Penyebab UMKM Gagal dalam Membangun Bisnisnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Fenomena ini mengingatkan kita akan beratnya persaingan bisnis saat ini. Dulu bisa jadi pepatah dan pandangan kaya dengan muda apabila membuka toko belum bisa djadikan jaminan. Istilah buka lapak pasti ada yang serbu dan membeli belum tentu dan tidak akan berlaku lagi di zaman saat ini.

Maka dari itu coba simak fakta bahwa 90 % UKM Pasti Bangkrut dikarenakan beberapa hal ini ;

1# Tidak Mau Belajar

 

Banyak UKM seringkali lupa bahwa dalam menjalankan bisnis perlu ilmunya. Banyak dari pengusaha pemula menganggap bisnis adalah ilmu lapangan yang tidak memerlukan teori dan pembelajaran. Sehingga yang terjadi bisnis yang dijalani tidak jelas arahnya dan bagaimana mengatur dan memanajemen agar bisa bertahan.

2# Mau Instan dan Cepat Untung

 

Sukses itu berpola, gagal juga berpola. (Jaya Setiabudi – Yuk Bisnis)

Selain itu hal yang menyebabkan pengusaha mudah sekali bangkrut adalah prinsip ingin cepat dan instan. Sehingga yang terjadi adalah segala keputusan dan rencana bisnis hanya dilihat sebuah rencana jangka pendek dan tidak memprediksi berbagai kemungkinan yang terjadi sehingga tidak ada pegangan sehingga misalnya ada sebuah krisis yang tak terduga datang.

3# Tidak Disiplin dan Berkonsisten

 

Disiplin diri adalah kekuatan yang menghubungkan antara tujuan hidup dan perjuangan mencapai tujuan. ( Jim Rohn).

Bukan hanya menjadi seorang pegawai. Kadang istilah menjadi pengusaha memiliki waktu fleksibel membuat sebagai besar pengusaha pemula menganggap berwirausaha bisa tutup dan buka sesuka hati. Menentukan sendiri kapan ingin jualan atau tidak. Padahal dengan tidak ada konsistensi seperti ini. Pelanggan yang loyal akan berpikir bahwa UKM dan pengusaha tersebut tidak serius menjalankan bisnis dan tidak professional. Di tambah lagi, ketika pelanggan sangat membutuhkan produk yang tersedia di unit usaha tersebut. Percayalah, lambat laun pelanggan akan segera pergi bisnis anda dan tak kembali lagi.

4# Tidak Ingin Mengambil Risiko

 

Dalam hal ini pengusaha yang hanya bermain zona nyaman. Sehingga yang terjadi adalah banyak kesempatan – kesempatan besar untuk usaha itu berkembang terlewatkan begitu saja karena tidak ingin mengambil risiko. Usaha yang biasanya penuh dengan terlalu banyak pertimbangan dan takut akan resiko biasanya akan kondisi stagnan, tidak ada perubahan dan rapuh. Sehingga apa bila ada usaha lain dengan DNA yang sama akan mudah tergerus dan bahkan hilang.

5# Mengambil Keputusan dengan Emosi Bukan Data

 

Perlu anda tau bahwa ukuran emosional seseorang itu bukan hanya dilihat dari ekspresi fisik, kata-kata, atau kemarahan. Tapi juga mencakup hal dibawah ini :

  • Tidak konsisten dalam bersikap
  • Ceroboh dalam bersikap
  • Tidak berfikir jangka panjang
  • Mudah menyerah saat menghadapi masalah
  • Terlalu terburu-buru saat mengambil keputusan (nekat)

Menjadi sosok pengusaha tangguh dan usaha yang tangguh harus bisa membedakan dua hal ini. Antara emosional dan juga logika dalam menjalankan bisnis. Dua hal ini harus dalam keadaan seimbang. Jika salah satunya memiliki kecenderungan dikhawatirkan bahwa keputusan yang diambil tidak tepat. Terutama contoh dalam berbisnis dengan melibatkan keluarga yang cenderung adanya ketakutan dan ketidakenakan apabila ada nilai profesionalitas yang hilang. Kemudian melakukan pola marketing cara lama hanya menggunakan feeling dan intuisi pribadi tidak berdasarkan data – data yang ada.

6# Tidak Mau Transformasi

 

Baca Juga : 5 Langkah Mudah UMKM Sukses Bangun Website Pertamanya

Hal yang terakhir adalah tidak adanya transformasi. Seperti sebelumnya dijelaskan. Berbisnis di zaman ini tidak bisa menggunakan prinsip lama dengan buka took kemudian pelanggan kemudian berdatangan. Pelanggan di masa kini adalah mereka sangat cerdas bisa memilih dan mempertimbangkan dengan banyaknya kehadiran informasi di berbagai media. Maka dari itu, UKM harus mampu memperjelaskan value yang ingin di sampaikan baik dari produk, perusahaan dan service yang diberikan. Bahkan harus bertransformasi dan ikut menggunakan media digital baik itu media social, website, dan juga menggunakan marketplace. Apabila produk tersebut produk retail dan mampu menjangkau banyak pasar.

IDCloudhost mendukung adanya #UKMGODigital sebuah campaign agar UKM mampu bersaing dan bertransformasi di era digital ini dengan cara mendigitalisasi bisnisnya agar mudah dikenali di pasar luas.

Related Post :

popup image