Tips Memilih Nama Domain untuk Yayasan dan Organisasi yang Baik dan Benar

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Banyak terdapat yayasan atau organisasi di Indonesia dengan kategori yang berbeda-beda. Arti dari yayasan adalah wadah yang bersifat non profit untuk membantu kesejahteraan hidup masyarakat. Lembaga yang memberikan upaya perlindungan, bantuan dan pelayanan kepada masyarakat di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

Yayasan ini sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Oleh karena itu yayasan harus memiliki wadah untuk pengenalan dan melakukan kegiatannya melalui online. Salah satu media online ini adalah website. Sudah banyak yayasan yang berdiri namun belum memiliki website untuk medianya.

Sebelum membuat website disini terdapat tips atau cara untuk memilih nama domain sebagai alamat website. Banyak pilihan untuk nama domain ini sendiri. Jika yayasan tersebut merupakan milik pemerintah ada ketentuan khusus untuk nama domainnya tetapi jika yayasan swasta bisa diatur oleh pengurusnya sendiri. Untul lebih lanjut, Anda dapat membaca lebih lanjut  di bawah ini.

 

Pengertian Nama Domain

Tips Memilih Nama Domain untuk Yayasan dan Organisasi yang Baik dan Benar
 

Sebelum pembuatan website keseluruhan, Anda harus terlebih dahulu menentukan nama domain yang hendak digunakan. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer maupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP (IP Address).

Baca Juga :     Tips Memilih Nama Domain untuk Usaha Online yang Baik dan Benar

 

Ekstensi Nama Domain .id

Untuk membuat nama domain website yayasan atau organisasi dianjurkan untuk menggunakan ekstensi domain .id . Hal itu dikarenakan ekstensi domain tersebut terbilang menjadi identitas resmi dari sebuah website. Jika sebuah website menggunakan .id  maka tidak usah diragukan lagi tentang keresmian yayasan / organisasi dari pemilik website tersebut. Berikut beberapa fungsi ekstensi penggunaan domain .id :

 

  • Domain ANYTHING.ID

    ANYTHING.ID diperuntukan bagi Badan Usaha/entitas/sejenisnya yang berbadan hukum Indonesia dan/atau Warga Negara Republik Indonesia. Tidak ada persyaratan jika ingin memakai domain ini. Khusus untuk domain ANYTHING.ID, panjang karakter nama domain .ID minimum 5 karakter. Sedangkan untuk domain lain, minimal 3 karakter.

  • Domain .AC.ID

    .ac.id, diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Tinggi/organisasi/entitas yang memiliki izin/akreditasi penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Teknis terkait lainnya. Dokumen yang dipersyaratkan adalah :

    1. SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan Perundangan.
    2. Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga.
    3. KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.
  • Domain .BIZ.ID

    .biz.id, diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas bisnis tingkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dokumen yang dipersyaratkan adalah mempunyai KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.

  • Domain .CO.ID

    .co.id, diperuntukkan bagi badan usaha/organisasi/entitas bisnis, atau sejenisnya yang berbadan hukum dan beroperasi di Indonesia, yang dibuktikan dengan kepemilikan Akta/Surat Izin Usaha Perdagangan/Surat Ijin Usaha Jasa/Surat Izin Tetap (Perdagangan, Industri, Transportasi, Pariwisata atau jasa sejenis lain) baik di tingkat Pusat, Daerah, berbentuk PT (Perseroan Terbatas), PK (Perseroan Komanditer/CV) atau Firma. Dokumen identitas yang dapat digunakan untuk pendaftaran domain CO.ID ialah :

    1. SIUP / TDP / Akte Notaris / Surat Izin yang setara
    2. Surat Bukti Kepemilikan Merek atau Hak Paten (bila nama domain memakai merek terkenal)
    3. KTP Republik Indonesia yang masih berlaku
    4. Surat pernyataan keterkaitan nama domain dengan perusahaan (bila nama tidak sesuai dengan nama perusahaan)
  • Domain .MY.ID / .WEB.ID

    .MY.ID / .WEB.ID diperuntukan bagi Badan Usaha/entitas/sejenisnya yang berbadan hukum Indonesia dan/atau Warga Negara Republik Indonesia. Dokumen yang dipersyaratkan adalah KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.

