Rekomendasi Alat & Aplikasi Penunjang Produktivitas Kerja

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mungkin hampir semua bidang pekerjaan saat ini telah mengalami pergeseran karena adanya teknologi yang memberikan inovasi agar mempermudah pekerjaan. Teknologi telah membantu memberi pijakan dan panduan dalam beberapa cara dan bentuk. Seringkali, integrasi teknologi paling sederhana adalah aplikasi smartphone yang telah sangat umum digunakan.

Bahkan bisa dikatakan bahwa aplikasi tempat kerja telah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak bisnis baik itu untuk berkomunikasi, kolaborasi, atau sebagai bagian dari operasi umum. Jadi tidak mengherankan kalau hampir semua orang telah menggunakan dan mengandalkan beberapa aplikasi sebagai bagian dari pekerjaan sehari-hari mereka.

Adapun manfaat aplikasi sendiri bagi kemudahan pekerjaan sangatlah besar. Dari membantu peningkatan produktivitas hingga semangat yang lebih tinggi, menggunakan aplikasi yang tepat dapat membuat semua perbedaan dalam cara Anda bekerja setiap hari. Mari kita lihat beberapa rekomendasi alat dan aplikasi yang bisa membantu produktivitas pekerjaan Anda berikut ini.

 

Memahami Apa Itu Aplikasi Produktivitas Kerja dan Manfaat Menggunakannya

Rekomendasi Alat & Aplikasi Penunjang Produktivitas Kerja
 

 

Aplikasi produktivitas adalah jenis solusi perangkat lunak yang memungkinkan individu, tim, dan organisasi untuk melakukan operasi penting sehari-hari mereka dengan lebih cepat, lebih efisien. Semua pekerjaan bisa dibuat lebih efisien mulai dari pencatatan, manajemen email, kalender, pengingat harian, pelacakan waktu, pikirkan tugas sehari-hari dan ada aplikasi untuk itu. Dalam beberapa tahun terakhir, kategori aplikasi dan alat ini telah menyederhanakan kehidupan banyak profesional di setiap industri mengingat satu-satunya tujuan aplikasi produktivitas adalah untuk mengoptimalkan produktivitas dan meningkatkan lingkungan kerja di sekitar Anda.

Sedangkan ada banyak aplikasi yang bisa Anda coba di luar sana, dengan memilih aplikasi produktivitas yang tepat adalah penting karena membantu Anda dalam :

  • Membuat tugas sehari-hari lebih efisien
  • Menjaga kelancaran kolaborasi pekerjaan
  • Mengetahui kapasitas pekerjaan Anda
  • Membuat jadwal yang tepat
  • Merangkul keragaman dalam tim
  • Melacak kemajuan dalam real-time/waktu nyata
  • Mengakses integrasi lintas aplikasi dan kompatibilitas lintas platform
  • Mempermudah proses pelaporan dan pencatatn faktur
  • Memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik
  • Semua tim yang terlibat bisa melihat update pekerjaan lebih cepat

 

Baca Juga  :  Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien

 

Rekomendasi Alat & Aplikasi Penunjang Produktivitas

Rekomendasi Alat & Aplikasi Penunjang Produktivitas Kerja
 

Alat produktivitas terbaik membuat pekerjaan menjadi lebih sederhana dan mempermudah untuk meningkatkan efisiensi di antara tim, terlepas dari apakah karyawan bekerja di kantor atau dari rumah. Berikut beberapa rekomendasi alat penunjang produktivitas yang bisa Anda pertimbangkan.

 

Trello

Sebagai daftar teratas adalah Trello yang merupakan layanan yang dirancang dengan cerdas dan populer untuk mengelola, mengatur, dan berbagi segala sesuatu mulai dari tugas sederhana hingga tugas manajemen proyek besar. Dengan fitur praktis drag and drop, membuat kartu kerja dan berbagi dengan tim yang lain, adalah sebagian kecil dari fitur terbaik yang membuat aplikasi ini terkenal. Trello memiliki banyak alat kolaborasi untuk membantu Anda mengelola proyek Anda, dan setumpuk fitur cerdas untuk memastikannya ramah pengguna.

 

Slack

Slack membawa banyak perubahan dalam membantu pekerja dalam meningkatkan produktivitas mereka. Lebih cepat daripada email, lebih terorganisir daripada perpesanan biasa dan menawarkan lebih banyak integrasi daripada hampir semua platform perpesanan lainnya, membuat Slack benar-benar alat yang memungkinkan Anda memaksimalkan produktivitas. Aplikasi yang dibagi menjadi utas yang khusus untuk topik tunggal, memungkinkan Anda untuk memulai percakapan yang sedang berlangsung sambil tetap mengerjakan tugas. Bagikan file, beri tag kolaborator, buat daftar periksa, dan lainnya, semuanya dalam saluran tertentu. Platform ini sepenuhnya dapat disesuaikan dan terintegrasi ke hampir semua aplikasi atau platform lain yang mungkin Anda gunakan sehingga akan menyingkat waktu berharga Anda.

