Rekomendasi Aplikasi Ujian Online (CBT) Terbaik untuk Sekolah di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) telah digunakan di Indonesia sejak tahun 2015 pada Ujian Nasional (UN), meski saat itu masih dalam tahap uji coba. Pelaksanaan ujian secara online membutuhkan banyak persiapan, salah satunya sistem yang dibuat oleh sekolah harus memadai sesuai dengan prosedur dari ujian online itu sendiri. Masalah yang sering muncul pada ujian online biasanya berupa tidak sesuainya perangkat yang tersedia pada sekolah yang akan melaksanakan ujian, hal ini berdampak pada kesalahan yang akan terjadi pada ujian online nantinya.

Sekolah yang sudah menerapkan komputerisasi bisa dengan mudah melaksanakan ujian secara online, ujian online juga memiliki banyak kelebihan sehingga bisa mengurangi jumlah biaya yang dibutuhkan untuk mengerjakan ujian secara offline. Dalam segi kelemahan, ujian online biasanya terdapat pada teknis pengerjaannya. Kendala yang sering terjadi berupa mati listrik, kehabisan kuota, hingga perangkat yang digunakan tiba-tiba mengalami bug. Hal ini bisa diatur untuk mengurangi resiko yang berdampak pada siswa itu sendiri.

Ujian online sendiri bisa diartikan sebagai pelaksanaan ujian yang dilakukan dalam jaringan sehingga tidak lagi menggunakan kertas, jumlah waktu yang diperlukan dalam melaksanakan ujian secara online biasanya lebih singkat mengingat siswa hanya perlu mengetik dan mengklik jawaban di papan tombol yang tersedia sesuai dengan soal yang dikerjakan. Proses online ini bisa memudahkan dalam pengerjaan dan pengoreksian jawaban, pengaturan soal dan jawaban juga bisa langsung dilakukan baik dengan bantuan aplikasi maupun melalui website. Saat siswa sudah selesai mengerjakan ujian, skor dan kesalahan bisa langsung terdeteksi di laman akhir jawabannya.

 

Rekomendasi Aplikasi Ujian Online

Rekomendasi Aplikasi Ujian Online (CBT) Terbaik untuk Sekolah di Indonesia
 

Ujian online umumnya menggunakan aplikasi atau bisa dengan melalui laman website, hal ini mempermudah Anda yang melakukan ujian secara online. Berikut aplikasi dan website yang biasa digunakan untuk ujian.

 

  1. Google Form

    Ujian online umumnya menggunakan Google Form, aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi ujian online terbaik dengan fitur yang terhubung dengan aplikasi pembelajaran milik Google yang bernama Google Classroom. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk digunakan dan disesuaikan dengan materi dan soal ujian yang ingin dibuat, jenis soal yang dibuat bisa berbentuk pilihan ganda hingga essay panjang dan pendek. Selain itu Anda juga bisa menggunakan Google Form untuk kebutuhan survey seberapa efektif materi tersampaikan.

  2. Testmoz

    Aplikasi ini memiliki desain tampilan yang simpel dan mudah untuk digunakan, tersedia dalam versi gratis yang bisa digunakan oleh 50 siswa sekaligus. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini berupa soal dengan pilihan ganda, pilihan benar atau salah, soal dengan mencocokan jawaban, soal esai, fitur survei, tersedianya bank soal yang cukup lengkap, manajemen soal yang bisa dengan drag dan drop, fitur mengupload gambar, menyisipkan video, upload file, dengan bandwidth yang rendah, ramah untuk Anda pengguna desktop maupun mobile.

  3. Quizizz

    Menawarkan fitur menarik yang sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, tampilannya hadir dengan lebih berwarna dilengkapi animasi-animasi yang mengurangi masalah cepat bosan pada siswa. Selain itu juga bisa untuk menambahkan background musik yang membuat ujian lebih menarik. Quizizz juga menyediakan bank soal yang diambil dari pengguna dan lainnya, jadi saat Anda belum memiliki soal sendiri bisa dengan mencarinya sesuai dengan yang tersedia. Fitur lain yang disediakan berupa tes online yang bisa dilakukan secara realtime yang bisa diatur waktu pengerjaannya dan tertutup secara otomatis.

  4. ProProfs

    Fitur yang diberikan oleh aplikasi ini berupa hasil pengerjaan online akan diberi sertifikat atau piagam berisi skor yang dicapai pada ujian tersebut. Namun versi gratis yang disediakannya hanya untuk sepuluh siswa saja, jika menginginkan lebih maka harus upgrade aplikasinya ke versi berbayar.

  5. QuizStar

    Aplikasi ini bisa dijalankan via website dengan fitur yang tersedia berupa pembuatan soal, administrasi siswa, penilaian secara otomatis, serta soal yang tersedia dalam bentuk multimedia dan gratis serta bebas digunakan.

  6. Quis Web

    Tersedia kelas untuk ujian secara online selama 30 hari dan gratis, tersedia fitur dengan 16 tipe aktivitas pembelajaran dan 10 jenis tipe kuis yang bisa dipilih. Fitur lainnya berupa disediakannya kalender online, upload gambar, video dan juga bisa klip suara agar ujian menjadi menyenangkan dan menarik.

  7. ThatQuiz

    Aplikasi ini sudah menyediakan soal yang bisa langsung digunakan, namun sayangnya materi yang tersedia terbatas seperti tes matematika dengan materi integer, pecahan, konsep, dan geometri. Untuk kosa kata ada bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, dan juga Jerman, untuk materi geografi ada benua Amerika, Afrika, Eropa, dan Asia. serta ilmu sains. Tipe soal yang tersedia bisa berupa pilihan ganda essay.