  • Domain .OR.ID

    .or.id, diperuntukkan bagi organisasi sosial, politik, pemuda, kemasyarakatan, perkumpulan, komunitas, himpunan dan sejenis, yang memiliki Akta atau SK Internal Organisasi. Dokumen yang dipersyaratkan adalah:

    1. Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan
    2. KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.
    3. Surat pernyataan (bila nama tidak sesuai dengan nama organisasi)
  • Domain .SCH.ID

    .sch.id, diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Teknis lainnya, termasuk pendidikan non-formal (luar sekolah) yang diakui oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Dokumen yang dipersyaratkan adalah:

    1. SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait
    2. Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga
    3. KTP Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga yang masih berlaku
  • Domain .PONPES.ID

    .ponpes.id, diperuntukkan bagi pondok pesantren. Dokumen yang dipersyaratkan adalah :

    1. Surat Keterangan Pimpinan Pondok Pesantren atau Pimpinan Lembaga Tentang Perihal Pendaftaran Nama Domain
    2. KTP yang masih berlaku

Baca Juga :     Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Perusahaan

 

Nama Domain .org

Tips Memilih Nama Domain untuk Yayasan dan Organisasi yang Baik dan Benar
 

Selain nama domain .id terdapat juga .org yang digunakan oleh website untuk yayasan atau organisasi. Pengertian domain .org adalah berfungsi untuk membantu Anda mengembangkan merek menjadi yang terbaik sekaligus tepercaya dan berintegritas. Sebagai salah satu domain tingkat atas (TLD) awal, domain ini telah menjadi pilihan bagi organisasi yang melayani kepentingan publik. Saat ini, domain .org telah dianggap sebagai domain yang terpercaya di internet dan dirancang khusus untuk lembaga non-komersial seperti :

 

  • Organisasi nirlaba
  • Yayasan
  • Institusi budaya
  • Organisasi keagamaan

 

Jika Anda menjalankan salah satu lembaga tersebut, orang lain akan mudah menemukan Anda apabila Anda menggunakan .org. Namun, organisasi komersial juga dapat memanfaatkan domain .org dengan menghubungkannya ke badan amal milik perusahaan tersebut, dan merek perusahaan akan tetap terlindungi dengan nama domain lain.

Baca Juga :     Tips Memilih Nama Domain untuk SEO yang Baik dan Benar

 

Manfaat dari domain .org ini banyak sekali untuk sebuah yayasan atau organisasi antara lain :

  • Membangun kepercayaan karene ekstensi .org dapat menunjukkan kredibilitas. Umumnya ekstensi ini sering dikaitkan domain ini dengan badan amal dan lembaga nirlaba lainnya.
  • Membimbing orang. Situs web .org dikenal luas sebagai sumber informasi objektif bermanfaat yang membantu orang-orang memahami masalah penting.
  • Meningkatkan penggalangan dana. Memiliki situs dengan ekstensi .org dianggap paling tepat untuk penggalangan dana secara online.
  • Menargetkan audiens. Sebagian besar pengguna internet mengaitkan domain .org dengan organisasi nirlaba dan gerakan kemanusiaan.

 

Semua orang yang menjalankan organisasi nirlaba akan mengatakan bahwa setiap bantuan, meskipun hanya kecil, sangat berharga dalam mencari dukungan. Ekstensi domain .org dapat menjadi pendukung tambahan. Layaknya lampu sorot, domain ini akan menjangkau hingga sudut terjauh di internet dan membantu Anda menemukan orang-orang yang akan mendukung suatu gerakan.

Baca Juga :    Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Bisnis Online 

 

Kesimpulan dan Penutup

Perkembangan teknologi menjadikan semuanya serba online untuk menunjang keberlanjutan suatu usaha ataupun organisasi yang dibangun. Serta untuk meningkatkan eksistensi dari suatu yayasan atau organisasi adalah dengan memiliki nama domain untuk website. Agar memiliki anggota dan peminat yang banyak tentunya harus ada strategi khusus untuk mewujudkannya. Dengan adanya nama domain untuk website ini yayasan atau organisasi Anda dapat melakukan promosi serta menampilkan profil semenarik mungkin untuk menarik minat masyarakat.

Jadi jangan ragu-ragu untuk membuat nama domain website sesuai yang perlukan untuk kemajuan situs web Anda. Banyaknya keuntungan yang didapat akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan website dan membeli nama domain. Setelah memiliki website yang banyak peminatnya jangan lupa untuk tetap berinovasi agar tidak tertinggal oleh yayasan atau organisasi lain.

Related Post :

popup image