Pengertian E-book (Buku Digital): Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Di era yang serba digital seperti saat ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan informasi. Jika dahulunya mendapatka informasi tersebut dilakukan dengan cara membaca buku secara manual, maka berbeda di era digital seperti saat ini. Kini Anda sudah bisa memanfaatkan e-book (buku digital) yang bisa Anda gunakan untuk membaca buku dengan lebih efisien kapan saja dan di mana saja.

E-book atau buku digital sendiri tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Buku yang dapat dibaca secara digital ini memang sudah seperti alternatif pengganti buku sebagai sumber informasi untuk belajr yang lebih menyenangkan. Anda bahkan dapat menyimpannya dalam bentuk file kemudian membukannya lewat smartphone, laptop, komputer ataupun perangkat elektronik lainnya.

Lantas, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari e-book tersebut jika dibandingkan dengan buku biasa pada umumnya? Kenapa e-book juga sekarang lebih disarankan daripada membaca buku konvensional kertas biasa ? Agar Anda mengetahui lebih lanjut mengenai buku yang dapat dibaca secara digital tersebut, simak dahulu pengertian e-book pada penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Mengenal Apa Itu E-book (Buku Digital)

Pengertian E-book (Buku Digital): Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
 

 

Electronic Book atau e-book ini merupakan salah satu jenis buku elektronik berupa softcopy yang bisa dibuka dan dibaca lewat berbagai perangkat elektronik. Bentuknya sendiri tidak jauh berbeda dengan buku biasanya. Di dalamnya masih terdapat berbagai informasi, baik itu berupa teks ataupun gambar.

Buku jenis ini sendiri memiliki berbagai macam format yang dapat Anda buka sesuai dengan kebutuhan. Beberapa format tersebut seperti HTML, PDF, TXT, XML, Mobi, dan lainnya. Dari beberapa macam format tersebut, PDF merupakan format e-book yang paling sering digunakan. Hal ini karena format PDF dapat tetap terbuka meski perangkat elektronik yang dipakai tidak tersambung dengan koneksi internet. Dari pengertian e-book di atas, Anda tentu sudah bisa membayangkan seperti apa manfaat yang didapat saat menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, simak fungsi dan manfaat selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

 

Baca Juga   :     Kumpulan E-book Sosial Media Terbaik dan Gratis di Tahun 2020

 

Fungsi dan Manfaat E-book (buku digital)

Tentu ada banyak fungsi dan manfaat e-book yang bisa Anda peroleh saat menggunakannya. Dari banyaknya manfaat tersebut, di bawah adalah ini tiga diantaranya :

 

  • Media informasi yang efektif

    Seperti buku pada umumnya, e-book (buku digital) juga memiliki fungsi dan manfaat yang sama yakni sebagai media informasi. Yang menjadi perbedaannya yakni buku elektronik ini dapat digunakan dengan lebih efektif. Melalui e-book tersebut Anda bisa memperoleh informasi baik berupa teks maupun gambar disertai konten yang lebih menarik. Yakni video dan juga audio. Tak hanya itu, buku elektronik ini memiliki format yang sangat memudahkan pemiliknya untuk mencari informasi yang diinginkan. Seperti format PDF dan HTML dengan tersedianya kecanggihan fitur pencarian. Anda dapat mengetikkan kata kunci pada bagian pencarian kemudian e-book akan membawanya pada laman yang dituju.

  • Media pembelajaran yang efisien

    E-book (buku digital) juga dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran yang efisien. Saat para pelajar cenderung mudah bosan dan susah mencari jawaban, maka buku elektornik ini bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efisien. Dengan buku jenis ini, para pelajar akan lebih tertarik untuk mempelajarinya. Selain juga sebagai media pembelajaran untuk para pelajar, e-book juga bisa menjadi media pembelajaran untuk kegiatan bisnis. Yakni e-book yang berisi tema-tema bisnis untuk menjalankan bisnis dari nol sampai meningkatkan perkembangan bisnis yang selama ini dialami.

  • Media untuk mengungkapkan ide baru

    Saat Anda ingin untuk mengungkapkan ide baru, namun dana sangat terbatas maka e-book bisa menjadi solusi paling ampuhnya. Dengan e-book, Anda bisa mengungkapkan ide-ide maupun gagasan yang diinginkan dengan lebih murah dan mudah. Terlebih bagi Anda yang menyukai dunia menulis.

