Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

Business, Tips & Tricks / 0 | | 0

Banyak pemilik usaha mendapatkan keuntungan dari software dan aplikasi akuntansi karena membantu mereka melacak piutang dan hutang dagang, memiliki pemahaman yang jelas tentang profitabilitas mereka, dan bersiap untuk menyisihkan pajak. Dalam dunia software akuntansi, bisnis kecil adalah salah satu yang dapat menggunakan software out-of-the-box tanpa memerlukan penyesuaian yang ekstensif. Seiring pertumbuhan bisnis, kebutuhan akuntingnya menjadi lebih kompleks, dan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) yang disesuaikan seringkali dibutuhkan.

Ada banyak jenis perangkat lunak serta aplikasi akuntansi yang tersedia untuk usaha kecil maupun berkembang, dengan berbagai kemampuan dan paket harga pula. Secara umum, jenis industri dan jumlah karyawan adalah dua faktor yang dapat membantu pemilik usaha kecil untuk memilih software akuntansi yang sesuai. Misalnya, seorang freelancer tidak membutuhkan fitur yang sama dalam software akuntansi seperti pemilik restoran.

Sedangkan ada banyak aplikasi pembukuan keuangan di dunia maya yang bisa Anda cek dan teliti yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda hanya perlu melihat beberapa rekomendasi dari para penggunanya terlebih dahulu agar bisa mencari dan menentukan pilihan Anda nantinya. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan untuk bisnis kecil, UKM dan berkembang sekalipun.

 

Mengenal Aplikasi Pembukuan Keuangan Online

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Jika sekilas mendengar istilah atau term akuntansi seluler atau akuntansi online, terdengar seperti hal yang mudah untuk didefinisikan yakni perangkat lunak akuntansi yang dapat digunakan di perangkat seluler seperti ponsel dan tablet. Namun, definisi yang lebih lengkap lebih kompleks. Bergantung pada vendornya, aplikasi seluler yang berbeda akan memberikan tingkat dan jenis fungsionalitas yang berbeda.

Membuat segala sesuatunya lebih kompleks, akuntansi seluler kemungkinan hanya akan menjadi salah satu fitur dari rangkaian perangkat lunak akuntansi bisnis Anda yang lebih besar, yang mungkin sudah dipakai sejak aplikasi dan perangkat lunak dunia keuangan ini mulai diperkenalkan. Tidak mengherankan mengingat semua hal saat ini serba digitalisasi dan kemudahan telah menghampiri banyak sektor kehidupan masyarakat dunia.

 

Baca Juga  :       Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UKM terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan

Karena ada banyaknya aplikasi pembukuan keuangan yang beredar di luar sana, tentunya membuat Anda kewalahan dan kebingungan. Tetapi di bawah ini adalah rekomendasi pembukuan keuangan online yang telah banyak dipakai secara luas oleh berbagai macam pemilik bisnis dan usaha, diantaranya adalah :

 

  • Wave

    Aplikasi ini telah dipakai oleh banyak bisnis hingga memimpin 2 juta pengguna di seluruh dunia dan dirancang untuk konsultan, pekerja lepas, kontraktor, dan UKM. Wave memberikan banyak dukungan fitur seperti alat pemindai tanda terima, yang menghemat waktu, selain sejumlah fitur penagihan dan akuntansi lainnya. Wave juga memungkinkan mitra bisnis atau penasihat untuk berkolaborasi secara real time yang telah tersedia di seluruh versi platform online dan seluler dan dapat dengan mudah disinkronkan melalui internet.

  • AceMoney

    Salah satu perangkat keuangan yang terbaik adalah aplikasi AceMoney yang sementara mungkin tidak dimuat dengan fitur yang familiar hingga pengguna awam tidak bisa salah dengan ini. Perangkat lunak keuangan pribadi AceMoney sangat mudah dinavigasi dan menawarkan beberapa fitur penting, seperti kemampuan untuk mengelola hipotek Anda, melihat kebiasaan pengeluaran Anda, dan melihat arus kas Anda saat ini.

  • Freshbooks

    Mereka yang paham akan teknologi dan nyamannya menggunakan komputasi awan, akan menyukai aplikasi ini. FreshBooks adalah faktur online dan layanan pelacakan waktu yang menghemat waktu Anda dan membuat Anda terlihat profesional. FreshBooks adalah perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, memungkinkan pemilik untuk menagih klien, melacak waktu, dan menjalankan bisnis kecil mereka di cloud.

  • KashFlow

    KashFlow dirancang untuk menyederhanakan akuntansi dan pembukuan untuk bisnis kecil terlepas dari sistem dan aplikasi seperti PayPal dan tingkat pengalaman Anda. Rupanya, banyak fitur yang ada di KashFlow muncul sebagai hasil dari permintaan pengguna sebenarnya.

  • Moodah

    Aplikasi Moodah akan membantu Anda dalam membuat laporan keuangan usaha secara instan dan otomatis, selain juga dapat mengatur utang piutang dengan lebih efektif. Moodah juga mampu membantu penggunanya membangkan bisnis mereka hingga 3x lipat dengan aplikasi keuangan dari Moodah yang dapat digunakan secara 100 gratis.

