Bagaimana Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Apakah anda ingin memulai sebagai seorang blogger? Jika iya, maka anda harus membuat blog atau website untuk tulisan anda. Namun, anda harus mengetahui dan membedakan backlink dari jenis – jenis linknya. Biasanya penggunaan backlink merupakan pembahasan dari sebuah SEO (Search Engine Optimization) yang mempunyai 2 jenis yaitu : SEO On page dan SEO Off Page.

Dalam SEO penerapan backlink sangat bagus untuk perangkingan dalam browser. Sehingga blog atau website anda menjadi urutan pertama dalam laman pencaharian yaitu Google. Semakin atas urutan website atau blog anda dalam browser, maka akan semakin banyak yang melihat blog atau website anda.

Nah, sebelum anda membuat blog, artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui tentang Backlink. Yuk simak panduan cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website.

 

Apa Itu Backlink?

 

Backlink dalam bahasa indonesianya ialahi Pranala balik. Menurut wikipedia, Backlink merupakan sebagai link masuk, inbound link, dan inlink. Pengertian dari Backlink adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam prosesnya, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. Singkatnya Backlink merupakan sebuah tautan yang mengarah ke situs anda. Baik aktif maupun tidak aktif.

Baca Juga :  Memaksimalkan Penggunaan Backlink Website Untuk Seo

 

Manfaat Backlink

 

Ketika anda telah membuat blog atau website dan menginginkan blog anda dilihat oleh jutaan orang maka backlink akan memberikan peranan penting untuk mewujudkan hal itu. Dalam penulisan SEO ketika anda menggunakan banyak ‘backlink’ dalam website atau blog anda , maka akan semakin baik juga kualitas blog kita dalam mesin pencari atau browser.

Hal ini berarti backlink dapat berpengaruh besar dalam blog tersebut namun dengan catatan menggunakan backlink yang berkualitas yang biasanya satu tema dengan blog tersebut. Bukan backlink yang asal – asalan dengan spam komentar maka akan berdampak buruk pada kualitas blog anda pada browser.

 

Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Setelah mengetahui pengertian dari Backlink, Yuk simak cara mendapatkan Backlink yang berkualitas :

  1. Artikel Direktori

    Artikel direktori biasanya digunakan untuk kegiatan marketing yaitu membangun backlink. Anda dapat membangun backlink dengan situs artikel direktori dengan cara anda dapat membuat artikel berkualitas kemudian disubmit ke situs-situs artikel direktori.

  2. Blogwalking

    Blogwalking merupakan sebuah kegiatan mengunjungi beberapa blog lalu meninggalkan komentar dengan meninggalkan URL blog anda dalam kolom komentar. Blogwalking memiliki 2 keuntungan yaitu, pertama bisa mendapatkan backlink, kedua dengan cara kunjungan ini si pemilik blog atau orang lain juga dapat ikut berkomentar di laman komentar anda sehingga dapat menarik perhatian pengunjung lainnya.
     
    Hal yang perlu diperhatikan sebelum anda meninggalkan komentar pada blog atau website orang lain, sebaiknya anda memberikan komentar yang berhubungan dengan topik yang dibahas pada blog itu lal meninggalkan URL anda.

  3. Blogger Influencer

    Blogger Influencer dapat membuat anda menjadi lebih cepat populer sekaligus mempromosikan diri anda dan blog anda dalam setiap kesempatan. Selain itu, anda bisa menjadi penulis di blog orang lain yang anda kenal sesuai dengan topik blog tersebut. Bahkan, anda bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, pertama anda dapat memperkenalkan diri anda melalui profil penulis blog dan kedua link tulisan anda akan lebih banyak backlink visitornya.

  4. Melalui Forum Signature

    Pernahkah anda melakukan survey melalui pertanyaan di salah satu situs online? Misalnya ialah forum gane, forum programmer, forum pengusaha atau forum kerja. Salah satu contohnya ialah situs kaskus.co.id, dan Ads-id didalam situs ini biasanya banyak sekali review maupun cerita pengalaman yang dijawab oleh pera pengunjung.
     
    Anda dapat memberikan backlink URL blog anda pada kolom komentar situs tersebut. Dengan jaringan visitor yang berkualitas, maka akan mempermudah anda untuk mendapatkan banyak pengunjung.

  5. Social Media

    Social media yang kian hari kian marak penggunaanya merupakan sasaran empuk untuk strategi Backlink. Contohnya ialah backlink di Twitter, Google plus, instagram, dan Facebook. Walaupun Social media memiliki visitor yang Nofollow, namun bagi mesin pencari google tetap memperhitungkannya dari segi SEO.
     
    Selain backlink tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau followers kita di social media tersebut. Karena itu, sebaiknya setiap web/ blog yang kita bangun harus memiliki akun social media tersendiri, misalnya fans page Facebook dan juga akun twitter. Dengan memiliki banyak teman atau followers di situs-situs social media tentunya akan sangat mudah untuk membuat web/ blog kita menjadi populer, tentunya kita juga harus aktif di social media tersebut.

  6. Press Release

    Situs pres release dapat memberikan anda backlinks yang berkualitas, sehingga press release sangat berpotensi dalam memberikan trafik pada web atau blog anda. Kalau saya perhatikan di Indonesia belum begitu populer dalam menggunakan press release untuk promosi website dan untuk kegiatan membangun backlinks, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.
     
    Hal ini berbeda dengan blog yang berada di luar negeri, bahkan situs-situs press release ini bisa digunakan untuk kegiatan promosi serta membangun backlinks website denga perusahaan kecil, menengah, hingga besar.

  7. Melalui Web 2.0

    Web 2.0 dapat digunakan untuk membangun backlinks. Dengan adanya backlinks ini maka Web 2.0 ini dapat membuat SEO akan membuat rating anda semakin naik. Contoh web 2.0 yaitu : Blogger(dot)com, WordPress(dot)com, Blog(dot)com, Blurty(dot)com, Webs(dot)com.

Baca Juga : Tips Dan Panduan Link Building Seo

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam memangun sebuah website anda memerlukan Backlink agar pengunjung dalam website anda semakin bertambah. Backlink juga menjadi salah satu faktor mesin pencari Google dalam menilai blog untuk ditampilkan di laman pertamanya.

Semakin banyak anda melakukan backlink maka blog anda akan menjadi urutan pertama dalam perangkingan mesin pencari. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ialah anda tidak dianjutkan untuk mengambil backlink spam, karena ini akan mempengaruhi kualitas SEO anda pada masin pencari.

Ada beberapa cara agar blog anda yaitu dengan blogwalking, Web 2.0, Blog Influencer, dan Social Media. Banyak sekali strategi marketing backlink yang dapat anda terapkan setelah membaca panduan ini. Semoga bermanfaat.

Related Post :

popup image