktur organisasi harus bisa dibuat secara jelas dan mampu menghubungkan beberapa komponen dari setiap posisi yang ada di dalam sebuah organisasi. Namun, perlu diperhitungkan dalam satu organisasi ini memiliki pengaruh satu sama lain. Sehingga dari semua komponen utamanya memiliki tanggung jawab dan saling tergantung untuk menciptakan satu sistem lebih menguntungkan. Jika terjadi satu ketimpangan dalam cara kerja ataupun fungsinya, maka dari struktur organisasi justru tidak berjalan bagaimana mestinya.

 

Baca Juga:   Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

 

Fungsi Struktur Organisasi Dalam Bidang Usaha

Dalam sebuah bidang usaha kemungkinan besar memiliki struktur organisasi yang masing-masing komponen memiliki cara kerja hingga fungsi. Karena itu, dari masing-masing jabatan, akan ada beberapa fungsi yang harus diberikan dalam struktur organisasi.

  1. Fungsi kejelasan

    Pertama ada fungsi kejelasan tanggung jawab yang harus dibebankan ke setiap anggota organisasi. Dari masing-masing wewenang akan terus bersinergi hingga mampu menghadirkan struktur lebih kuat dan saling terhubung. Untuk itulah kemudahan yang bisa dicapai akan terlihat pada saat pengambilan keputusan yang dilakukan lebih cepat.

  2. Fungsi kedudukan ataupun koordinasi

    Perlu diketahui, masing-masing anggota memiliki alur komunikasi ke semua komponen organisasi. Untuk itulah koordinasi masih diperlukan untuk mengurangi efek missed communication. Apalagi ada beberapa dampak dari miss komunikasi di setiap komponen organisasi dalam wujud pengambilan keputusan yang terkesan lambat.

  3. Fungsi kejelasan

    Fungsi ini juga perlu dicermati kembali. Karena dari aspek tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota organisasi juga terlihat semakin jelas. Sehingga proses pekerjaan dari setiap anggota organisasi akan terasa lebih efisien dan mampu memberikan keuntungan dalam ruang lebih luas.

  4. Fungsi pengawasan dan pengendalian

    Fungsi ini menjadi salah satu struktur penting yang harus dibebankan pada pimpinan ke bawahan organisasi. Dari sinilah alur kerja dalam sebuah bisnis harus dicermati secara detail. Sampai adanya evaluasi kerja untuk memperbaiki semua

  5. Fungsi dari komponen dan anggota organisasi

    Dari satu bisnis yang dikatakan ideal pastinya memiliki sebuah tim yang selalu berkoordinasi lebih benar dan secara optimal. Sampai semua tujuan yang sejak awal dibuat pada saat pembentukan organisasi bisa berjalan secara sempurna.

 

Baca Juga:   Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya

 

Komponen Organisasi Dalam Sebuah Bisnis

 

Pada bidang usaha tentu saja dibutuhkan koordinasi dari setiap komponen organisasi. Karena itulah optimalnya sebuah organisasi masih tergantung pada komponen yang perlu dikembangkan dalam semua struktur bisnis. Itulah sebabnya, ada pembagian kerja yang nantinya memberi rantai fungsi lebih mudah dikontrol.

  • CEO

    Pertama kali pastinya terdapat sebuah komponen CEO di sebuah organisasi bisnis. Untuk jabatan tertinggi di dalam bisnis ini akan bertujuan memberi arah tujuan sebuah perusahaan. Bahkan CEO sendiri menjadi pemilik bisnis ataupun usaha. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang memiliki CEO bukan dari pemilik usaha tersebut.

  • Direksi

    Kemudian setelah CEO terdapat komponen direksi. Dala komponen direksi sebuah organisasi bisnis juga mendapat pembagian mulai dari pengawasan operasional keuangan, sumber daya perusahaan, ketenagakerjaan, hingga direksi personalia. Setiap fungsi dari direksi ini memberi dukungan untuk menghasilkan sistem kerja lebih baik yang nanti bisa dinilai seorang CEO.

  • Manager

    Tidak hanya direksi, tetapi ada komponen penting dalam organisasi perusahaan ataupun bisnis yakni manajer. Tugas dari seorang manajer cukup penting seperti memberi pengarahan, mengatur koneksi di dalam maupun luar bisnis, kemudian komunikasi serta pelatihan ke semua pekerja.
     
    Selain itu, fungsi dari seorang manajer dalam bidang bisnis biasanya memiliki 3 komponen penting di dalamnya. Mulai dari manajer personalia, manager pabrik, dan manajer pemasaran. Untuk itu, jabatan manajer bisa dibebankan kepada lebih dari satu orang. Namun tetap saja dari setiap unit manajer tersebut harus bisa terkoneksi dan saling bersinergi.

  • Bidang administrasi dan gudang

    Dua bidang ini juga menjadi bagian penting dalam pengembangan sebuah perusahaan. Karena itulah tugas dan fungsi dari pengecekan transaksi perusahaan akan jadi beban tugas administrasi hingga gudang. Untuk itulah pembukuan hingga laporan penerimaan sampai pengeluaran adalah tugas utama dari administrasi hingga gudang.

  • Divisi Regional

    Pada komponen berikutnya tersedia divisi regional yang mana fungsi dan tugasnya bisa memberi akses terbuka dalam menjalankan kebijakan dan prosedur baku sebuah kantor pusat. Divisi regional akan memberi proses operasional sebuah badan usaha. Tujuannya untuk menambah nilai keuntungan perusahaan.
     
    Bahkan untuk tugas divisi regional ini masih berhubungan dengan penanaman saham. Sehingga dari semua komponen utama di dalam divisi regional justru bisa memberi akses terbuka dari sebuah bidang bisnis sampai akhirnya semua komponen bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Berbagai macam peluang untuk meningkatkan kinerja organisasi perusahaan masih terus dikembangkan. Dari beberapa fungsi tugas divisi organisasi perlu mendapat penyegaran dari beberapa waktu. Sehingga ada komponen yang harus mendapatkan perhatian khusus untuk tetap bekerja maksimal.

Apalagi dengan fungsi vital dari setiap komponen kerja organisasi pastinya membutuhkan beberapa perubahan. Ataupun bisa jadi pertukaran posisi juga dimungkinkan untuk menambah konsep penting dari sebuah divisi organisasi lebih kredibel.

Kesimpulan

Tidak mudah dalam membangun sebuah organisasi dalam bidang usaha. Untuk itu diperlukan beberapa peluang besar yang kemudian akan terus mendapatkan akses baru dalam menjalankan semua sistem usaha dengan tepat. Sampai akhirnya ada sejumlah peluang besar membuat hasil terbaik dalam sistem kerja organisasi diperlihatkan secara nyata untuk pertumbuhan lebih baik dalam dunia bisnis.
Cukup penting dan akhirnya membuat peluang besar dalam membuat organisasi di bidang bisnis semakin terbuka. Perhatikan dari semua peluang besar dalam menyusun organisasi menurut beberapa tugas divisi. Sehingga fungsi, komponen, dan tujuan adanya organisasi bisa dinikmati secara jelas di sebuah bidang usaha.

Related Post :

popup image