Penyebab Website Error dan Cara Mengatasinya

Diskusi / 0 | | 0

Website yang menggunakan platform WordPress atau lainnya bisa mengalami error. Tiba-tiba website tidak dapat digunakan dan Anda menerima notifikasi pesan dari WordPress berupa sorry you are not allowed to acces this page. Ketika mengetahui notifikasi tersebut jangan panik, karena Anda dapat mengatasi website error dengan berbagai cara mudah. Error website jenis ini membuat Anda tidak bisa masuk ke dalam dashboard.

Mengatasi website error sekarang bisa dilakukan sendiri. Anda tinggal membaca panduan mengatasi website error kemudian menerapkannya. Setelah menerapkan caranya, error website sorry you are not allowed to acces this page bisa diselesaikan dengan baik.

10 Cara Mengatasi Website Error

Website error karena sorry you are not allowed to acces this page bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun faktornya yaitu tidak sesuainya file pada website dengan database, username, dan pasword website tidak sama, serta masih banyak faktor lainnya.

Nah sebelum mengatasi website error, Anda dianjurkan untuk melakukan restore situs website jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan selama perbaikan website. Berikut merupakan perbaikan cara mengatasi website error yang dapat diterapkan.

1. Melihat catatan log

Mengecek error dengan melihat catatan log bisa dilakukan dengan cara review. Lakukan review catatan error, kemudian muncul penyebab error website sesuai dengan provider hosting yang digunakan. Bila Anda ingin mengecek catatan log error secara langsung maka, gunakan file .htaccess. File tersebut digunakan untuk mencatatan dan mengetahui jenis error sorry you are not allowed to acces this page.

2. Mengatasi website error menggunakan WP_DEBUG

Salah satu penyebab error website yaitu adanya kesalahan terhadap situs. Anda bisa mengeceknya dengan aktifkan tool WP_DEBUG. Caranya yaitu membuka file pada wp-config.php, kemudian tambahkan kode baris jika belum ada dokumen file yang muncul. Setelah itu, Anda bisa melihat pesan debug. Dari pesan debug itulah Anda bisa mengetahui penyebab error website serta lengkap ada cara mengatasinya.

3. Melakukan revert situs ke pre-error state

Cara mengatasi website error berikutnya yaitu menggunakan revert situs ke pre-error state. Sebelumnya website error dikarenakan adanya perubahan update WorPress, local environment, dan adanya migrasi situs. Hal tersebut bisa menyebabkan akses halaman website jadi terganggu. Plugin website yang baru di install, juga bisa memunculkan error.

Saat Anda mengingat perubahan paling akhir pada website maka, Anda bisa memanfaatkan revert situs untuk mengatasi error. Hapus plugin penyebab website error, contohnya plugin WP Rollback. Anda bisa melakukan restore dari versi lama ke baru. Cara lain yang bisa digunakan yaitu restore WordPress melalui backup jika telah membuat backup sebelum website mengalami error.

4. Matikan seluruh tema atau plugin

Sudah dikatakan bahwa plugin bisa menyebabkan error sorry you are not allowed to acces this page. Bila plugin menjadi penyebab utama error, cara mengatasi yang paling terbaik adalah matikan plugin website. Bila Anda tidak dapat masuk ke menu dashboard untu mematikan plugin, langsung saja matikan secara manual melalui FTP. Setelah plugin dimatikan, langsung cek error website apakah masih ada atau tidak.

5. Notifikasi dari plugin security

Serangan hack bisa menyebabkan website error. Bila Anda sudah melakukan install plugin security, biasanya mereka mengirim informasi pesan peringatan serta adanya aktivitas mencurigakan yang terdapat di website melalui email.
Oleh karena itu, ketika website error jangan lupa untuk mengecek pesan email. Jika pesan tidak ditemukan pada inbox, cek di folder spam. Plugin security mampu melindungi website, sehingga Anda mengetahui penyebab website error.

6. Mengecek file permission

Mengatasi website error selanjutnya bisa mengecek file permission. Kunjungi konfigurasi pada file permission. Website error memungkinkan Anda tidak bisa masuk ke dasboard, sehingga solusi masuk ke konfigurasi file permission yaitu melalui FTP. Pertama buka aplikasi FTP, kemudian masukkan informasi mengenai hosting Anda pada kolom yang telah disediakan.

Baca Juga : Change Permission Pada File / Folder File Manager

Masuk ke public_html, klik wp-admin lanjutkan klik wp-content dan terakhir wp-inclueds. Akhirnya file permission berhasil dibuka. Pada chanel file attribute khususnya bagian jendela terdapat 755, langsung centang recurse into subdirectories, kemudian apply to disrectories only dan klik ok.

Kembali pada public_html lagi, klik setiap file yang berada pada folder kecuali file exclude. File yang sudah dipilih klik kanan, klik file permissions. Ubah change file attributes, lihat bahwa nilainya dibawah 644. Pastikan rexurse into subdirectorie telah di centang lalu apply to file only lagi, klik ok.

7. Upgrade PHP situs ke versi paling baru

PHP situs yang belum diperbaruhi bisa saja menyebabkan error sorry you are not allowed to acces this page. PHP yang versi lama keamanannya kurang terjamin, sehingga memudahkan hacker untuk masuk dalam website Anda. Perbarui PHP situs website sekarang namun, sebelum upgrade pastika dahulu bahwa situs website kompatibel dengan PHP Anda atau tidak. Jangan lupa untuk backup untuk keamanan file.

Baca  Juga : PHP7 Sekarang Tersedia di IDCloudHost! – “Akses Lebih Cepat!”

Cara upgrade PHP situ versi terbaru bisa menggunakan virtual private server dengan memanfaatkan comman line. Cara mengatasi website error lainnya yaitu menggunakan control panel atau hubungi provider hosting supaya mereka bisa memperbaruhinya secara otomatis.

Tutorial : Cara Mengubah Versi PHP di Cpanel

Demikian berbagai macam penyebab error website sorry you are not allowed to acces this page. Anda dapat melihat penyebabnya serta cara mengatasinya secara langsung. Mungkin saat ini WordPress Anda baik-baik saja namun, suatu saat akan mengalami seperti itu jadi sebaiknya harus mengetahui cara mengatasi website error.

Related Post :

popup image