Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk UMKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

Business, Technology / 0 | | 0

Salah satu bagian terbaik dari memiliki bisnis kecil adalah Anda bisa memiliki andil di setiap progress yan terjadi. Apakah itu berarti membuat rencana pemasaran, mengawasi karyawan, mengelola inventaris, memeriksa peralatan, menangani keuangan, atau memunculkan ide besar sejak awal, Anda adalah pemegang kendali dari semua perdagangan. Tapi itu juga salah satu tantangan terbesar terlebih lagi setelah bisnis Anda mulai beranjak dan meningkat.

Ditambah lagi, banyak tugas harian yang membosankan dan kasar tapi itu semua adalah tantangan yang harus dilakukan sebagai pemilik bisnis. Tentunya Anda juga mempekerjakan satu atau lima karyawan untuk menangani semua masalah ini dan membantu Anda. Tetapi sebagai pebisnis pemula, Anda tidak dapat mempekerjakan banyak karyawan atau mengandalkan mereka melakukan semaunya.

Dari banyaknya daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan, mengurus masalah finansial adalah yang rumit diantaranya. Oleh karenanya, menggunakan aplikasi keuangan adalah salah satu opsi terbaik yang tidak hanya praktis dan efisien namun juga lebih tertata. Berikut beberapa aplikasi keuangan terbaik yang bisa dicoba bagi para pemilik bisnis kecil.

 

Mengenal Apa Itu Aplikasi Keuangan

Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk UMKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Aplikasi penganggaran adalah aplikasi perangkat lunak yang dapat Anda akses dari komputer, tablet, atau perangkat seluler untuk melacak keuangan pribadi Anda. Ini mungkin termasuk untuk melacak pendapatan, pengeluaran, tabungan, pembayaran hutang, investasi, atau kombinasi untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda. Aplikasi penganggaran berbeda dari perangkat lunak akuntansi, yang biasanya ditujukan untuk pendapatan dan pengeluaran bisnis.

Sedangkan aplikasi penganggaran dapat disinkronkan dengan akun keuangan Anda untuk menawarkan gambaran umum tentang situasi Anda saat perubahan terjadi. Penggunaan aplikasi penganggaran yang paling umum adalah untuk melacak pengeluaran melalui rekening giro yang disinkronkan. Banyak orang tidak menyadari berapa banyak uang yang mereka belanjakan setiap bulan, yang dapat membuat perubahan menjadi lebih sulit. Aplikasi penganggaran dapat mengatur riwayat pengeluaran ke dalam kategori untuk mengidentifikasi tren, membuat pengguna sadar akan kebiasaan mereka dari waktu ke waktu.

 

Baca Juga  :       Rekomendasi Payment Gateway untuk UMKM Terbaik dan Murah di Indonesia

 

Rekomendasi Aplikasi Keuangan

Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk UMKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Tidak diragukan lagi, orang-orang yang menjalankan bisnis kecil memiliki pekerjaan lebih dari sekedar melayani permintaan klien. Pemilik bisnis kecil seperti UMKM harus lebih ulet dalam melakukan semua pekerjaan dalam satu waktu baik itu mencatat keuangan, perhitungan atau data keuangan dan lain- lain. Terkadang pemilik juga akan menghadapi masalah seperti menyusun anggaran atau melacak semua pengeluaran serta juga pajak.

Oleh karena itu, pemilik bisnis pasti membutuhkan sebuah bantuan dalam mencatat dan merekam semua jejak keuangan mereka. Disamping tentunya tercatat dengan sistematis dan struktural untuk memudahkan pembacaan keuangan nantinya. Berikut ini beberapa aplikasi keuangan yang bisa dicoba oleh para pemilik bisnis kecil.

 

  • Mint

    Aplikasi Mint menonjol karena beberapa alasan sebagai salah satu aplikasi penganggaran paling populer yang tersedia, dengan lebih dari 20 juta pengguna. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan untuk penganggaran dari semua tingkatan. Anda juga dapat mengatur pengingat pembayaran tagihan, melacak investasi, dan lain- lain yang membuat Mint menjadi pilihan utama. Disamping itu Mint menawarkan aplikasi penganggaran gratis yang paling terkenal di pasaran. Ini adalah opsi yang bagus untuk siapa saja yang ingin meningkatkan kebiasaan belanja mereka dan aplikasi ini gratis tetapi dengan sedikit iklan.