 

Beberapa fungsi dan manfaat e-book di atas bisa didapat oleh siapa saja yang menggunakannya. Akan tetapi, buku jenis elktronik ini juga memiliki kelebihan dan kekuranggan sendiri yang mungkin belum Anda ketahui. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

Baca Juga   :     Website / Situs Download Buku Gratis dan Legal di Indonesia

 

Kelebihan dan Kekurangan E-book (Buku Digital)

Pengertian E-book (Buku Digital): Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
 

Sama seperti buku, E-book (buku digital) juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Diantara kelebihan tersebut seperti :

 

  • Bisa Anda peroleh dengan gratis

    Bagi Anda yang ingin mengoleksi buku dalam jumlah yang banyak, namun tidak memiliki banyak biaya untuk membelinya maka e-book bisa jadi solusi yang sangat efektif. Buku elektronik ini bisa Anda peroleh dengan gratis. Bagaimana bisa? Anda bisa mencarinya melalui situs-situs yang menyediakan buku elektronik di internet.
    Tidak perlu khawatir lagi mengenai biayanya karena Anda bisa mendownload langsung e-book tersebut tanpa biaya di internet. Tentu hal ini menjadi kelebihan tersendiri yang mengungguli buku yang mana perlu biaya tertentu untuk mendapatkannya. Akan tetapi, beberapa e-book yang berkualitas juga perlu Anda download dengan membayar sejumlah biaya. Hal ini biasanya tergantung pada kebijakan pencipta e-book tersebut.

  • Dapat Anda buka dan pelajari kapan saja dan dimana saja

    Kelebihan e-book yang satu ini tentu sangat memudahkan Anda saat memerlukannya. Anda dapat membukanya dan mempelajari isi dari e-book tersebut kapanpun dan dimanapun Anda inginkan. Terlebih, jika dibandingkan dengan buku, tentu akan sangat sulit jika harus membawanya kemana saja.
    Untuk itu, e-book bisa jadi solusi tepat bagi Anda yang ingin bepergian dengan membawa banyak materi yang ingin dipelajari. Hanya saja yang perlu dilakukan hanyalah mempersiapkan perangkat elektronik, ruang penyimpanan yang cukup, juga internet yang memadai. Dengan begitu, tentu sangat mudah bagi Anda untuk membaca ribuan informasi yang dapat dibaca dan disimpan hanya dalam satu perangkat elektronik saja.

  • Aman dan bersifat abadi

    Satu lagi kelebihan e-book yang tidak didapatkan pada buku. Apabila buku Anda sering hilang akibat dipinjam orang, lupa menaruh, atau bahkan sudah rusak karena termakan usia maka tidak dengan buku elektronik. Buku elektronik ini bersifat abadi sehingga akan lebih aman apabila Anda ingin membaca dan mempelajarinya dalam waktu lama.
    Anda juga tidak perlu khawatir kehilangan informasi karena buku yang hilang, basah, ataupun termakan rayap. Pasalnya, e-book bersifat softcopy sehingga tidak mudah rusak, awet, apalagi termakan rayap.

 

Baca Juga   :     Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu File dengan Cara Praktis, Cepat dan Mudah

 

Kesimpulan dan Penutup

Tentu kelebihan dari e-book di atas akan sangat memudahkan seseorang dalam menggunakannya. Lantas, bagaimana dengan kekurangannya? Kekurangan buku elektronik ini sendiri sebenarnya tidaklah banyak. Yakni Anda mungkin akan memperoleh informasi yang sedikit dan belum tentu keakuratannya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mendowload e-book (buku digital) yang berasal dari sumber terpercaya saja.

Kemudian untuk mengatasi kekurangan ebook dengan informasinya yang sedikit tersebut, Anda dapat mendownload e-book dalam jumlah yang banyak sesuai dengan banyaknya informasi yang dibutuhkan. Dengan begitu, apabila disimpulkan e-book (buku digital) tersebut dapat menjadi buku yang cukup efektif, Anda dapat membacanya kapan saja dan dimana saja. Anda juga tidak perlu lagi kecapekan karena harus membawa fisik buku yang cukup berat. Cukup simpan e-book pada smartphone, kemudian buka dan baca kapan saja Anda inginkan.

Related Post :