 

Baca Juga  :    Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja

 

Buffer

Apakah Anda bekerja dengan media sosial? Mungkin Buffer adalah salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda karena pengelola media sosial yang memungkinkan pengguna profesional untuk membuat, menjadwalkan, dan melacak kinerja semua pos media sosial mereka dari satu tempat saja. Buffer membuat penjadwalan sangat fleksibel, dengan kemampuan untuk mengatur tanggal dan waktu posting yang berbeda untuk masing-masing akun Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan akun Anda lainnya.

Selain itu Buffer juga tidak memaksa Anda untuk mengelola atau menjadwalkan posting satu per satu. Anda dapat membuat posting di waktu luang Anda, kemudian ditambahkan ke antrian program dan Buffer secara otomatis menerbitkannya sesuai dengan jadwal masing-masing akun. Manfaatkan juga analisis komprehensif Buffer memungkinkan pelacakan metrik termasuk klik, suka, bagikan, komentar, retweet, dan lainnya, membantu Anda lebih memahami pos mana yang cocok untuk Anda, dan mungkin menunjukkan cara meningkatkan jangkauan media sosial Anda di masa mendatang.

 

WPS Office

Pertimbangkan juga WPS Office jika Anda bekerja mobile dan lebih banyak menggunakan smartphone daripada laptop. WPS Office adalah suite kantor yang dikembangkan oleh perangkat lunak Cina Kingsoft. Aplikasi yang menyediakan WPS Writer, Presentation, dan Spreadsheet, ini gratis untuk diunduh tetapi jika Anda membeli paket mereka, Anda akan mendapatkan lebih banyak fitur. WPS memiliki kemampuan untuk mengkonversi PDF ke WPS dan mampu membaca file Adobe PDF. Aplikasi ini mendukung sejumlah jenis file seperti DOC, RTF, DOT, PPTX, TXT dan HTML antara lain. Semua dokumen sepenuhnya kompatibel dengan Microsoft Office dan Google Documents.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengenkripsi file dengan aman menggunakan kunci sandi, dan Anda dapat mengedit dokumen tanpa takut kehilangan pekerjaan berkat opsi simpan otomatis. Fitur termasuk kemampuan untuk melacak perubahan, komentar dan menjalankan pemeriksaan ejaan. Fitur praktis lainnya yang didukung oleh aplikasi ini adalah kemampuan untuk menyajikan dokumen langsung dari ponsel cerdas (atau tablet) Anda ke TV atau proyektor yang kompatibel. WPS untuk Android juga mendukung 47 bahasa yang berbeda.

 

Clockify

Selanjutnya adalah alat yang membantu Anda dalam mengoptimalkan waktu dan Clockify adalah salah satu aplikasi yang cukup populer dalam manajemen waktu. Dengan caranya yang sederhana akan membantu Anda dalam melacak pekerjaan Anda mengingat Clockify yang pada dasarnya adalah stopwatch dasar sehingga Anda dapat dengan mudah merekam berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk mengerjakan proyek yang berbeda.

Cukup mulai penghitung waktu, dan Anda dapat menambahkan label, deskripsi, dan detail proyek, dan cukup tekan berhenti setelah selesai. Anda dapat mengonfigurasi penghitung waktu untuk memulai segera setelah Anda membuka browser sehingga Anda tidak perlu ingat untuk melakukannya. Apakah Anda juga menggunakan aplikasi lain? Jangan kuatir, karena Clockify telah terintegrasi dengan Trello, Asana, Jira, Todoist, dan lainnya, dan Anda dapat menggunakan situs web dan aplikasi untuk melihat laporan detail dan perincian tentang cara Anda menghabiskan waktu. Menariknya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini di seluler, dan versi desktop untuk mac OS, Windows, dan Linux.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Baik Anda bekerja di kantor atau masih bekerja dari rumah, Anda akan mendapat manfaat dari penggunaan aplikasi produktivitas. Meski telah banyak orang telah menggunakan bantuan aplikasi dalam keseharian mereka, tetapi ada berbagai jenis aplikasi produktivitas khusus jika Anda memerlukannya dalam tugasan spesifik. Dari aplikasi kalender hingga aplikasi daftar tugas, aplikasi manajemen proyek hingga aplikasi pencatat, tidak hanya bisa mengunduhnya, beberapa aplikasi bahkan juga bisa diintegrasikan.

Dengan teknologi pintar yang selalu ada di saku kita, aplikasi tempat kerja seperti
perangkat lunak manajemen tempat kerja menjadi semakin terintegrasi ke dalam operasi bisnis sehari-hari. Aplikasi yang tepat di tangan yang tepat dapat secara drastis meningkatkan kemampuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan benar. Baik itu komunikasi di tempat kerja atau kolaborasi dalam tim, aplikasi akan membantu mempermudah semuanya untuk Anda.

Related Post :