  • Wave

    Aplikasi Wave dirancang untuk memahami dan membantu mengelola pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda. Lacak semuanya yang dihubungkan ke produk Wave lainnya seperti penggajian, pembayaran, dan faktur yang semuanya otomatis dan dalam satu paket yang sempurna. Setiap faktur yang dibayarkan adalah pendapatan masuk yang positif untuk bisnis Anda. Perangkat lunak faktur Wave memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat dan mengirim faktur profesional, dengan fitur-fitur canggih seperti penagihan berulang dan pembayaran otomatis.

  • Zipbooks

    ZipBooks adalah perusahaan software akuntansi yang berbasis di American Fork, Utah yang juga menghasilkan perangkat lunak dengan nama yang sama. Modul inti ZipBooks adalah pembuatan faktur, transaksi, tagihan, pelaporan, pelacakan waktu, kontak, dan penggajian dengan akuntansi akrual ditambahkan pada 2017 lalu. Aplikasi Zipbooks juga tersebut tersedia di G Suite, iOS, Slack, dan sebagai aplikasi web.

  • Money Lover

    Aplikasi Money Lover membantu Anda mengelola hampir semua hal finansial Anda. Sebagai aplikasi cerdas dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda melacak dan mengkategorikan uang masuk dan keluar Anda, membuat anggaran yang benar-benar dapat Anda patuhi. Money Lover juga berfungsi dengan lancar di seluruh perangkat dan platform serta tersedia di ponsel, tablet, PC, dan Web (Desktop).
     

    Baca Juga  :   Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

  • GnuCash

    GnuCash adalah perangkat lunak akuntansi keuangan pribadi dan bisnis kecil, dilisensikan secara bebas di bawah GNU GPL dan tersedia untuk GNU / Linux, BSD, Solaris, Mac OS X dan Microsoft Windows. Didesain agar mudah digunakan, namun kuat dan fleksibel, GnuCash memungkinkan Anda melacak rekening bank, saham, pendapatan, dan pengeluaran. Cepat dan intuitif untuk digunakan sebagai register buku cek, ini didasarkan pada prinsip akuntansi profesional untuk memastikan pembukuan yang seimbang dan laporan yang akurat

  • Kledo

    Software akuntansi Kledo menawarkan pembuatan dan pencatatan invoicing, purchase order serta segala aktivitas finansial bisnis pengguna dengan gratis disertai analisa performa bisnis dalam bentuk grafik yang detail. Di aplikasi Kledo pengguna dapat menemukan segala keperluan bagi bisnis mereka seperti daftar pencatatan pengeluaran dan pemasukan, purchasing, faktur, hutang dan piutang, hingga semua data mutasi keuangan perbankan yang relevan.

  • Goodbudget

    Sebagai aplikasi telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan telah mendapatkan reputasi sebagai rekan setia dalam menyiapkan laporan keuangan dan menganalisis pengeluaran. Semua transaksi yang dilakukan dalam kerangka bisnis Anda disinkronkan dengan cloud. Selain itu, Anda diberikan dukungan email dan riwayat transaksi tersimpan selama 5 tahun. Pengguna dapat menerapkan alat seperti “Bill Keeper” dan “Capital One Wallet” untuk mengikuti tagihan dan proses pengadaan yang akan datang. Ini semua dapat disinkronkan dengan banyak perangkat, memberi Anda kesempatan untuk berbagi info dengan mitra anggaran dan tersedia di App Store dan Google Play.

  • Square

    Square adalah aplikasi point-of-sale (POS) yang sangat baik untuk bisnis kecil yang menerima pembayaran dengan kartu kredit maupun bagi mereka yang memiliki toko online atau keberadaan bisnis melalui situs web. Disini Anda mengatur perangkat lunak Square di komputer dan aplikasi seluler di ponsel atau perangkat seluler lain, seperti tablet.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UMKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Teknologi adalah hal yang luar biasa dan membuat pencatatan rekam jejak keuangan bisnis lebih mudah dikelola daripada sebelumnya. Setiap orang dapat mengubah ponsel atau tablet mereka menjadi mesin akuntansi seluler dengan mengunduh beberapa aplikasi berguna yang akan menghemat waktu dan uang Anda. Disamping juga pembukuan finansial yang lebih tertata dan mudah untuk dibaca juga dimengerti.

Dari mengirimkan faktur dan mengelola pelanggan, hingga transaksi kartu kredit dan proyeksi keuangan yang kompleks, tersedia aplikasi untuk setiap kebutuhan bisnis. Bisnis kecil dan besar sama-sama akan menemukan aplikasi ini menghemat waktu yang berharga dan ketika Anda menyelaraskan semuanya, pencatatn akuntansi Anda akan lebih menyenangkan dan terstruktur dengan timeline yang tepat.

Related Post :