Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Istilah brainware adalah istilah yang tidak umum dan karena itulah kita jarang menemukan istilah ini dipakai dalam keseharian. Namun ternyata istilah ini dipakai untuk menghubungkan manusia selalu pembuat dan pengguna hasil ciptaannya seperti komputer dan software. Tetapi tidak semua orang memahami istilah ini meski mereka menggunakan perangkat komputer, software dan aplikasi dalam kesehariannya.

Selain itu, istilah brainware ini juga dapat merujuk pada dalam dunia bisnis dan bagaimana seorang manusia menata kemampuan otaknya. Ini juga berpengaruh pada bagaimana manusia tersebut untuk memanfaatkan intelektualnya dalam manajemen pekerjaan, kegiatan harian, menata perasaan dan emosional serta banyak lagi yang tercakup dalam manajemen brainware.

Meski kita merasa awam pada istilah brainware ini, ternyata diluar sana ada beberapa seminar yang membahas manajemen brainware dan mencoba mengaplikasikannya sebaik dan sepenuh mungkin dalam usaha atau bisnis. Sedangkan jika Anda juga masih baru pada istilah ini, mari simak penjelasan pengertian, fungsi, jenis dan komponen brainware berikut ini.

 

Mengenal Pengertian dan Apa Itu Brainware

Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan. Tingkatan brainware terdiri atas system analyst, programmer, administrator, dan operator. Sedangkan bagian- bagian brainware terdiri atas operator komputer, teknisi, trainer, konsultan, project manager, programmer, graphic designer, spesialis jaringan, database administrator, dan system analitis.

Jadi secara sederhana istilah brainware disini merujuk kepada orang- orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer. Ini menjadikan istilah brainware adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan komputer. Brainware juga sering diasosiasikan sebagai perangkat intelektual yang mempunyai skill memakai dan menjelajahi sistem hardware (perangkat keras) mau pun software (perangkat lunak).

Sedangkan dalam dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware merujuk pada seseorang atau pun sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual dalam mengeksplorasi dan menjalankan jaringan sistem informasi manajemen perusahaan tersebut. Disini brainware sistem informasi manajemen bisnis akan sangat berguna dalam menghasilkan dan mengolah informasi menjadi benefit.

Keuntungan atau benefit ini akan berpengaruh pada perusahaan tersebut. Seperti pengolahan data, input dan output atau apa saja yang bisa didapatkan perusahaan untuk dapat dikelola nantinya. Semua itu akan berguna bagi kelangsungan organisasi maupun perusahaan untuk lebih unggul dalam kompetisi dan persaingan di dunia bisnis itu sendiri.

 

Fungsi Dari Istilah Brainware Secara Umum

Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware
 

Setelah memahami penjelasan mengenai pengertian brainware diatas hingga pengertiannya pada dunia bisnis, berikut ini adalah beberapa fungsi dari brainware secara umum :

 

  • Sebagai Administrator

    Administrator adalah tugas seorang yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi berserta juga program- -program yang dijalankan dari sebuah komputer atau jaringan dalam perusahaan. Selain itu ada juga database administrator yang bertanggung jawab terhadap kelancaran sistem database perusahaan termasuk juga bertugas untuk mengatur, mengelola serta menyimpan arsip mau pun data- data penting perusahaan.

  • Sebagai Programmer

    Dengan bergantungnya dunia dengan teknologi, maka begitu juga perusahaan yang mempunyai programmer mereka sendiri. Programmer sendiri bertugas untuk membuat program yang dibutuhkan perusahaan dalam sistem komputerisasi. Disamping itu programmer juga berperan sebagai pihak yang turut menjaga keamanan dan kelancaran keseluruhan sistem komputer perusahaan.

  • Sebagai Operator

    Setelah Programmer dan Administrator, berikutnya adalah Operator yang bertugas untuk menjalankan sistem operasi serta program dalam perangkat komputer perusahaan. Disini Operator akan bertindak dalam melakukan perawatan sistem operasi komputer, menyiapkan akses pada data dan informasi dan lain- lain.

 

Baca Juga :   Website / Situs Download Buku Gratis dan Legal di Indonesia

 

Jenis- jenis dari Brainware

Seorang pengguna komputer yakni brainware atau yang biasa disebut juga dengan user, dapat dibagi menjadi beberapa jenisnya tersendiri mengikuti tugas yang mereka lakukan. Beberapa jenis- jenis brainware adalah sebagai berikut :

 

  1. Programer

    Yakni seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah satu atau lebih bahasa pemrograman dalam dunia komputerisasi. Programmer disini bertugas untuk membuat dan mempersiapkan program yang dibutuhkan serta juga dapat mendukung sistem komputer yang akan dibuat atau telah dirancang. Posisi ini menjadi posisi yang penting terlebih lagi jika adanya serangan hack atau virus pada database perusahaan, maka Programmer akan melakukan tindakan perlindungan yang diperlukan.

