Mengenal Perbandingan PPC Advertising dan SEO Bagi Bisnis

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan trafik penjualan produk atau layanan Anda,salah satunya adalah memasang iklan di internet. Menjalankan iklan di era digital saat ini membutuhkan usaha dan waktu yang panjang dalam memahami bagaimana kinerjanya, Anda juga perlu mengenal lebih dalam tentang jenis-jenis iklan yang akan Anda pasang di internet. Pemilihan iklan yang tepat akan membuat Anda bisa menyesuaikan budget dan target yang sesuai.

Saat ini ada berbagai macam jenis iklan yang biasa dipasang di internet, salah satunya adalah PPC. PPC (Pay per Click). PPC adalah layanan iklan yang Anda bayar ketika iklan tersebut mendapatkan klik oleh orang lain atau target audiens iklan Anda. Anda bisa menyesuaikan lagi PPC yang ingin Anda gunakan. Selain PPC, Anda juga bisa memanfaatkan SEO untuk meningkatkan trafik web Anda.

Anda akan mengetahui beberapa perbedaan dan perbandingan PPC advertising dan SEO. Dari perbandingan tersebut Anda bisa menentukan mana yang lebih menguntungkan bagi bisnis Anda. Hal yang penting untuk Anda ketahui juga adalah cara menyusun strategi marketing yang baik untuk PPC dan SEO. Artikel ini akan membahas tuntas seputar PPC Advertising dan SEO bagi bisnis.

 

Mengenal Perbedaan PPC dan SEO bagi Bisnis

Mengenal Perbandingan PPC Advertising dan SEO Bagi Bisnis
 

 

Sebelum Anda membuat strategi dalam marketing dan memutuskan untuk menggunakan PPC atau SEO. Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan utama dari PPC dan SEO. Sebenarnya secara sederhana PPC dan SEO berbeda dalam hal cara mendapatkan trafik., SEO menggunakan organik atau tanpa membayar biaya apa pun. Sementara jika Anda menggunakan PPC, Anda perlu membayar biaya iklan untuk menjangkau banyak orang. Berikut ini adalah perbedaan yang tampak antara PPC dan SEO.

  • Posisi dalam Mesin Pencari

    Perbedaan yang mendasar antara PPC dan SEO adalah letaknya yang berbeda di urutan mesin pencari. Letak konten halaman yang menggunakan iklan PPC terletak di posisi pertama dan kedua, serta terdapat tulisan Ad pada samping kiri judul halaman website. Sementara konten yang murni mengandalkan SEO terletak setelah konten PPC dan tidak bertuliskan Ad.

  • Biaya yang Dikeluarkan

    Biaya yang dikeluarkan jika menggunakan iklan PPC tergantung seberapa banyak orang yang mengklik iklan Anda, sementara untuk penggunaan SEO biasanya tanpa memerlukan biaya sama sekali. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat halaman Anda muncul di halaman pertama dengan SEO.
     
    Baca Juga  :    Apa Itu Endorse, Kenali Pengertian, Fungsi Serta Tips Menjalankannya

  • Trafik Potensial

    SEO organik memberi Anda banyak trafik yang potensial daripada PPC. Anda bisa memanfaatkan SEO organik dengan menerapkan kata kunci yang relevan dalam konten website Anda. Sementara iklan PPC juga berpotensi mendapatkan banyak pengunjung website hanya saja semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda dari iklan PPC, maaka semakin besar juga biaya yang Anda keluarkan.

  • Konversi Penjualan

    Anda pasti bertanya mana yang lebih baik dalam menghasilkan konversi penjualan, apakah iklan PPC atau SEO organik? Jawabannya adalah tergantung, jika Anda dengan tepat melakukan kampanye iklan PPC, Anda akan dengan mudah mendapatkan pembeli potensial yang akan langsung membeli produk atau layanan Anda. Namun semakin tinggi angka orang yang mengklik iklan PPC Anda maka Anda harus membayar lebih banyak. Berbeda dengan SEO organik, Anda tidak membutuhkan biaya namun Anda harus mendedikasikan diri Anda untuk membuat konten yang menarik agar Anda bisa mendapatkan nilai penjualan yang tinggi.

 

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu Influencer, Media Sosial yang Digunakan dan Peluang Pekerjaannya

 

Strategi Marketing Iklan PPC (Pay per Click) dan SEO

Mengenal Perbandingan PPC Advertising dan SEO Bagi Bisnis
 

Strategi marketing iklan PPC dan SEO bisa Anda lakukan dengan banyak cara. Pada dasarnya membuat strategi iklan PPC dan SEO dapat Anda gabungkan. Misalnya saja, Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan bisnis Anda agar kata kunci yang Anda masukkan bisa relevan dengan bisnis Anda. Berikut ini adalah strategi marketing iklan PPC dan SEO untuk bisnis Anda.

  • Membuat Laporan Gabungan

    Anda bisa menggabungkan laporan trafik iklan PPC dan SEO dengan cara menautkan Google Search Console ke Google Ads. Hal ini akan memungkinkan Anda melihat kedua laporan tersebut dengan melihat performa dari penelusuran berbeda antara iklan PPC dan SEO. Dengan hal ini Anda bisa memantau mana yang paling berpengaruh besar terhadap peningkatan trafik website bisnis Anda, kemudian Anda bisa menyusun strategi baru untuk mengoptimalkan salah satu yang performanya masih kurang.

  • Memaksimalkan Pembuatan Konten yang Berkualitas

    Anda bisa memulai untuk mempelajari terlebih dahulu bagaimana SEO bekerja dan membuat konten Anda menjadi yang teratas di halaman mesin pencari. Setelah Anda mengetahui bagaimana cara memaksimalkan konten untuk SEO, Anda boleh mencoba mengoptimalkan iklan PPC. Anda harus menciptakan banyak konten dengan kata kunci dan topik yang relevan untuk website Anda agar kedua kinerja SEO dan iklan PPC menjadi lebih optimal.

  • Mengumpulkan Kata Kunci yang Relevan

    Iklan PPC atau SEO sama-sama membutuhkan kata kunci yang bagus untuk memastikan halaman website bisa dikunjungi oleh banyak orang. Terlebih lagi jika Anda ingin memaksimalkan iklan PPC, Anda butuh riset lebih banyak kata kunci agar iklan yang Anda jalankan dapat sesuai dengan target pendapatan Anda. Ketika orang mencari suatu pertanyaan, Anda harus bisa membuat orang tersebut berkunjung ke website Anda dan tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda. Mengumpulkan kata kunci yang relevan bisa membantu Anda mengoptimalkan iklan PPC atau SEO dengan maksimal.

 

Baca Juga  :     Apa Itu Afiliasi, Kenali Pengertian, Contoh dan Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

PPC advertising atau iklan PPC merupakan layanan berbayar untuk mempromosikan produk atau layanan Anda bisa muncul di peringkat teratas mesin pencari atau bisa muncul di sosial media dengan tulisan bahwa konten Anda merupakan sponsor. Sementara SEO organik adalah suatu cara untuk membuat halaman website Anda tampil di halaman pertama mesin pencarian.

Perbedaan di antara keduanya bisa terlihat jelas dari pembiayaan. Anda membutuhkan biaya lebih banyak untuk membuat iklan PPC, sementara untuk SEO organik, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Hanya saja, SEO organik harus dilakukan secara konsisten dan tidak bisa instan untuk mendapatkan trafik. Anda bisa menggunakan kedua cara tersebut untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda.
 

 

 

 

Related Post :