5+ Plugin Menu WordPress Terbaik untuk Website Anda

5+ Plugin Menu WordPress Terbaik untuk Website Anda

Menu adalah komponen penting dalam sebuah website. Tanpanya, pengunjung website Anda tidak akan bisa melakukan navigasi dan mengeksplor halaman serta konten di website Anda. Karena itu, untuk membuat tampilan menu yang apik Anda perlu menggunakan plugin menu WordPress. 

WordPress menyediakan ribuan plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai tampilan menu sesuai kebutuhan. Dalam artikel ini, kami memilih beberapa plugin terbaik yang dapat Anda gunakan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya. 

Kenapa Harus Menggunakan Plugin Menu?

plugin menu wordpress

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa kita butuh menggunakan plugin menu untuk website. Padahal, tema-tema WordPress sudah menyediakan fitur menu yang ciamik dan membuat tampilan website lebih menarik serta fungsional. 

Namun, bagi website yang besar dan memiliki banyak bagian terkadang mega menu default dari WordPress sangat terbatas. Dengan menggunakan plugin menu WordPress, Anda bisa menambahnya dan membuat mega menu yag lebih besar. 

Selain itu, plugin ini juga berguna untuk menambah menu yang butuh dukungan media seperti gambar produk, video tentang perusahaan, dan lain-lain. Fitur-fitur ini terkadang tidak tersedia di banyak tema WordPress. 

Menggunakan plugin menu juga merupakan solusi bagi Anda yang ingin mengembangkan website agar jadi lebih mobile-friendly. Tak jarang tema yang terlihat bagus dan responsif ketika diakses melalu PC, kurang nyaman bagi pengunjung dengan tampilan website. 

Dengan menggunakan plugin, Anda juga membuat efek transisi dan layout menu yang lebih menarik dan tak bisa dibuat dengan fitur menu default dari WordPress. Tampilan website dengan menu yang apik tentunya membuat pengunjung lebih nyaman melakukan navigasi di website Anda. 

Rekomendasi Plugin Menu WordPress Terbaik

WordPress menyediakan banyak pilihan plugin untuk penggunanya, ada yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Namun, banyaknya pilihan kadang malah membuat Anda bingung menentukan, bukan? Berikut adalah plugin menu WordPress terbaik yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan. 

  1. Max Mega Menu

max mega menu

Max Mega Menu adalah plugin menu WordPress yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi tema bawaan yang Anda gunakan secara otomatis. Plugin ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan Anda menambahkan berbagai elemen interaktif ke dalam tema. 

Menu yang dapat Anda buat dengan Max Mega Menu juga sangat responsif dan ringan. Plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis, tapi jika ingin menikmati layanan dengan lebih leluasa dan mengintegrasikannya ke WooCommerce, Anda harus membayar layanan premium. 

  1. WP Mobile Menu

WP Mobile Menu

Saat ini, banyak orang mengakses internet melalui smartphone. Karena itu, membuat website yang mobile-friendly sangat penting. WP Mobile Menu adalah plugin menu WordPress yang tepat untuk Anda yang ingin memaksimalkan tampilan mobile.

Plugin ini memungkinkan Anda membuat menu yang responsif dan cepat. Ada banyak fitur yang memudahkan Anda seperti kostumisasi gratis, kostumisasi logo, dan 3 depth menu level. WP Mobile Menu dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, jika ingin memaksimalkan penggunaan fiturnya Anda harus berlangganan layanan premium. 

  1. Hero Menu

Hero Menu

Hero Menu adalah plugin menu WordPress yang cocok untuk Anda yang ingin mencari plugin yang bisa digunakan dengan drag and drop. Plugin ini memiliki tampilan yang sederhana, tapi juga menyediakan sangat banyak pilihan template menu yang bisa digunakan. 

Hero Menu dapat Anda integrasikan dengan WooCommerce, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki website untuk keperluan toko online. Plugin yang satu ini juga menyediakan fitur untuk menambahkan tombol media sosial dan foto-foto produk Anda. 

  1. Slick Menu

slick menu

Apakah Anda ingin membuat menu push multi-level untuk website Anda? Slick Menu dapat Anda jadikan pilihan plugin menu WordPress. Push multi-level sendiri adalah menu yang muncul dari tepi halaman WordPress. Menggunakan menu seperti ini membuat website Anda terkesan lebih modern, apalagi jika didukung oleh animasi dan ikon yang ciamik.

Slick Menu memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mempreview hasil kostumisasi Anda secara real-time. Ini tentunya akan menghemat waktu dan membuat pekerjaan Anda semakin efisien. Namun, plugin yang satu ini tidak dapat Anda gunakan secara gratis. Agar dapat menikmati paketnya, Anda harus berlangganan dengan biaya 39 – 99 USD. 

  1. Responsive Menu

Responsive Menu

Plugin menu WordPress yang kedua adalah Responsive Menu. Plugin ini menawarkan ratusan fitur kostumisasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat menu WordPress sesuai keinginan. Responsive Menu adalah plugin WordPress yang memiliki tampilan paling ringan dan sederhana, sehingga mudah Anda gunakan. 

Plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis, tapi untuk lebih leluasa mengkostumisasikan tampilan Anda harus berlangganan versi premium. Responsive Menu menyediakan berbagai pilihan kostumisasi seperti mengedit font, background, warna, dan lain-lain. Biaya yang harus Anda gunakan untuk berlangganan layanan premiumnya adalah sekitar 14.99 – 49.99 USD. 

  1. UberMenu

plugin menu wordpress ubermenu

UberMenu adalah plugin yang memiliki tampilan user-frindly dan menyediakan banyak opsi kostumisasi. Tools ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi layout, background, ikon, serta kategori dari menu Anda.

Namun, UberMenu tidak bisa Anda gunakan secara gratis. Untuk menikmati fitur-fiturnya yang beragam, Anda harus berlangganan layanan premium. Tenang saja karena layanan premium dari plugin ini lebih murah dari plugin lain, yakni hanya 20 USD per tahun saja. 

  1. WP Mega Menu

plugin menu wordpress wp mega menu

WP Mega Menu menawarkan sistem drag and drop yang responsif untuk membuat menu navigasi interaktif. Anda dapat menggunakan ikon widget, gambar, dan tab yang berbeda, untuk membuat menu yang sesuai keinginan. 

Plugin ini membantu untuk membuat menu yang menarik pengunjung dengan pilihannya untuk menggabungkan berbagai konten media seperti galeri, audio, video, ikon di menu. WP Mega Menu kompatibel dengan banyak tema dan bisa membuat menu yang multi-layered. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang plugin menu WordPress. Menemukan plugin yang tepat sesuai keinginan memang bukan hal yang mudah. Semoga rekomendasi ini membantu Anda, ya! Setiap plugin memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kebutuhan Anda dalam memilihnya. 

Selain menentukan plugin yang sesuai, memilih layanan hosting yang tepat juga sangat penting, lho. Yuk gunakan layanan cloud hosting dari IDCloudHost yang handal dan cepat, dengan dukungan tim support yang siap membantu Anda 24/7!

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
perfect solution for your business
Subscribe here to get update
popup image