  • Lamikro

    Khas dari Indonesia, aplikasi akuntansi keuangan yang dimaksudkan untuk usaha mikro ini merupakan aplikasi yang diluncurkan dengan resmi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM). Namun begitu aplikasi ini cukup lengkap untuk mewadahi keperluan akuntansi dasar hingga perhitungan profit. Sedangkan pengusaha lokal yang tertarik untuk mencoba aplikasi ini dapat mengunduhnya dari playstore secara gratis dengan hanya mengisi data diri.

  • InDinero

    Alat anggaran ini melakukan pekerjaan yang baik untuk secara otomatis mengkategorikan pengeluaran Anda, menggunakan informasi yang diambilnya dari akun Anda. InDinero juga membantu dalam menghasilkan pandangan komprehensif tentang keuangan bisnis Anda yang disajikan di dasbor browser Web yang menarik dan mudah dibaca.

  • Intacct

    Diarahkan lebih khususnya untuk pelaku UKM, sistem Intacct mencakup akuntansi, pengakuan pendapatan, manajemen kontrak, inventaris, manajemen vendor, pembelian, aplikasi pelaporan keuangan, dan konsolidasi keuangan. Semua fitur ini disebut-sebut memiliki peringkat kepuasan pelanggan yang bagus, dengan 9 dari 10 pelanggan merekomendasikannya kepada kolega mereka.

  • Xero

    Aplikasi akuntansi berbasis cloud ini membantu Anda melakukan rekonsiliasi, mengirim faktur, membuat klaim pengeluaran, dan mencatat tanda terima dalam antarmuka yang mudah digunakan.

  • Mint

    Mint mengklaim sebagai cara gratis terbaik untuk mengelola uang Anda dan sesuai dengan klaim mereka yang sangat mengesankan. Antarmukanya mirip dengan YouTube yang tentu saja tidak asing bagi banyak orang. Mint menyatukan semua akun keuangan Anda secara online, secara otomatis mengkategorikan transaksi Anda, memungkinkan Anda mengatur anggaran & membantu Anda mencapai tujuan tabungan Anda. Anda akan dapat melihat semua saldo dan transaksi Anda secara bersamaan baik di web atau ponsel Anda.

  • QuickBooks

    Quickbooks adalah aplikasi ideal untuk tugas akuntansi saat Anda sedang mobile atau bepergian. Aplikasi ini membuat pembuatan faktur dan bentuk tugas akuntansi lainnya menjadi mudah dengan antarmuka yang mudah digunakan. Anda bahkan dapat melampirkan foto dan catatan untuk perkiraan, faktur, pelanggan, dan transaksi.

 

Baca Juga  :     Dampak Pandemi (COVID-19) Terhadap Bisnis UKM dan Startup

 

Cara Kerja Aplikasi Pembukuan Keuangan Online

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

 

Akuntansi mungkin tidak hanya membuat atau mencatat daftar hal-hal yang telah terjadi selama periode bisnis, tetapi semua pencatatan ini hendaklah dilakukan dengan benar karena pencatatn tidaklah mudah bahkan bisa dikatakan rumit. Jadi, pembuat situs dan aplikasi akuntansi bisnis kecil telah bekerja keras untuk menyajikan disiplin ini sesederhana bahkan senyaman mungkin. Beberapa diantaranya termasuk Intuit QuickBooks Online, Mint dan Zoho Books dan lain- lain.

Jika Anda pernah menggunakan aplikasi produktivitas secara online, Anda tidak akan kesulitan memahami struktur aplikasi kebanyakkan. Pada dasarnya semua aplikasi membagi konten mereka ke dalam modul logis dengan menyediakan bilah alat dan panduan navigasi lainnya. Tugas penjualan dikelompokkan bersama seperti aktivitas pembelian, inventaris, pelaporan, dan penggajian. Selalu ada tautan Pengaturan yang membawa Anda ke layar tempat Anda dapat menentukan preferensi untuk seluruh situs. Ini termasuk tugas penyiapan Anda dan setelan yang terkadang perlu Anda ubah, seperti membatasi pengguna tambahan ke area tertentu.

 

Baca Juga :    Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam memilih aplikasi pembukuan keuangan, jika Anda adalah pemilik bisnis kecil atau freelancer, maka Anda mungkin tidak memerlukan semua fitur yang ditawarkan oleh situs web akuntansi bisnis kecil. Anda mungkin ingin melacak rekening bank dan kartu kredit online Anda sesederhana dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran, mengirim faktur dan melacak waktu kerja. Anda mungkin memerlukan bantuan untuk memperkirakan kewajiban pajak penghasilan triwulanan Anda, dan Anda tentunya menginginkan akses seluler ke data keuangan Anda.

Apakah Anda memerlukan alat keuangan tingkat awal atau bisnis Anda cukup kompleks sehingga Anda memerlukan akuntansi bisnis kecil yang lengkap, setidaknya salah satu layanan rekomendasi aplikasi yang telah diulas di atas dapat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tetapi jika Anda memperkirakan kemajuan pesat bisnis Anda, silahkan pertimbangkan aplikasi yang lebih lengkap dan penuh fitur- fitur akuntansi terbaik.

Related Post :