Mengenal Perbedaan Antara Domain dan Hosting untuk Website

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Dalam membangun sebuah website anda membutuhkan, sebuah komponen berupa domain dan hosting. Namun, tidak sedikit yang masih belum mengetahui domain dan hosting itu apa. Untuk membuat sebuah website misalnya, jika anda seorang pemula.

Anda pasti akan bertanya tentang perbedaan domain dan hosting ke layanan penyedia hosting dan domain tersebut. Belum lagi jenis – jenis domain yang berbagai macam, dan paket hosting. Mulai dari .com, .id, .gov, .net hingga my.id, dan masih banyak lagi.

Anda harus jeli apabila anda menentukan nama domain, tentukan jenis usaha bisnis online yang ingin anda kelola. Jangan sampai nama website anda sama dengan bisnis online lainnya. Pastikan anda nama website anda memiliki nama unik yang dapat di ingat oleh pelanggan.

Ini semua merupakan beberapa bagian dari jenis domain. Namun, masih ada saja yang  mengira bahwa hosting itu adalah domain, begitu juga sebaliknya. Lalu, sebenarnya apa saja perbedaan dari hosting dan domain ini. Masih ragu perbedaan atara domain dan hosting? Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Domain?

Domain berperan sebagai alamat dari sebuah website yang akan menuntun pengunjung untuk menuju website yang akan dikunjungi. Sebuah domain dibentuk oleh aturan dan prosedur Sistem Nama Domain (DNS). Setiap nama yang terdaftar dalam DNS adalah nama domain. Nama domain disusun dalam level subordinat (subdomain) dari domain root DNS, yang tidak bernama.

Biasanya kumpulan nama domain tingkat pertama adalah domain tingkat atas (TLD), termasuk domain tingkat atas generik (gTLD), seperti com domain terkemuka, info, net, edu, dan org, dan kode negara atas -level domains (ccTLDs).

Di bawah ini domain tingkat atas dalam hirarki DNS adalah nama domain tingkat kedua dan ketiga yang biasanya terbuka untuk reservasi oleh pengguna akhir yang ingin menghubungkan jaringan area lokal ke Internet, membuat sumber daya Internet lain yang dapat diakses publik atau menjalankan situs web.

Nama domain biasanya diikuti oleh ekstensi domain TLD (International) seperti .com, .net, .click, .info, .org, dan lain sebagainya. Ada juga domain khusus untu regional Indonesia seperti .id, .co.id, .sch.id, .or.id, .web.id dan .ac.id, untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada halaman domain.

 

Mengenal Apa Itu Hosting ?

Hosting merupakan tempat penyimpanan dokumen atau file-file web yang bisa diakses 24 jam nonstop. Jadi sebenarnya hosting adalah space yang kita gunakan untuk menyimpan file-file website. Hosting merupakan harddisk seperti pada computer biasa.

Hanya saja yang membedakan computer tersebut dipersiapkan sebagai hosting dan terkoneksi dengan internet dan hidup 24 jam tanpa mati, karena jika server mati maka halaman kita tidak akan bisa diakses. Untuk mengenal lebih dekat mengenai hosting, dapat mengunjugi halaman hosting.

Baca Juga : Panduan Membuat Website 2020 [LENGKAP]

 

Beli Domain Gratis Hosting

 

Setelah anda mengetahui definisi dari domain dan hosting. Selanjutnya, jika anda ingin membuat sebuah website baru dan membutuhkan domain dan hosting , anda dapat memanfaatkan promo beli domain gratis hosting ini. Nah tahukah anda kalau domain com dan id bisa digunakan untuk keduanya. Selain itu juga domain .COM bisa digunakan bebas juga untuk semua aktifitas anda, bahkan kita IDCloudhost juga menggunakan domain .COM.

Nah, yang terpenting Adalah yuk ciptakan website pertama anda segera. Jika anda tidak punya hosting? Jangan khawatir, IDCloudhost memberikan promo spesial untuk anda, Dapatkan GRATIS Hosting Plesk Starter selama 3 Bulan dengan membeli Domain COM atau ID. Anda dapat memesan paket ini di Layanan domain gratis hosting.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Domain Gratis?

 

Salah satu program dari IDCloudHost lainnya ialah dengan membagikan domain gratis. Tak hanya hosting saja yang diberikan gratis ketika anda membeli sebuah domain. Namun, anda juga bisa mendapatkan domain gratis. Domain gratis ini tentu sangat penting anda miliki ketika ingin membangun sebuah bisnis online, menarik bukan?.

IDCloudhost memberikan promo spesial untuk kamu, Dapatkan GRATIS Hosting Plesk Starter selama 3 Bulan dengan membeli Domain COM atau ID. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tips dan trick dari program IDCloudHost ini.

Bahkan, untuk anda yang baru memulai bisnis online. Promo ini jangan sampai ketinggalan. Anda dapat mengembangkan bisnis anda tanpa modal hanya dengan menggunakan internet saja. Tidak masalah jika anda tidak punya biaya, anda dapat memanfaatkan banyak promo IDCloudHost ini untuk menunjang bisnis online anda.

Bahkan, anda dapat menjadi reseller IDCloudhost dengan program Affiliasi yang memberikan komisi 70%. menarik bukan? dengan kemudahan teknologi saat ini. Sangat wajar apabila bisnis online menjadi lahan hijau bagi para pebisnis. Anda tidak memerlukan modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal untuk memulai bisnis online ini.

Baca Juga : Cara Membuat Website di Website Builder IDCloudHost

 

Tips dan Trick Mendapatkan Domain GRATIS 

Apa saja tips dan trick untuk mendapatkan domain gratis ini? yuk, simak langkah – langkahnya berikut ini :

 

  • Pastikan Anda melakukan Like dan Share halaman Fanspage IDCloudHost sesuai dengan ketentuan pada
  • Program Domain Gratis,
  • Pastikan Domain Anda belum pernah digunakan, Anda bisa mengecek kesediaan domain pada halaman
  • Layanan Domain IDCloudHost,
  • Pastikan mengisi identitas dengan benar, terutama nama Domain Anda.
  • Pastikan Anda sudah mempersiapkan perysaratan Domain (co.id : perusahaan | web.id : individu) – Lihat : Persyaratan Domain Indonesia

 

Penutup dan Kesimpulan

Bisnis online saat ini memang tengah marak dilakukan. Hal ini dikarenakan, semakin majunya teknologi yang ingin membat segalanya serba cepat. Anda bahkan hanya perlu membuka toko online saja tanpa memerlukan toko offline jika ingin memulai bisnis ini.

Omzet yang didapatkan tidak main – main, bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, ada saja kendala dalam memulai bisnis online. Salah satunya tidak mengetahui cara membuat website, dan komponen apa saja yang dapat mendukung dalam membuat website.

Domain dan Hosting misalnya, banyak dari kita yang tidak mengetahui tentang istilah ini. Padahal kedua komponen ini sangat penting kita pelajari, apabila kita ingin berbisnis online. Jika anda sudah mengetahuhui perbedaan domain dan hosting seperti penjelasan diatas.

Selanjutnya ialah, anda dapat menentukan dengan nama domain apa website bisnis online anda. Misalnya saja anda ingin membuat sebuah  bisnis online berupa clothing, tas dan sepatu. Biasanya website bisnis online ini menggunakan nama domain .com.

Begitu juga jika anda ingin membuat website untuk sekolah, anda bisa menggunakan domain .sch.id untuk sekolah anda. Lalu, kemudian usahakan nama website anda berbeda dengan nama website lainnya. Hal ini akan semakin memudahkan costumer dalam mengingat nama website anda.

Related Post :