 

Baca Juga   :   Tutorial Membuat Server untuk Ujian Online (Sistem CBT) Menggunakan Server VPS

 

Manfaat Ujian Berbasis Online

Rekomendasi Aplikasi Ujian Online (CBT) Terbaik untuk Sekolah di Indonesia
 

Ujian secara online memiliki beberapa manfaat, tidak hanya untuk yang menggunakannya tapi juga pemerintah yang mengadakan ujian secara online. Berikut beberapa manfaat yang akan diterima.

 

  1. Menghemat Kertas

    Kebutuhan kertas saat ujian yang dilakukan secara tatap muka, apalagi jika ujian tersebut diadakan oleh sekolah secara nasional. Tentu akan sangat banyak kebutuhan kertas yang digunakan, tidak terhitung jumlah yang harus digunakan ditambah dengan kertas soal yang rusak sebelum digunakan. Melaksanakan ujian dengan sistem online tentu menjadi langkah untuk penghematan, selain itu berkurangnya jumlah kebutuhan kertas bisa menyelamatkan hutan.

  2. Proses Pengerjaan yang Cepat

    Tidak lagi diperlukannya membulat dan menghitamkan jawaban pada kertas, karena siswa bisa langsung mengklik jawaban yang telah disediakan pada laman komputer. Proses pengerjaan ini bisa memakan waktu yang lebih sedikit, dan membuat siswa lebih cepat selesai mengerjakannya.

  3. Cepat dalam Pengisian Nama

    Saat menggunakan kertas Anda dengan nama yang terdiri dari beberapa suku kata akan sangat kesulitan dalam proses pembulatan dan penghitaman huruf di lembar jawaban, hal ini tak lagi Anda temui saat ujian dilakukan secara online. Hanya perlu melakukan pengetikan sesuai dengan nama lengkap secara keseluruhan.

  4. Pengoreksian yang Mudah

    Koreksi sial bisa dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa membutuhkan banyak tenaga, hanya dengan menggunakan teknologi yang ada saat ini.

  5. Mencetak Soal

    Dalam ujian secara online, soal sudah tersedia di laman komputer peserta ujian masing-masing sehingga tidak lagi membutuhkan soal ujian secara fisik.

  6. Pengiriman Soal yang Terlambat

    Pengiriman soal ke daerah terpencil untuk melaksanakan ujian secara nasional menjadi tantangan tersendiri bagi tim panitia penyelenggara ujian nasional, bagi Anda yang tinggal diperkotaan tentu memiliki akses yang cepat untuk mendapatkan soal dari pusat. Hal ini sulit untuk siswa yang tinggal di daerah yang harus melewati akses laut dan lainnya, resiko yang diterima bisa saja tertunda atau media ujiannya terbuang sia-sia.

  7. Menghemat Anggaran Negara

    Anggaran biaya yang dikeluarkan oleh negara akan bisa dihemat untuk digunakan membangun jembatan atau fasilitas lainnya di daerah-daerah yang membutuhkan.

 

Baca Juga  :    Persiapan Ujian Lebih Mudah dengan Fitur SOAL Dari Kelas Pintar

 

Kekurangan dan Kelebihan Ujian Online

Selain memberikan banyak manfaat pada banyak orang, ujian secara online juga memiliki kelebihan tersendiri. Berikut uraian singkatnya.

  1. Siswa bisa melihat secara langsung jawaban soal yang benar dan yang salah.
  2. Dipercaya memberikan dampak positif dari siswa atau jika digunakan untuk survei bisa melihat perkembangan kepribadian dari seseorang.
  3. Membiasakan dan melatih siswa untuk menjawab soal secara jujur karena dibutuhkan kejujuran objektivitas dalam melakukan penilaian.

 

Sedangkan beberapa kelemahan yang biasa ada saat ujian dilakukan secara online adalah.

  • Kendala yang tidak terduga dari komputer atau dari listrik yang tiba padam sehingga menyulitkan peserta ujian, apalagi saat media ujian tidak menyimpan jawaban peserta secara otomatis. Sehingga peserta harus kembali mengulangnya dari awal setelah hidup kembali medianya.
  • Jumlah siswa yang ujian terlalu ramai sehingga kesulitan untuk menilai secara objektif pengerjaan soal yang ada.
  • Meski soal diacak, siswa masih menemukan celah untuk melakukan kecurangan dengan melihat jawaban dari teman lainnya.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa itu Google Classroom : Fitur, Fungsi, dan Keunggulannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Ujian dengan sistem online bisa berdampak banyak pada kebutuhan orang secara hampir keseluruhan, hal ini memberi kemudahan tidak hanya pada pengerjaan tapi juga pada proses memperoleh nilai akhirnya. Ujian yang dilakukan secara online tidak terbatas harus dikerjakan dalam satu waktu yang ada, soal-soal bisa di setting secara otomatis untuk menghindari bentrok dan kurangnya guru yang mengawasi ujian yang berlangsung. Selain itu, siswa bisa mengerjakan ujian di mana saja, namun tetap harus memperhatikan ketersediaan internet sebab ujian secara online tentu memerlukan akses internet yang stabil.

Sistem online ini bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada dengan berbagai kelebihan seperti soal yang sudah tersedia, adanya tenggat waktu pengerjaan, sehingga memudahkan guru untuk memantau siswa yang terlambat mengerjakan. Benar dan salah jawaban dari siswa bisa dilihat secara langsung dengan bantuan sistem yang ada, siswa bisa mengetahui kesalahan jawaban miliknya dan jawaban yang sesuai bisa ditampilkan atau tidak sesuai pengaturan dari guru mata pelajarannya.

Related Post :