Pengertian Domain or.id, Sejarah, Fungsi, Kelebihan, dan Penggunaan

Domain & Hosting, Tips & Tricks / 0 | | 0

Menurut wikipedia, pengertian domain adalah sebuah nama unik yang diberikan dalam mengidentifikasi nama server komputer. Seperti contohnya adalah web server, email server, atau jaringan internet. Biasanya, domain tersebut disebut dengan link. Ketika anda menuju sebuah website, pasti ada tulisan di atas yang menggambarkan bahwa itu adalah alamat website atau link. Bukankan sangat mudah dalam mengidentifikasi sebuah domain.

Pada dasarnya, domain merupakan sebuah nama. Domain adalah sebuah nama unik untuk dan menjadi alamat dari sebuah website. Domain sendiri terdiri dari beberapa ekstensi, seperti .com, .id, .co.id , .net dan masih banyak lagi.
Sedangkan dengan di Indonesia, rata-rata menggunakan ekstensi id. Bahkan dari ekstensi id sendiri mempunyai domain khusus untuk regional Indonesia. Misalnya adalah .id, .co.id, .web.id, .or.id, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih sangat banyak sekali domain yang bisa dipilih mulai dari ekstensi yang biasa atau ekstensi domain yang antimainstream. Terkhusus pada domain .or.id, adalah sebuah domain yang memang ditujukan oleh sebuah organisasi.

 

Sejarah Domain or.id

 

Domain or.id merupakan sebuah domain yang diambil dari kata or “organization” dan id merupakan sebuah identitas dari Indonesia. Kemudian domain tersebut hanya boleh digunakan oleh sebuah organisasi saja. Sehingga, pengguna dari domain ini kebanyakan adalah organisasi-organisasi tertentu yang menggunakan sejumlah situs untuk sebuah kepentingan dari organisasi tersebut.

Kemudian menurut sejarah domain dunia yang diungkap oleh Verisign pada tahun 1985, terdapat 6 nama domain di seluruh dunia. Lalu domain menjadi berkembang dan telah terdaftar lebih dari 265 nama domain.  Dalam membangun sebuah website dengan tujuan sebagai sarana komunikasi atau yang lain, harus menggunakan domain sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, hal tersebut akan membuat website anda lebih mudah ditemukan oleh pencari di internet. Sedangkan dengan penggunaan domain or.id, digunakan sebagai salah satu satu dari kebanyakan pembeda jenis website antar pembuat website.

 

Baca juga:  Website Organisasi Masa Kini, Bisa didapatkan di Program NGO Go Digital

 

Fungsi Domain or.id

 

Dengan adanya website organisasi, maka akan sangat membantu masyarakat dalam mencari informasi lebih dalam terkait dengan pencarian yang diinginkan. Kemudian organisasi yang bersangkutan, menyediakan banyak sekali informasi untuk para pencari.
Bahkan keberadaan website organisasi tersebut akan membantu sebuah organisasi di kemudian hari. Salah satu contohnya adalah bisa meminimalisir penggunaan sumber daya alam demi mempertahankan eksistensi dari organisasi terkait. Keunggulan Domain or.id adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana dalam berkomunikasi

    Sebuah website organisasi dapat menjadi sarana berkomunikasi bagi anda yang ingin bekerjasama. Pasalnya, dengan mencantumkan informasi kontak yang jelas, orang-orang yang ingin bekerjasama dengan organisasi anda dapat dengan mudah menghubungi

  2. Berkaitan dengan ruang lingkup organisasi

    Keberadaan website dengan domain or.id ini dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai organisasi yang anda buat

  3. Efisien dalam memanfaatkan jaringan

    Ketika ingin menjalin kerjasama baru, anda dapat memberi informasi mengenai keberadaan website anda. Sehingga calon klien dapat memeriksa website anda terlebih dahulu

  4. Kemudahan dalam operasi dan management

    Website or.id juga dapat menjadi sarana dalam mempermudah manajemen dan operasional organisasi anda

  5. Membuka kerja sama baru

    Dengan mencantumkan informasi cara bekerjasama, calon klien dapat mempertimbangkan organisasi anda lebih cepat

  6. Lebih efisien dalam waktu

    Tidak ada batas dalam mengenal organisasi anda, cukup ketik domain website anda dan voila! Semua dapat terhubung lebih cepat.

  7. Meningkatkan kredibilitas dari organisasi

    Dengan adanya website organisasi, dapat menjadi pembuktian bahwa organisasi anda bukanlah organisasi yang tidak jelas asal-usulnya

  8. Mendatangkan konsumen jarak jauh

    Terkadang, calon anggota organisasi, calon klien dari organisasi bisa datang darimana saja. Oleh karena itu website anda dapat menambah konsumen atau klien diluar daerah anda

  9. Sebagai kerangka atas perubahan budaya kerja

    Website organisasi dapat menjadi rekam jejak perubahan budaya kerja dari masa-kemasa. Sehingga anda dapat melihat perkembangan organisasi anda setiap tahunnya

  10. Meningkatkan produktivitas kerja

    Dokumentasikan semua hasil kerja organisasi anda secara digital dan tayangkan di website. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah memiliki dokumentasi kegiatan komunitas anda kapan saja dan dimana saja secara cepat.

 

Baca Juga:  Tips Memilih Nama Domain untuk Yayasan dan Organisasi yang Baik dan Benar

Penggunaan Domain or.id

Seperti yang sudah disebutkan diaatas tadi, bahwasannya domain or.id memang digunakan untuk sebuah organisasi. Memang kebanyakan orang salah dalam memahami ekstensi id. Sebab, di Indonesia banyak sekali domain yang menggunakan ekstensi id, salah satunya adalah or.id.

Kemudian terdapat beberapa jenis domain yang memang digunakan untuk organisasi selain or.id. Diantaranya adalah ac.id, co.id, net.id, go.id, mil.id, sch.id, dan masih banyak lagi. Bahkan penggunaan domain tersebut harus sesuai ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan. Syaratnya adalah:

  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan.
  • KTP Republik Indonesia

 

Kesimpulan

Dengan adanya website organisasi dengan domain or.id, komunitas anda dapat meningkatkan nilai kepercayaan dimata masyarakat. Selain itu, dengan mudah dapat dikenal oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Jangan lupa untuk menyediakan dana khusus untuk pengembangan website dengan domain or.id ini.

Anda dapat berdiskusi dengan anggota organisasi untuk pengadaan website berdomain or.id pada organisasi yang anda jalankan. Selain itu, anda dapat menunjuk anggota organisasi anda yang ahli, mengerti dan dapat bertanggung jawab dalam mengurus website dan domain bagi organisasi anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kemajuan organisasi yang ada di Indonesia

 

Related Post :

popup image