  2. Operator Komputer

    Berikutnya adalah operator komputer yakni seorang yang dianggap memiliki kemampuan dalam pengoperasian sistem operasi mau pun program- program yang dipakai oleh perusahaan. Ini juga termasuk dalam menjalankan aplikasi- aplikasi, penyimpanan data dan lain- lain.

  3. Teknisi Komputer

    Teknisi komputer adalah seseorang dengan kemampuan, memiliki keahlian khusus tersendiri untuk merawat, mengatasi hingga memperbaiki berbagai jenis masalah yang sering atau mungkin terjadi dan muncul pada komputer. Bidang pekerjaan ini menuntut pengetahuan yang luas mengenai semua perangkat- perangkat yang berhubungan erat dengan komputer.

  4. Project Manager

    Seorang pemimpin tentunya harus mempunyai kriteria tersendiri mengingat ia akan memimpin banyak karyawan serta proyek pekerjaan di bawahnya. Sehingga perusahaan yang ingin mempekerjakan seorang sebagai project manager harus lebih dahulu mempunyai basic kepemimpinan dan dedikasi dalam membimbing orang- orang yang bekerja sebagai bawahannya nanti.

  5. Konsultan

    Seseorang dengan brainware di bidang yang satu ini juga harus mempunyai kriteria spesifik pula. Seorang konsultan tidak hanya mempunyai cangkupan ilmu yang luas dan bisa membaca arah serta keadaan, namun juga dapat memberikan nasehat atau konsultasi yang dapat membawa klien dalam menentukan langkah mereka selanjutnya.

 

Baca Juga :   Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar dan Contohnya

 

Komponen – komponen dari Brainware

Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Contoh Brainware
 

Kembali lagi mengacu pada pengertian dan definisi brainware diatas, maka secara sederhananya brainware adalah orang- orang yang mempunyai pengetahuan dan skil dalam hal hardware serta software di perangkat komputer. Tetapi tentu saja semua orang mempunyai keterbatasannya tersendiri pula.

Sedangkan komponen- komponen dari brainware dapat dibagi 2 yang mempunyai tugas mengelola dan mengoperasikan setiap elemen berbeda dalam komputer tadi. Berikut ini adalah 2 komponen brainware yang bisa Anda ketahui :

 

  • Hardware engineer

    Biasanya bidang pekerjaan ini adalah mereka yang memiliki pengetahuan serta keahlian di bidang perangkat keras komputer. Pekerja di bidang ini akan bertanggung jawab dalam pengembangan teknik atau metode baru dalam pembuatan hardware untuk membuat inovasi maupun produk yang lebih advance dari versi sebelumnya.

  • Software engineer

    Mereka yang bekerja di bidang pengembangan software engineer juga harus memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang jaringan komputer. Software engineer bertanggung jawab dalam mengembangkan serta merancang teknik atau metode baru dalam jaringan komputer.

 

Baca Juga :    Website Download Template Presentasi (PPT) GRATIS dan Terbaik

 

Contoh- contoh Brainware

Selanjutnya adalah contoh- contoh penerapan dari istilah brainware itu sendiri. Dibawah ini adalah contoh- contoh brainware dalam penerapannya :

 

  • Netter

    Netter adalah rujukan bagi mereka pengguna internet yang menjelajahi situs- situs web untuk mencari dan mendapatkan informasi. Istilah ini juga bisa mengacu pada individu, sekelompok orang mau pun sebuah organisasi.

  • EDP Department

    Beberapa orang menyebutnya sebagai orang- orang yang berada di IT Department. EDP Department atau Pengolah Data Elektronik adalah penggunaan suatu metode otomatis dalam mengolah data komersial untuk suatu perusahaan.

  • Network System

    Istilah ini merujuk pada sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani suatu jaringan komputer. Normalnya sistem operasi ini terdiri dari atas banyak kumpulan layanan yang ditujukan agar dapat memberikan pelayanan bagi para pengguna komputer.

 

Baca Juga :   Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama

 

Kesimpulan dan Penutup

Sumber daya manusia manusia yang berkompeten merupakan aset perusahaan yang sangat berguna dan menentukan kemajuan sebuah perusahaan untuk dapat bersaing kompetitif yang semakin beragam. Melalui pemahaman dari sisi otak, emosi dan fisik serta pengelolaan cara berpikir seseorang yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing perusahaan secara berkelanjutan.

Brainware management berperan besar dalam membantu kompetensi personal melalui antara lain dalam memahami mengenai diri sendiri dan orang lain, kemampuan menyadari dan mengerahkan potensi diri, memotivasi diri sendiri dan sebagainya. Brainware management dapat membantu meningkatkan kemampuan kepemimpinan serta personality seseorang melalui 3 unsur manusia seutuhnya. Ketiga unsur tersebut dapat mendongkrak kemampuan seseorang terutama orang- orang yang terlibat dalam pekerjaan mengelola software dan hardware seperti diatas.

Related Post :